5 Pemain Top yang Pensiun di Bawah Usia 34 Tahun Sedekade Terakhir

Eden Hazard pensiun dari sepak bola

Gantung sepatu adalah jalan yang diambil para pesepak bola setelah tidak lagi bisa bersaing. Mayoritas dari mereka memutuskan pensiun karena masalah kesehatan. Beberapa yang lain merasa bahwa mereka sudah mendapatkan segalanya di sepak bola. 

Ada beberapa pemain bintang dalam 1 dekade terakhir yang memutuskan pensiun dalam usia di bawah 34 tahun. Siapa saja para pemain itu? Berikut pemain top yang pensiun di bawah usia 34 tahun sedekade terakhir!

1. Gareth Bale memutuskan pensiun pada usia 33 tahun

5 Pemain Top yang Pensiun di Bawah Usia 34 Tahun Sedekade TerakhirGareth Bale (uefa.com)

Gareth Bale adalah penyerang asal Wales yang cukup legendaris bersama Real Madrid. Pemain yang identik dengan kecepatannya itu telah memutuskan untuk gantung sepatu sejak Januari 2023 lalu. Ia menyatakan pensiun pada usianya yang menginjak 33 tahun. Bale saat itu merupakan pemain Los Angeles FC.

Gareth Bale telah mengukir banyak prestasi selama berkarier di dunia sepak bola. Prestasinya yang paling fenomenal terjadi saat lima kali meraih gelar juara UEFA Champions League (UCL) bersama Real Madrid. Selain itu, Bale juga meraih tiga trofi LaLiga Spanyol bersama klub asal Madrid tersebut. Sang pemain kini menikmati karier barunya sebagai pemain golf.

2. Sergio Aguero pensiun setelah mengalami masalah kesehatan jantung pada usia 33 tahun

5 Pemain Top yang Pensiun di Bawah Usia 34 Tahun Sedekade TerakhirSergio Aguero (mancity.com)

Sergio Aguero bisa dibilang salah satu penyerang terbaik di English Premier League (EPL). Tidak berlebihan memberikan sematan tersebut. Ia telah mencetak 184 gol dan 55 assist selama berkarier di EPL. Aguero juga membawa Manchester City lima kali menjuarai EPL. Sayangnya, sang pemain sudah tidak lagi bisa menunjukkan ketajamannya. 

Aguero memutuskan pensiun pada Desember 2021 lalu pada usianya yang sudah 33 tahun. Keputusan itu diambilnya setelah mengalami masalah kesehatan serius di bagian jantung. Klub terakhir yang dibelanya sebagai pesepak bola adalah Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Digaet Manchester City dari Klub LaLiga, Ada Aguero!

3. Daniel Agger memutuskan gantung sepatu pada usia 31 tahun

5 Pemain Top yang Pensiun di Bawah Usia 34 Tahun Sedekade TerakhirDaniel Agger (liverpoolfc.com)

Selain Aguero, Daniel Agger juga merupakan pemain yang lama berkarier di EPL. Ia telah memainkan sebanyak 175 penampilan EPL bersama Liverpool dengan mengemas 9 gol dan 8 assist. The Reds sendiri merupakan satu-satunya klub Inggris yang dibela oleh sang pemain. Namun, ia tidak bisa melanjutkan loyalitasnya lebih lama lagi karena harus gantung sepatu.

Daniel Agger memutuskan pensiun sejak Juli 2016 lalu. Ia pensiun pada usia yang masih cukup produktif sebagai pesepak bola. Agger pensiun pada usianya yang menginjak 31 tahun.

4. Andre Schurrle memutuskan pensiun saat masih berusia 29 tahun

5 Pemain Top yang Pensiun di Bawah Usia 34 Tahun Sedekade TerakhirAndre Schurrle (bundesliga.com)

Andre Schurrle merupakan pemain asal Jerman yang sempat disebut-sebut sebagai penyerang masa depan. Namun, Schurrle memilih pensiun pada usianya yang masih cukup muda, yaitu 29 tahun. Ia diduga mengalami masalah kesehatan mental yang berbuntut menjadi keputusannya untuk gantung sepatu.

Andre Schurrle telah membela banyak klub besar selama kariernya. Ia sempat bermain untuk Chelsea, Borrusia Dortmund, hingga Bayer Leverkusen. Schurrle juga sempat meraih gelar juara Piala Dunia 2014 bersama Timnas Jerman.

5. Eden Hazard (32 tahun) pensiun setelah berstatus tanpa klub

5 Pemain Top yang Pensiun di Bawah Usia 34 Tahun Sedekade TerakhirEden Hazard (realmadrid.com)

Eden Hazard adalah mantan penyerang asal Belgia yang baru mengumumkan pensiun pada 10 Oktober 2023 lalu. Ia memilih pensiun setelah dilepas Real Madrid dan berstatus tanpa klub. Hazard mengambil keputusan itu pada usianya yang menginjak 32 tahun. 

Eden Hazard punya rekam jejak yang impresif di sepak bola Eropa, khususnya bersama Chelsea. Ia telah bermain sebanyak 352 kali dengan mencetak 110 gol dan 92 assist untuk The Blues. Namun, performanya itu seakan menghilang setelah bergabung dengan Real Madrid. Hazard tercatat hanya mampu menorehkan 7 gol dan 12 assist dari 76 penampilannya bersama Real Madrid. 

Usia produktif pesepak bola berkisar pada usia 27—30 tahun. Kondisi itu membuat banyak pesepak bola memutuskan pensiun pada usia di atas 30 tahun. Meskipun demikian, penampilan mereka di atas lapangan tetap menjadi kenangan bagi para penggemarnya. 

Baca Juga: Jejak Perjalanan Karier Eden Hazard, sang Maestro Generasi Emas Belgia

Ridwan Photo Writer Ridwan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya