5 Comeback Terakhir Manchester United atas Aston Villa, Sudah Tradisi

Manchester United sering bukukan comeback atas Aston Villa

Manchester United meraih kemenangan fantastis pada pekan ke-19 English Premier League (EPL) 2023/2024. Bertanding melawan Aston Villa, Setan Merah menang 3-2. Padahal, anak asuh Erik ten Hag sempat tertinggal 0-2 pada babak pertama. Namun, Manchester United sukses menorehkan comeback dengan mencetak tiga gol di babak kedua.

Hasil itu terbilang mengejutkan jika melihat performa terkini kedua tim di EPL. Manchester United masih inkonsisten dan sering menelan kekalahan. Sementara itu, Aston Villa sedang gacor hingga bisa bersaing di tiga besar klasemen. Namun, di saat yang sama, comeback Manchester United atas Aston Villa sebenarnya juga tidak mengherankan.

Pasalnya, bukan baru kali ini Manchester United sukses mengalahkan Aston Villa setelah tertinggal lebih dulu. Bahkan, bisa dibilang Setan Merah memang punya tradisi comeback atas Aston Villa. Inilah lima kemenangan terakhir yang diraih Manchester United atas Aston Villa melalui proses comeback.

1. Manchester United menang atas Aston Villa usai tertinggal dua gol di EPL 2012/2013

5 Comeback Terakhir Manchester United atas Aston Villa, Sudah TradisiChicharito (tengah) merayakan gol ke gawang Aston Villa di EPL 2012/2013. (premierleague.com)

Jauh sebelum musim 2023/2024, Manchester United sudah pernah mengalahkan Aston Villa di EPL setelah ketinggalan dua gol. Itu terjadi pada pekan ke-11 EPL 2012/2013. Saat itu, Aston Villa yang menjadi tuan rumah sempat unggul 2-0. Kedua gol The Villans dicetak Andreas Weimann pada injury time babak pertama dan awal babak kedua.

Namun, Weimann akhirnya gagal jadi bintang di laga tersebut. Sinarnya kalah dari Javier "Chicharito" Hernandez yang muncul sebagai pahlawan comeback Manchester United. Chicharito mencetak dua gol dan memaksa bek Aston Villa, Ron Vlaar, melakukan gol bunuh diri. Manchester United pun membawa pulang kemenangan 3-2 dari markas Aston Villa.

2. Manchester United menghajar Aston Villa 4-1 di EPL 2013/2014 via comeback

5 Comeback Terakhir Manchester United atas Aston Villa, Sudah TradisiManchester United melawan Aston Villa di EPL 2013/2014. (twitter.com/AVFCOfficial)

Pada musim berikutnya alias 2013/2014, Manchester United kembali menorehkan comeback atas Aston Villa di EPL. Peristiwanya terjadi pada pengujung musim, tepatnya pekan ke-32. Kali itu, Manchester United menjadi tuan rumah. Namun, Aston Villa unggul lebih dulu melalui gol tendangan bebas Ashley Westwood pada menit ke-13.

Beruntung, Manchester United tak butuh waktu lama untuk membalikkan keadaan. Mereka sudah unggul 2-1 sebelum babak pertama usai berkat dua gol Wayne Rooney. Pada babak kedua, Juan Mata dan Chicharito memperlebar keunggulan Setan Merah. Laga pun usai dengan kemenangan telak 4-1 bagi Manchester United.

Baca Juga: 3 Pemain MU Paling Menonjol saat Tekuk Aston Villa di Old Trafford

3. Manchester United membalikkan skor pada babak kedua laga kontra Aston Villa di EPL 2020/2021

5 Comeback Terakhir Manchester United atas Aston Villa, Sudah TradisiBruno Fernandes merayakan gol ke gawang Aston Villa di EPL 2020/2021. (twitter.com/ManUtd)

Dalam 4 musim terakhir, Manchester United tiga kali membukukan comeback atas Aston Villa. Yang pertama terjadi pada pekan ke-35 EPL 2020/2021. Setan Merah saat itu bertamu ke Villa Park dengan bekal 13 laga tak terkalahkan di EPL. Karena itu, Manchester United tetap pede meski ketinggalan lebih dulu di babak pertama akibat gol Bertrand Traore.

Benar saja, Manchester United sukses membalikkan skor pada babak kedua. Bruno Fernandes membuat kedudukan berimbang melalui tendangan penalti. Kemudian, Mason Greenwood dan Edinson Cavani memastikan kemenangan Setan Merah dengan skor 3-1.

4. Manchester United menyingkirkan Aston Villa di Piala Liga 2022/2023 setelah dua kali tertinggal

5 Comeback Terakhir Manchester United atas Aston Villa, Sudah TradisiManchester United melawan Aston Villa di Piala Liga 2022/2023. (twitter.com/ManUtd)

Manchester United juga meraih kemenangan via comeback atas Aston Villa pada musim 2022/2023. Kali itu, lakonnya bukan EPL, melainkan Piala Liga Inggris. Kedua tim bersua pada putaran ketiga dalam laga yang digelar di Old Trafford. Meski menjadi tamu, Aston Villa sempat menyulitkan Manchester United dengan dua kali unggul.

Ollie Watkins membuka keunggulan Aston Villa pada menit ke-48. Manchester United langsung menyamakan skor semenit kemudian, tetapi The Villans unggul lagi karena gol bunuh diri Diogo Dalot. Meski demikian, sang tuan rumah tidak menyerah. Mereka kembali menyamakan kedudukan melalui Marcus Rashford.

Setelah itu, Manchester United menggenapi comeback mereka dengan mencetak dua gol tambahan. Setan Merah pun menang 4-2 dan melaju ke putaran selanjutnya. Usaha mereka akhirnya terbukti tak sia-sia karena Manchester United berhasil menjuarai Piala Liga 2022/2023.

5. Manchester United meneruskan tradisi comeback atas Aston Villa di EPL 2023/2024

5 Comeback Terakhir Manchester United atas Aston Villa, Sudah TradisiManchester United melawan Aston Villa di EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Pada musim 2023/2024, Manchester United menegaskan bahwa mereka memang ahlinya membukukan comeback atas Aston Villa. Setan Merah bahkan mengulangi capaian di EPL 2012/2013 dengan meraih kemenangan meski sempat tertinggal dua gol. Torehan John McGinn dan Leander Dendoncker pada babak pertama pun jadi sia-sia bagi Aston Villa.

Bagi Manchester United, kemenangan 3-2 atas Aston Villa tak hanya meneruskan tradisi comeback. Mereka juga menjaga rekor superior di laga Boxing Day alias partai yang digelar sehari setelah Natal. Tercatat, Setan Merah tak pernah kalah di laga Boxing Day sejak 1978.

Ada faktor lain lagi yang membuat kemenangan Manchester United sangat berarti. Mereka akhirnya mencetak gol lagi di EPL setelah mandul dalam tiga laga terakhir. Selain itu, Rasmus Hojlund juga akhirnya mencetak gol pertamanya di EPL. Istimewanya, gol perdana Hojlund langsung menjadi penggenap comeback Manchester United.

Manchester United sudah sering membukukan comeback atas Aston Villa. Kemenangan 3-2 yang baru diraih Setan Merah atas Aston Villa menjadi penegas fakta itu. Namun, yang lebih penting bagi Manchester United adalah memanfaatkan momentum tersebut untuk bangkit. Mampukah mereka melakukannya?

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Manchester United Prank Aston Villa

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya