5 Pemain yang Pulang ke LaLiga pada Musim Panas 2023

Sebagian besar pemain Spanyol

LaLiga Spanyol didatangi cukup banyak pemain baru pada musim panas 2023. Sebagian dari mereka bakal merumput di sana untuk pertama kali dalam kariernya. Namun, ada pula beberapa nama yang sudah pernah mencicipi atmosfer LaLiga.

Para pemain tersebut sempat berkarier di LaLiga, tetapi hengkang ke liga lain. Ada yang bahkan sudah meninggalkan LaLiga selama lebih dari 1 dekade, lalu kembali musim ini. Inilah lima pemain yang pulang ke LaLiga pada musim panas 2023.

1. Cesar Azpilicueta pulang setelah sukses besar di Inggris

5 Pemain yang Pulang ke LaLiga pada Musim Panas 2023Cesar Azpilicueta (instagram.com/cesarazpi)

Cesar Azpilicueta adalah pemain tersukses yang kembali ke LaLiga pada musim panas 2023. Azpilicueta pulang setelah menyudahi kariernya yang bergelimang trofi bersama Chelsea. Selama berkostum The Blues sejak 2012, bek kanan asal Spanyol itu meraih total sembilan trofi.

Sebelumnya, Azpilicueta juga sukses meraih 3 trofi selama 2 musim memperkuat Olympique Marseille. Semua raihan itu didapat sang pemain setelah hengkang dari LaLiga pada 2010. Saat itu, ia pergi setelah menghabiskan 3 musim awal kariernya bersama Osasuna.

Sekitar 13 tahun kemudian, Azpilicueta pulang ke LaLiga pada usia 34 tahun. Ia diboyong Atletico Madrid secara gratis dengan kontrak 1 tahun. Bersama Atletico Madrid, Azpilicueta berpeluang meraih trofi di tanah kelahirannya sendiri untuk pertama kali.

2. Carles Perez dipermanenkan Celta Vigo

5 Pemain yang Pulang ke LaLiga pada Musim Panas 2023Carlez Perez (instagram.com/carlesperez7)

Carles Perez pulang ke LaLiga setelah bermain di Italia. Perez adalah winger Spanyol jebolan akademi Barcelona. Ia sempat bermain untuk tim utama Barca, tetapi hanya setengah musim. Perez lalu hijrah ke AS Roma pada Januari 2020.

Perez sebenarnya sudah kembali ke LaLiga sejak 2022/2023. Ia bergabung dengan Celta Vigo, tetapi sebatas pinjaman dari AS Roma. Berkat penampilan apik selama dipinjam, Perez kini dipermanenkan Celta Vigo. Ia dibeli dengan harga 5,2 juta euro atau Rp87 miliar.

Baca Juga: Menyambut Kembalinya Cesar Azpilicueta ke LaLiga

3. Marc Bartra bergabung kembali dengan Real Betis

5 Pemain yang Pulang ke LaLiga pada Musim Panas 2023Marc Bartra (instagram.com/marcbartra)

Marc Bartra juga merupakan jebolan akademi Barcelona yang sempat hijrah ke luar negeri. Pada 2022/2023 lalu, Bartra bermain di Turki bersama Trabzonspor. Bek tengah Spanyol itu bergabung dengan Trabzonspor setelah 4,5 musim membela Real Betis.

Bersama Trabzonspor, Bartra sukses tampil apik. Namun, ia justru meninggalkan mereka pada musim panas 2023 berdasarkan kesepakatan bersama. Bartra lalu bergabung kembali dengan Real Betis dengan durasi kontrak 1 tahun.

4. Hector Bellerin juga kembali ke Real Betis

5 Pemain yang Pulang ke LaLiga pada Musim Panas 2023Hector Bellerin (instagram.com/hectorbellerin)

Selain Bartra, Real Betis juga memboyong kembali Hector Bellerin. Sang pemain berseragam Real Betis pada 2021/2022 sebagai pinjaman dari Arsenal. Setelah itu, Bellerin sempat bermain di Spanyol bersama Barcelona, tetapi hengkang lagi ke Sporting Lisbon pada Januari 2023.

Bersama Sporting, Bellerin ternyata hanya bertahan setengah musim. Ia pergi secara gratis dan kembali ke Real Betis pada musim panas 2023. Bek kanan berusia 28 tahun itu diikat Betis dengan kontrak jangka panjang hingga 2028.

5. Gonzalo Escalante minim kesempatan bermain di Lazio

5 Pemain yang Pulang ke LaLiga pada Musim Panas 2023Gonzalo Escalante (cadizcf.com)

Gonzalo Escalante juga kembali ke LaLiga pada musim panas 2023. Ia dipermanenkan Cadiz, klub yang sudah meminjamnya sejak Januari 2023. Sebelumnya, Escalante juga sempat membela Eibar pada 2016–2020. Ia bahkan mengoleksi 147 penampilan di LaLiga bareng Eibar.

Setelah meninggalkan Eibar, Escalante bergabung dengan Lazio. Namun, hal itu malah membuatnya minim kesempatan bermain. Escalante lebih banyak tampil saat dipinjam Cadiz. Maka, keputusannya untuk bergabung secara permanen terbilang tepat.

Sempat meninggalkan Spanyol, lima pemain di atas pulang ke LaLiga pada musim panas 2023. Adakah pemain lain yang bakal menyusul mereka pada sisa bursa transfer tahun ini?

Baca Juga: Hector Bellerin dan Kecintaannya terhadap Aksi Menjaga Lingkungan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya