5 Striker Muda yang Didatangkan AC Milan sebelum Noah Okafor

Sebagian besar tak bertahan lama di Milan

AC Milan mendapatkan striker baru pada musim panas 2023. Noah Okafor, striker asal Swiss, bergabung dari Red Bull Salzburg. Kedatangan Okafor memberi angin segar bagi lini depan Rossoneri karena ia masih berusia muda, yaitu 23 tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir, AC Milan memang lebih sering mengandalkan pemain senior di posisi striker. Misalnya Zlatan Ibrahimovic, Olivier Giroud, hingga Divock Origi. Sementara, sudah cukup lama tak ada striker muda yang jadi ujung tombak reguler Rossoneri.

Mesi begitu, AC Milan bukannya tak pernah memboyong striker berusia muda. Inilah lima striker muda yang didatangkan AC Milan sebelum Noah Okafor.

1. Gerard Deulofeu

5 Striker Muda yang Didatangkan AC Milan sebelum Noah OkaforGerard Deulofeu (instagram.com/gerarddeulofeu)

Gerard Deulofeu adalah striker asal Spanyol yang juga bisa bermain sebagai winger. Ia sempat membela AC Milan selama separuh musim pada 2016/2017. Namun, Deulofeu yang saat itu berusia 23 tahun hanya berstatus pinjaman dari Everton.

Meski hanya pinjaman, Deulofeu sempat jadi andalan AC Milan di lini depan. Ia bermain 18 kali dan mencetak 4 gol serta 3 assist. Namun, ia tidak lanjut membela AC Milan karena ditarik kembali oleh pada akhir musim sebelum kemudian dijual ke Barcelona.

2. Andre Silva

5 Striker Muda yang Didatangkan AC Milan sebelum Noah OkaforAndre Silva (acmilan.com)

Setelah ditinggal Deulofeu, AC Milan mendatangkan striker lain yang berusia muda, Andre Silva. Ia dibeli dari FC Porto saat berusia 21 tahun. Pada musim pertamanya di Milan, Silva diberi kesempatan tampil 40 kali di semua ajang. Sayangnya, ketajaman Silva terbilang di bawah harapan.

Silva mencetak 10 gol bagi AC Milan pada musim tersebut, tetapi hanya 2 gol yang tercipta di Serie A Italia. Ia pun dipinjamkan AC Milan ke klub-klub lain selama 2 musim berikutnya. Ia bahkan dilepas pada 2020 dan kini melanjutkan karier di Spanyol bersama Real Sociedad dengan status pinjaman dari RB Leipzig.

Baca Juga: 5 Bek Tengah yang Masuk Radar Inter Milan, Pengganti Milan Skriniar

3. Krzysztof Piatek

5 Striker Muda yang Didatangkan AC Milan sebelum Noah OkaforKrzysztof Piatek (acmilan.com)

Berikutnya, ada Krzysztof Piatek, striker asal Polandia yang merapat ke AC Milan pada Januari 2019. Piatek yang saat itu berusia 23 tahun diboyong setelah tampil tajam bersama Genoa. Hebatnya, ia sukses mempertahankan ketajaman setelah pindah ke Milan.

Piatek mencetak 11 gol dalam 21 laga hingga akhir musim 2018/2019. Sayangnya, ketajamannya menurun pada musim berikutnya. Ia hanya membuat lima gol di semua ajang sepanjang 2019/2020. Piatek pun dilepas AC Milan pada akhir musim alias hanya 1,5 tahun setelah bergabung.

4. Pietro Pellegri

5 Striker Muda yang Didatangkan AC Milan sebelum Noah OkaforPietro Pellegri (instagram.com/pietropellegri)

Ada pula striker lokal yang pernah bergabung ke AC Milan pada usia muda. Pietro Pellegri berseragam AC Milan pada 2021/2022. Striker kelahiran 2001 itu dipinjam dari AS Monaco. Pellegri sempat bermain enam kali bagi AC Milan pada paruh pertama musim, tetapi gagal mencetak gol.

Alhasil, Pellegri dipulangkan AC Milan ke AS Monaco setelah setengah musim saja. Ia hanya mencatat total 129 menit bermain bersama Rossoneri tanpa torehan berarti. Saat ini, Pellegri berkarier di Serie A bersama Torino sejak 2022.

5. Marko Lazetic

5 Striker Muda yang Didatangkan AC Milan sebelum Noah OkaforMarko Lazetic (acmilan.com)

Satu lagi striker muda yang didatangkan AC Milan sebelum Noah Okafor adalah Marko Lazetic. Ia baru diboyong AC Milan pada Januari 2022 dari Red Star Belgrade. Usia Lazetic saat itu baru 18 tahun, sehingga lebih banyak diberi kesempatan tampil bersama tim junior Milan.

Lazetic sudah melakoni debut bareng tim senior AC Milan, tetapi sejauh ini baru dua kali tampil. Ia juga sempat dipinjamkan ke klub Austria, Rheindorf Altach, pada paruh kedua musim 2022/2023. Kini, Lazetic sudah kembali ke Milan, tetapi belum diketahui kelanjutan kariernya.

Lima striker di atas didatangkan AC Milan saat berusia muda. Sayangnya, karier mereka bersama AC Milan tak bertahan lama, bahkan kebanyakan gagal tampil tajam. Akankah Noah Okafor bernasib lebih baik daripada mereka?

Baca Juga: 6 Pewaris Terakhir Nomor Punggung 21 AC Milan sebelum Samuel Chukwueze

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya