5 Pemain yang Tajam pada Musim Debut di RB Leipzig, Openda Terbaru

Ada yang menjadi top skor sepanjang masa RB Leipzig

RB Leipzig ditinggal beberapa pemain andalan mereka pada musim panas 2023 lalu. Salah satunya Christopher Nkunku, striker Prancis yang digaet Chelsea. Kehilangan Nkunku awalnya diprediksi menyulitkan RB Leipzig karena ia adalah top skor mereka dalam 2 musim terakhir. RB Leipzig pun mengambil langkah antisipasi dengan mendatangkan Lois Openda.

Hasilnya ternyata manjur. Lois Openda sukses menggantikan peran Nkunku sebagai pendulang gol utama RB Leipzig. Openda langsung tajam meski baru kali ini bermain di Jerman. Striker asal Belgia itu pun mengikuti jejak sejumlah pemain RB Leipzig yang mencetak banyak gol pada musim debutnya.

1. Daniel Frahn cetak 16 gol pada musim pertama membela RB Leipzig

5 Pemain yang Tajam pada Musim Debut di RB Leipzig, Openda TerbaruDaniel Frahn (twitter.com/RBLeipzig)

Pertama, ada Daniel Frahn, pencetak gol terbanyak ketiga dalam sejarah RB Leipzig. Frahn membela RB Leipzig pada 2010–2015, alias periode awal klub tersebut baru didirikan. Saat itu, RB Leipzig masih merangkak dari divisi bawah Liga Jerman ke kasta yang lebih tinggi. Frahn menjadi bagian penting perjuangan RB Leipzig dengan ketajamannya.

Frahn mencatat total 154 penampilan bersama RB Leipzig dan mencetak 87 gol di semua ajang. Ia sudah tajam sejak musim pertamanya, yaitu 2010/2011, dengan torehan 16 gol. Selama 4 musim berikutnya, Frahn terus menjadi andalan RB Leipzig di lini depan.

Berkat Frahn, RB Leipzig mampu naik dari divisi keempat hingga divisi kedua Liga Jerman dalam 4 tahun. Sayangnya, Frahn tidak sempat membawa RB Leipzig ke Bundesliga. Ia dilepas pada 2015 dan melanjutkan karier bersama klub-klub lain di divisi bawah. Frahn kini masih aktif bermain pada usia 36 tahun, tetapi belum pernah bermain di Bundesliga.

Baca Juga: Performa 3 Penyerang Baru RB Leipzig Awal 2023/2024, Openda Meledak!

2. Yussuf Poulsen tampil tajam dan bawa RB Leipzig promosi ke divisi kedua pada 2013/2014

5 Pemain yang Tajam pada Musim Debut di RB Leipzig, Openda TerbaruYussuf Poulsen (instagram.com/yussufyurarypoulsen)

Sementara, Yussuf Poulsen adalah top skor kedua sepanjang masa RB Leipzig. Striker asal Swedia itu sudah membela RB Leipzig sejak 2013. Pada musim pertamanya, ia langsung mencetak sepuluh gol. Ia pun menjadi top skor RB Leipzig musim tersebut sekaligus membawa mereka promosi dari divisi ketiga ke divisi kedua.

Berbeda dengan Daniel Frahn, Poulsen terus dipertahankan oleh RB Leipzig. Ia bahkan masih aktif membela Die Roten Bullen hingga kini. Koleksi total gol Poulsen sejauh ini sudah mencapai 88 gol dalam 381 penampilan. Yussuf Poulsen pun mantap memegang rekor penampilan terbanyak dalam sejarah RB Leipzig.

3. Timo Werner torehkan 21 gol pada musim pertama RB Leipzig di Bundesliga

5 Pemain yang Tajam pada Musim Debut di RB Leipzig, Openda TerbaruTimo Werner (instagram.com/timowerner)

Pemain yang memimpin daftar top skor sepanjang masa RB Leipzig adalah Timo Werner. Werner pertama kali membela RB Leipzig pada musim 2016/2017. Itu sekaligus merupakan musim pertama RB Leipzig bermain di Bundesliga. Hebatnya, RB Leipzig langsung finis sebagai runner-up. Werner berperan besar dalam kesuksesan itu dengan torehan 21 gol di Bundesliga.

Werner terus mempertahankan ketajaman bersama RB Leipzig hingga 2020. Ia sempat hengkang dan membela Chelsea selama 2 musim, tetapi terbilang flop karena minim gol bersama The Blues. Werner pun kembali ke RB Leipzig pada 2022 dan masih bertahan hingga kini.

Sejauh ini, Werner telah mengoleksi 113 gol dalam 213 penampilan bersama RB Leipzig. Namun, ia baru mencetak 2 gol dalam 14 penampilan pada musim 2023/2024 ini. Hal itu karena Werner bukan lagi merupakan striker utama RB Leipzig. Ia kini hanya menjadi pelapis bagi Lois Openda yang memang tampil lebih produktif.

4. Andre Silva bukukan 17 gol pada musim debut di RB Leipzig, tetapi belakangan menurun

5 Pemain yang Tajam pada Musim Debut di RB Leipzig, Openda TerbaruAndre Silva (instagram.com/andresilva9)

Berikutnya, ada Andre Silva, striker asal Portugal yang kini masih berstatus pemain RB Leipzig. Silva sedang dipinjamkan ke Real Sociedad pada musim 2023/2024 ini. Pasalnya, ia terbilang minim gol pada musim 2022/2023 lalu. Tampil 44 kali di semua ajang, Silva hanya menorehkan 9 gol.

Padahal, Andre Silva gacor pada musim debutnya di RB Leipzig. Ia mulai memperkuat RB Leipzig pada 2021/2022 setelah didatangkan dari Eintracht Frankfurt. Hasilnya, Silva langsung mencetak 17 gol di semua ajang, termasuk 11 gol di Bundesliga. Koleksinya hanya kalah dari Christopher Nkunku yang mencetak 35 gol bagi RB Leipzig pada musim tersebut.

5. Lois Openda sudah koleksi 15 gol di semua ajang pada musim 2023/2024

5 Pemain yang Tajam pada Musim Debut di RB Leipzig, Openda TerbaruLois Openda (instagram.com/l.openda)

Christopher Nkunku kembali menjadi top skor RB Leipzig pada musim 2022/2023. Namun, Nkunku memilih hengkang pada musim panas 2023. Beruntung, RB Leipzig segera mendapatkan penggantinya. Lois Openda yang diboyong dari RC Lens langsung tajam. Openda sudah mencetak 15 gol dalam 25 penampilan bersama RB Leipzig sejauh ini.

Sepanjang sisa musim ini, Openda tentu bisa terus menambah koleksi golnya bagi RB Leipzig. Begitu pun pada musim-musim mendatang karena Openda terikat kontrak hingga 2028. Namun, ada pula kemungkinan ia tak akan bertahan lama di RB Leipzig. Ketajaman Openda membuat sejumlah klub besar Eropa mulai meliriknya sebagai target mereka.

Sejak musim debut membela RB Leipzig, lima pemain di atas langsung mencetak banyak gol. Itu termasuk tiga top skor sepanjang masa RB Leipzig. Lois Openda pun bisa menjadi salah satu pemain tertajam RB Leipzig jika ia bertahan lama dan tampil konsisten.

Baca Juga: 5 Opsi Penyerang RB Leipzig pada 2023/2024, Pemain Muda Sedang Panas!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya