4 Penggawa Timnas Spanyol 2010 yang Kini Menjadi Pelatih

Tidak hanya jago sebagai pemain

Tahun 2010 merupakan tahun yang sangat istimewa bagi Spanyol. Timnas kesayangan mereka berhasil meraih gelar juara Piala Dunia 2010. Prestasi tersebut mereka raih setelah mengalahkan Timnas Belanda dengan skor 1-0 pada babak extra time.

Menariknya, ada empat penggawa Timnas Spanyol 2010 yang kini menjadi pelatih. Siapa saja mereka? Simak daftar di bawah ini!

1. Alvaro Arbeloa menjadi pelatih Real Madrid U-19

4 Penggawa Timnas Spanyol 2010 yang Kini Menjadi PelatihAlvaro Arbeloa (instagram.com/arbeloa)

Alvaro Arbeloa pernah mencicipi satu laga Piala Dunia 2010. Kala itu, ia bermain pada fase grup. Namun, secara keseluruhan, Arbeloa hanya menjadi penghangat bangku cadangan di turnamen tersebut. Meskipun demikian, kehadirannya tetap penting bagi Timnas Spanyol.

Alvaro Arbeloa sendiri kini menjabat sebagai kepala pelatih Real Madrid U-19. Real Madrid bukan klub yang asing bagi mantan bek kanan Timnas Spanyol itu. Klub berjuluk Los Galacticos tersebut adalah klub yang paling lama dibela Arbeloa selama kariernya sebagai pemain. Tidak mengherankan jika kini ia melatih Real Madrid walaupun hanya di tingkat kelompok umur.

2. Cesc Fabregas melatih FC Como U-19

4 Penggawa Timnas Spanyol 2010 yang Kini Menjadi PelatihCesc Fabregas (instagram.com/cescf4bregas)

Cesc Fabregas menjadi salah satu pemain penting di Piala Dunia 2010. Ia tampil sebanyak empat kali dari fase grup sampai final. Bukan sekadar tampil, Fabregas juga tercatat menempati posisi yang berbeda di tiap laga yang dimainkan. Meski tidak mencetak gol maupun assist, posisinya sangat diperlukan Timnas Spanyol. 

Cesc Fabregas sendiri sudah gantung sepatu sejak Juli 2023 lalu. Pemain yang besar bersama Barcelona, Arsenal, dan Chelsea itu langsung melanjutkan kariernya di dunia sepak bola. Bukan sebagai pemain, Fabregas kini menjadi pelatih FC Como U-19. Menarik dinantikan karier sang maestro sebagai pelatih.

Baca Juga: 7 Rekrutan Pertama yang Dibawa Xabi Alonso ke Bayer Leverkusen

3. Xabi Alonso menjadi pelatih Bayer Leverkusen

4 Penggawa Timnas Spanyol 2010 yang Kini Menjadi PelatihXabi Alonso (bayer04.de)

Xabi Alonso bisa dibilang salah satu pemain yang menjadi kunci keberhasilan Timnas Spanyol di Piala Dunia 2010. Ia selalu tampil pada semua laga yang dimainkan Timnas Spanyol di turnamen tersebut. Selain itu, Alonso selalu bermain sebagai starter di tiap laganya. Fakta tersebut membuktikan betapa sentral posisinya sebagai gelandang bertahan.

Selain sebagai pemain, Xabi Alonso juga masih tampil impresif sebagai pelatih. Ia kini menjabat sebagai kepala pelatih Bayer Leverkusen. Alonso seakan memberikan dampak instan kepada klub berjuluk Die Werkself itu. Ia membawa Bayer Leverkusen mencapai semifinal UEFA Europa League (UEL) 2022/2023 meski harus tunduk dari AS Roma. 

Xabi Alonso masih impresif bersama Bayer Leverkusen pada 2023/2024 ini. Mereka berada di puncak klasemen sementara Bundesliga Jerman. Bayer Leverkusen mengoleksi 25 poin dari 9 laga per 30 Oktober 2023.

4. Xavi Hernandez melatih Barcelona

4 Penggawa Timnas Spanyol 2010 yang Kini Menjadi PelatihXavi Hernandez (fcbarcelona.com)

Sama seperti Xabi Alonso, Xavi Hernandez juga merupakan pilar penting dari keberhasilan Timnas Spanyol meraih gelar juara Piala Dunia 2010. Ia tampil sebagai starter di semua laga Timnas Spanyol dari fase grup hingga final. Selain itu, Xavi juga berkontribusi dua assist di turnamen tersebut. 

Karier Xavi tampaknya belum habis. Setelah masa yang brilian sebagai pemain, ia kini melanjutkan karier sebagai pelatih. Xavi pernah menjadi kepala pelatih dari dua klub berbeda, Al Sadd SC dan Barcelona. Prestasi terbaru dari mantan gelandang La Blaugrana itu adalah membawa Barcelona menjuarai LaLiga Spanyol dan Spanish Super Cup pada 2022/2023 lalu. 

Bukan hanya pemain, Spanyol juga memiliki deretan pelatih terbaik di dunia. Selain daftar di atas, ada juga pelatih seperti Mikel Arteta dan Pep Guardiola yang juga berasal dari Spanyol. Fakta itu membuktikan bahwa Spanyol superior di dunia sepak bola.

Baca Juga: 3 Pemain yang Dipinjam oleh Xavi Hernandez selama Melatih Barcelona

Ridwan Photo Writer Ridwan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya