Profil Finley McAllister, Pemain Berbakat Manchester United U-18

Usianya baru 17 tahun

Manchester United selalu fokus mengembangkan potensi pemain muda. Wajar saja, mereka merupakan klub besar di Eropa. Setan Merah ingin melahirkan banyak pemain muda berbakat yang diharapkan bisa memberi timbal balik positif ke depannya.

Upaya yang dilakukan Manchester United itu rupanya terbukti berhasil. Mereka sudah mencetak beberapa pemain muda yang memiliki potensi besar. Salah satunya Finley McAllister. Pemain berusia 17 tahun itu dikenal sebagai pemain yang terampil di posisi gelandang.

McAllister adalah pemain muda yang berkesempatan menjadi bintang baru di sepak bola Eropa. Penasaran dengan rekam jejak Sang Pemain? Coba intip profil Finley McAllister lewat uraian berikut!

1. Lahir di tempat yang kental dengan nama Manchester

Profil Finley McAllister, Pemain Berbakat Manchester United U-18Finley McAllister (instagram.com/finleymcallister16)

Finley McAllister merupakan pemain muda kelahiran 16 Juli 2006. Ia lahir di Kota Salford, Greater Manchester, Inggris. Itu merupakan sebuah wilayah metropolitan dari gabungan wilayah otoritas di Inggris Barat Laut. Dikutip laman Salford Goverment, kedekatan lokasi Salford dengan Manchester hanya terpisahkan Sungai Irwell.

Di atas rumput hijau, McAllister dikenal sebagai pemain yang serbabisa. Ia bisa bermain di beberapa posisi. Pemain dengan tinggi badan 174 sentimeter ini diketahui mampu mengisi pos gelandang bertahan, tengah, dan bek sayap. Akan tetapi, gelandang bertahan merupakan posisi yang biasa diperankan McAllister.

2. Menandatangani kontrak profesional bersama Manchester United U-18 sejak 2023

Profil Finley McAllister, Pemain Berbakat Manchester United U-18Finley McAllister (instagram.com/finleymcallister16)

Finley McAllister sudah mengenal dunia si kulit bundar sedari kecil. Itu karena orangtuanya memilih menyekolahkan Sang Pemain ke akademi Manchester United. Keterampilan McAllister benar-benar terasah dari situ. Bahkan, ia tidak membutuhkan waktu lama untuk jadi magnet perhatian bagi klubnya.

Benar saja, McAllister mulai dilirik tim senior. Setan Merah pun memberikan kontrak profesional kepada Sang Pemuda pada Juli 2023. Hanya saja, karena usianya yang belia, McAllister harus masuk ke skuad Manchester United U-18 terlebih dahulu.

"Senang telah menandatangani kontrak profesional pertamaku dengan klub yang aku ikuti dan cintai sejak awal. Sebuah momen spesial bagiku dan keluargaku. Kerja keras terus berlanjut," kata Finley McAllister dikutip dari akun media sosial pribadinya.

Baca Juga: 5 Comeback Terakhir Manchester United atas Aston Villa, Sudah Tradisi

3. Rekor mencolok Finley McAllister di Manchester United U-18

Profil Finley McAllister, Pemain Berbakat Manchester United U-18Finley McAllister (instagram.com/finleymcallister16)

Finley McAllister sebenarnya sudah pernah memperkuat Manchester United U-18 sejak Februari 2021. Akan tetapi, kesempatan itu sepertinya masih bersifat percobaan bagi Sang Pemain. Ini tak lepas dari potensi apik yang dimiliki McAllister sendiri.

McAllister melakukan debutnya saat usianya baru menginjak 14 tahun. Bahkan, ini menjadi rekor baru dalam sejarah Setan Merah U-18. McAllister jadi pemain termuda yang tampil di kelompok usia ini. Ia memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Angel Gomes.

Kini, McAllister telah menghabiskan waktu 3 musim dengan memberikan perkembangan yang positif di Manchester United U-18. Secara statistik, McAllister hanya membukukan enam penampilan pada 2021/2022. Jumlah itu meningkat menjadi sebelas penampilan pada 2022/2023. McAllister lalu meraup 2 gol 2 assist dari 8 laga untuk tim muda Setan Merah pada 2023/2024 ini.

4. Finley McAllister menjadi pemain andalan Inggris U-17 di level internasional

Profil Finley McAllister, Pemain Berbakat Manchester United U-18Finley McAllister (instagram.com/finleymcallister16)

Pemain muda berbakat besar memang pantas disematkan kepada Finley McAllister. Bagaimana tidak, berkat potensi apiknya, ia mampu menembus tim junior Inggris dalam tiga kelompok usia berbeda. McAllister pernah menjadi bagian dari Inggris U-16, U-17, dan U-18.

Paling baru, McAllister telah memperkuat negaranya saat mentas di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Sayangnya, ia gagal membawa Inggris mendulang hasil terbaik. McAllister hanya mengantarkan Inggris melaju sampai ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Walau demikian, McAllister sudah memberikan kemampuan terbaiknya bagi Inggris U-17. Ini terbukti usai ia melewatkan satu pertandingan saja di bangku cadangan. Secara keseluruhan, McAllister menorehkan catatan 3 caps (134 menit tampil) dengan 1 gol dan 1 assist di Piala Dunia U-17 2023.

Demikian profil Finley McAllister. Ia menarik perhatian publik karena potensinya menonjol bersama Manchester United U-18. Tidak mustahil McAllister bakal menembus skuad senior Setan Merah nantinya.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Latin yang Membela Manchester United pada 2023/2024

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya