5 Pemain yang Kembali ke Amerika Selatan pada Musim Panas 2023

Merapat ke klub Argentina dan Brasil

Sejak dahulu, ada banyak pesepak bola asal Amerika Selatan yang berkarier di Eropa. Tak sedikit dari mereka yang sukses meraih prestasi bersama klub-klub besar di sana. Namun, jelang pengujung kariernya, para pemain tersebut sering kali memilih kembali ke Amerika Selatan.

Itulah yang dilakukan sejumlah pemain pada musim panas 2023 ini. Setelah lama berkarier di Eropa, mereka resmi kembali ke Amerika Selatan. Sebagian besar memilih bergabung dengan klub-klub Brasil dan Argentina. Inilah lima pemain yang kembali ke Amerika Selatan pada musim panas 2023.

1. Edinson Cavani bergabung dengan Boca Juniors

5 Pemain yang Kembali ke Amerika Selatan pada Musim Panas 2023Edinson Cavani (instagram.com/bocajrsoficial)

Pertama, ada Edinson Cavani, striker tajam asal Uruguay. Cavani bergabung dengan Boca Juniors setelah habis kontrak bersama Valencia. Ia akhirnya kembali berkarier di Amerika Selatan untuk pertama kalinya sejak 2007.

Selama sekitar 16 tahun berkarier di Eropa, Cavani telah meraih banyak prestasi. Ia pernah berseragam klub-klub besar, seperti Napoli, Paris Saint-Germain, dan Manchester United. Total ratusan gol sukses ia ciptakan hingga berbuah gelar top skor Serie A Italia dan Ligue 1 Prancis.

Oleh Boca Juniors, Cavani dikontrak 1,5 tahun alias hingga akhir 2024. Meski sudah berusia 36 tahun, Cavani masih bisa jadi andalan klub Argentina tersebut. Pengalamannya bermain di Eropa jadi aset berharga bagi mereka.

2. Manuel Lanzini kembali ke klub pertamanya

5 Pemain yang Kembali ke Amerika Selatan pada Musim Panas 2023Manuel Lanzini bergabung dengan River Plate (instagram.com/riverplate)

Manuel Lanzini hijrah dari West Ham United. Ia bergabung dengan rival bebuyutan Boca Juniors, River Plate. Bagi Lanzini, River Plate bukanlah klub asing. Pasalnya, ia adalah jebolan akademi River Plate, bahkan sempat berseragam Los Millonarios pada 2010–2014.

Lanzini menyudahi 8 tahun kariernya bareng West Ham. Selama berseragam The Hammers, sang gelandang asal Argentina mengoleksi 226 penampilan dan 38 gol. Tepat sebelum pulang ke Argentina, Lanzini sukses mempersembahkan gelar juara bagi West Ham berupa trofi UEFA Europa Conference League 2022/2023.

Baca Juga: 5 Rekrutan Gratis Terakhir Boca Juniors dari Klub Eropa, Ada Cavani

3. Lucas Moura juga pulang ke negara asalnya

5 Pemain yang Kembali ke Amerika Selatan pada Musim Panas 2023Lucas Moura (instagram.com/lucasmoura7)

Lucas Moura juga pulang ke klub lamanya setelah meninggalkan Inggris. Moura hengkang dari Tottenham Hotspur usai menghabiskan kontraknya bareng The Lilywhites. Winger 31 tahun asal Brasil tersebut lalu pulang ke negaranya dan bergabung dengan Sao Paulo.

Sao Paulo menjadi tujuan Moura karena merupakan klub pertamanya. Ia pernah memenangi trofi Copa Sudamericana bareng mereka pada 2012. Setelah pindah ke Paris Saint-Germain, Moura malah sukses meraih 15 trofi. Namun, 5 tahun terakhirnya di Eropa dilalui tanpa raihan trofi di Tottenham Hotspur.

4. James Rodriguez siap buktikan diri bersama Sao Paulo

5 Pemain yang Kembali ke Amerika Selatan pada Musim Panas 2023James Rodriguez (instagram.com/jamesrodriguez10)

James Rodriguez juga memperkuat lini tengah Sao Paulo mulai musim panas 2023. James mengakhiri kariernya di Eropa yang diwarnai banyak sukses. Gelandang asal Kolombia itu pernah meraih trofi saat membela FC Porto, Real Madrid, dan Bayern Munich.

Sayangnya, karier James menurun setelah meninggalkan Real Madrid pada 2020. Ia bahkan sempat hijrah ke Qatar, tetapi gagal meraih prestasi di sana. Bersama Sao Paulo, James harus membuktikan dirinya belum habis.

5. Enner Valencia tinggalkan Fenerbahce meski tajam

5 Pemain yang Kembali ke Amerika Selatan pada Musim Panas 2023Enner Valencia (instagram.com/ennervalencia1)

Satu lagi pemain yang meninggalkan Eropa dan kembali ke Amerika Selatan adalah Enner Valencia. Striker asal Ekuador itu juga berlabuh di Brasil. Valencia bergabung dengan SC Internacional secara gratis karena kontraknya habis bersama Fenerbahce.

Keputusan Valencia untuk meninggalkan Fenerbahce sebenarnya cukup mengejutkan. Pasalnya, ia subur bersama Fenerbahce, bahkan baru menjadi top skor Super Lig Turki 2022/2023. Sementara itu, Valencia sendiri baru mencetak 1 gol bagi Internacional dari 8 penampilannya sejauh ini.

Lima pemain di atas cukup lama berkarier di Eropa. Mereka juga pernah memenangi gelar kolektif maupun individu. Setelah kembali ke Amerika Selatan, apakah para pemain ini masih bisa meraih prestasi?

Baca Juga: 6 Momen Gol Enner Valencia Bersama Ekuador di Piala Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya