6 Pemain Portugal Terakhir di Barcelona, Ada Duo Joao!

Joao Cancelo dan Joao Felix menjadi yang terbaru

Para pemain Portugal memiliki rekam jejak yang panjang di Barcelona. Tercatat ada 11 pemain asal Portugal yang pernah bergabung dengan La Blaugrana. Pemain legendaris seperti Luis Figo pun pernah membela klub Catalan itu.

Pada era sekarang, Barcelona kembali kedatangan pemain dari Portugal. Pada 2023/2024 ini bahkan ada dua pemain Portugal yang bergabung dengan El Barca. Lalu siapa saja pemain-pemain Portugal terakhir yang berseragam Barcelona? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

1. Deco cukup lama membela Barcelona

6 Pemain Portugal Terakhir di Barcelona, Ada Duo Joao!Deco (uefa.com)

Deco adalah gelandang asal Portugal yang pernah memperkuat Barcelona pada 2004--2008. Ia kala itu bergabung dari FC Porto. Sang pemain sendiri sudah gantung sepatu sejak Agustus 2013 lalu.

Deco dikenal dengan kemampuannya yang mampu memainkan berbagai posisi dalam tim. Ia mengemas sebanyak 161 penampilan dengan torehan 20 gol dan 45 assist untuk La Blaugrana. Deco pernah mempersembahkan gelar juara UEFA Champions League (UCL), LaLiga Spanyol, dan Supercopa de Espana. 

2. Andre Gomes sempat memperkuat Barcelona

6 Pemain Portugal Terakhir di Barcelona, Ada Duo Joao!Andre Gomes (twitter.com/FCBarcelona)

Andre Gomes merupakan gelandang asal Portugal yang direkrut Barcelona pada 2016 lalu. Ia berlabuh ke Barcelona setelah dibeli dari Valencia. Gomes kini bermain untuk Everton. 

Selama berseragam La Blaugrana, Gomes telah bermain sebanyak 78 kali. Ia memberikan torehan 3 gol dan 4 assist. Gomes pernah memperoleh gelar juara LaLiga Spanyol dan Copa del Rey bersama Barcelona. 

3. Nelson Semedo pernah juara LaLiga bersama Barcelona

6 Pemain Portugal Terakhir di Barcelona, Ada Duo Joao!Nelson Semedo (twitter.com/FCBarcelona)

Nelson Semedo adalah pemain bertahan yang direkrut Barcelona dari SL Benfica. Ia bergabung pada 2017 lalu. Semedo kini bermain untuk Wolverhampton Wanderers.

Nelson Semedo sendiri telah bermain sebanyak 124 kali untuk Barcelona. Ia menorehkan 2 gol dan 11 assist untuk klub Catalan itu. Semedo pernah dua kali membawa Barcelona menjuarai LaLiga Spanyol.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 14 Barcelona sebelum Joao Felix

4. Francisco Trincao gagal bersinar bersama Barcelona

6 Pemain Portugal Terakhir di Barcelona, Ada Duo Joao!Francisco Trincao (twitter.com/FCBarcelona)

Francisco Trincao adalah sayap kanan asal Portugal yang pernah bermain untuk Barcelona pada 2020/2021. Ia kala itu direkrut dari SC Braga. Sayangnya, Trincao gagal bersinar bersama Barcelona.

Trincao hanya mampu mengoleksi 3 gol dan 2 assist dari 42 laga untuk La Blaugrana. Padahal, pada 2019/2020, ia tampil impresif dengan torehan 8 gol dan 12 assist untuk SC Braga. Meskipun begitu, Trincao pernah sekali meraih gelar juara Copa del Rey bersama Barcelona.

5. Joao Cancelo ingin mengembangkan kualitasnya bersama Barcelona

6 Pemain Portugal Terakhir di Barcelona, Ada Duo Joao!Joao Cancelo (kiri) (twitter.com/FCBarcelona)

Joao Cancelo merupakan pemain bertahan yang dipinjam Barcelona dari Manchester City pada bursa transfer musim panas ini. Sang pemain memilih bergabung ke Barcelona setelah tidak mendapatkan tempat bersama Manchester City. Cancelo pun berharap bisa mengembalikan performanya bersama La Blaugrana.

Sebelumnya, Cancelo bermain untuk dua tim berbeda pada 2022/2023 lalu. Ia awalnya bermain untuk Manchester City sebanyak 23 kali dan mengemas 2 gol serta 4 assist. Namun, Cancelo dipinjamkan kepada Bayern Munich pada paruh musim kedua. Untuk Bavarian, ia bermain sebanyak 19 kali dengan mencetak 1 gol dan 5 assist. 

6. Joao Felix ingin berprestasi bersama Barcelona

6 Pemain Portugal Terakhir di Barcelona, Ada Duo Joao!Joao Felix (kanan) (twitter.com/FCBarcelona)

Sama seperti Joao Cancelo, Joao Felix juga didatangkan Barcelona dengan status pinjaman pada bursa transfer musim panas ini. Sang pemain sendiri masih terikat kontrak dengan Atletico Madrid. Felix sebelumya bermain bersama Chelsea dengan status pinjaman. 

Pada paruh musim kedua 2022/2023 lalu, Felix bermain sebanyak 20 kali dengan torehan 4 gol untuk The Blues. Sayangnya, itu masih belum cukup untuk mengangkat performa Chelsea yang berakhir finis di posisi ke-12 klasemen akhir English Premier League (EPL). Itu membuatnya dikembalikan ke Atletico Madrid. 

Itulah para pemain-pemain Portugal terakhir yang berseragam Barcelona. Keduanya memang dikenal memiliki kultur sepakbola yang kuat. Tongkat estafet itu kini dilanjutkan Joao Cancelo dan Joao Felix. Mampukah keduanya berprestasi bersama Barcelona?

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 2 Barcelona sebelum Joao Cancelo

Ridwan Saputra Photo Writer Ridwan Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya