3 Striker Spanyol Terakhir yang Sukses Bersinar di Real Madrid

Bisakah Joselu menyusul mereka?

Real Madrid kehilangan striker andalan mereka, Karim Benzema, pada musim panas 2023. Sebagai salah satu pengganti Benzema, Los Blancos mendatangkan Joselu dengan status pinjaman dari Espanyo. Meski belum tentu dijadikan striker utama, Joselu tetap punya potensi bersinar.

Jika sukses, Joselu bakal mengobati kerinduan fans Real Madrid akan striker Spanyol yang bisa diandalkan. Dalam 2 dekade terakhir, Real Madrid memang hampir selalu mengandalkan striker asing. Mereka pernah memiliki beberapa bomber Spanyol, tetapi jarang yang trengginas.

Berikut ini adalah tiga striker Spanyol terakhir yang sukses bersinar di Real Madrid. Bagaimana prospek Joselu mengikuti jejak mereka?

1. Raul Gonzalez layak disebut Pangeran Madrid

3 Striker Spanyol Terakhir yang Sukses Bersinar di Real MadridRaul Gonzalez (twitter.com/realmadrid)

Raul Gonzalez adalah striker Spanyol tersukses dalam sejarah Real Madrid. Meski sudah meninggalkan Real Madrid sejak 2010, Raul masih memegang dua rekor. Ia adalah pemain dengan penampilan terbanyak di Real Madrid serta pemain Spanyol tersubur bagi Real Madrid.

Raul adalah hasil didikan akademi Real Madrid sendiri. Ia memperkuat tim senior Real Madrid pada 1994–2010. Statistiknya yang masih tercatat sebagai rekor adalah 741 penampilan dengan 323 gol di semua ajang.

Sebanyak 16 trofi diangkat Raul bersama Real Madrid. Itu termasuk 6 gelar LaLiga Spanyol dan 3 Liga Champions. Ada pula dua gelar top skor LaLiga dan deretan prestasi individual lain yang pernah ia raih. Jelas bahwa julukan Pangeran Madrid memang sangat cocok melekat pada Raul.

2. Fernando Morientes sukses jadi tandem Raul di lini depan

3 Striker Spanyol Terakhir yang Sukses Bersinar di Real MadridFernando Morientes (twitter.com/realmadrid)

Selama membela Real Madrid, Raul pernah ditemani banyak tandem di lini depan. Salah satu yang terlama mendampinginya adalah Fernando Morientes. Morientes mengabdi kepada Real Madrid pada 1997–2005 dan sukses meraih banyak prestasi.

Catatan pribadi Morientes bersama Real Madrid mencakup 272 penampilan dengan 100 gol. Ia juga turut memenangi sebelas trofi bareng Los Blancos. Selepas pensiun, Morientes alih profesi menjadi pelatih dan sempat dipercaya menangani tim junior Real Madrid.

Baca Juga: Petualangan dan Kiprah Alvaro Morata di 4 Klub Elite Eropa, Mantul!

3. Alvaro Morata adalah striker lokal terakhir yang tajam di Real Madrid

3 Striker Spanyol Terakhir yang Sukses Bersinar di Real MadridAlvaro Morata (instagram.com/alvaromorata)

Alvaro Morata bisa dibilang sebagai striker Spanyol terakhir yang moncer bersama Real Madrid. Seperti Raul, Morata adalah jebolan akademi Real Madrid sendiri. Ia mulai membela tim senior Los Blancos pada 2010 dan bertahan hingga 2014.

Selama periode tersebut, Morata sukses memenangi empat trofi bersama Real Madrid. Rinciannya adalah 1 trofi LaLiga, 1 Liga Champions, dan 2 Copa del Rey. Setelah itu, Morata sempat hengkang dan membela Juventus selama 2 musim. Namun, ia kembali ke Real Madrid pada musim 2016/2017.

Kali itu, Morata hanya bertahan 1 musim saja sebelum kembali hengkang. Namun, kontribusinya bagi Los Blancos luar biasa. Torehan 20 gol dalam 43 laga turut membuat Real Madrid memenangi empat trofi sekaligus, termasuk LaLiga dan Liga Champions.

Secara keseluruhan, Morata bermain 95 kali bagi Real Madrid dan mencetak 31 gol. Kini, Morata sudah membelot dan membela tim sekota Los Blancos, Atletico Madrid. Namun, jasanya bagi Real Madrid tetap tak terlupakan.

4. Bisakah Joselu bersinar di Real Madrid seperti tiga nama di atas?

3 Striker Spanyol Terakhir yang Sukses Bersinar di Real MadridJoselu (instagram.com/joselumato)

Menyamai kiprah hebat para striker di atas bersama Real Madrid adalah tugas mahaberat. Terlebih bagi Joselu, yang sebagian besar kariernya dilalui bersama tim-tim semenjana. Joselu memang pernah membela Real Madrid pada 2010–2012, tetapi sekadar mendapat menit bermain pun ia kesulitan.

Meski demikian, bukan berarti Joselu tak punya harapan. Performanya dalam empat musim terakhir setidaknya bisa jadi modal. Sejak 2019, Joselu selalu bisa mencapai dua digit gol setiap musim bagi klub yang dibelanya.

Musim 2022/2023 kemarin menjadi rekor terbaik dalam karier Joselu. Ia mengantongi 17 gol dalam 37 laga bersama Espanyol. Catatan itu menunjukkan bahwa Joselu punya potensi bersinar jika diberi kesempatan.

Sudah cukup lama Real Madrid tak memiliki striker Spanyol yang bisa diandalkan mencetak banyak gol. Bisakah Joselu menyudahi penantian itu? Kiprahnya musim depan menarik ditunggu.

Baca Juga: 6 Pemain Terakhir yang Memakai Nomor 14 Real Madrid sebelum Joselu

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya