5 Pemain Prancis yang Hijrah dengan Harga Mahal pada Musim Panas 2023

Tiga pemain bergabung dengan klub EPL

Prancis dapat dianggap sebagai salah satu negara yang menghasilkan banyak pemain sepak bola berkualitas. Beberapa di antaranya adalah Kylian Mbappe, Aurelien Tchouameni, dan Eduardo Camavinga. Ketiga pemain tersebut sangat menonjol saat ini. Mbappe menjadi andalan Paris Saint-Germain, sedangkan Aurelien Tchouameni dan Eduardo Camavinga menjadi pilar Real Madrid.

Pada musim panas 2023, cukup banyak pemain berkualitas asal Prancis yang meramaikan bursa transfer. Ada banyak pemain dari sana yang baru saja hijrah alias berganti klub pada musim panas 2023 ini. Beberapa di antaranya memakan biaya transfer yang sangat mahal.

Berikut lima pemain Prancis yang hijrah dengan harga mahal pada musim panas 2023.

1. Christopher Nkunku dibeli Chelsea 60 juta euro dari RB Leipzig

5 Pemain Prancis yang Hijrah dengan Harga Mahal pada Musim Panas 2023potret Christopher Nkunku (instagram.com/c_nkunku)

Christopher Nkunku memulai karier sepak bolanya bersama akademi Paris Saint-Germain. Pemain Prancis yang berperan sebagai second striker itu sukses promosi ke tim utama PSG pada musim dingin 2015. Sayangnya, ia kalah bersaing dengan pemain PSG lainnya.

Pemain yang kini berusia 25 tahun itu dilepas ke RB Leipzig pada bursa transfer musim panas 2019. Ia dijual dengan harga sebesar 19,5 juta euro atau sekitar Rp325 miliar. Nkunku mampu berkembang pesat bersama RB Leipzig. Ia pun menjadi incaran klub-klub top Eropa.

Pada musim panas 2023, Nkunku resmi meninggalkan RB Leipzig dan bergabung ke klub Inggris, Chelsea. Transfer Nkunku ke Chelsea memakan biaya sebesar 60 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Ia dikontrak Chelsea hingga musim panas 2029.

2. Moussa Diaby bergabung dengan Aston Villa seharga 55 juta euro

5 Pemain Prancis yang Hijrah dengan Harga Mahal pada Musim Panas 2023potret Moussa Diaby (avfc.co.uk)

Moussa Diaby juga merupakan jebolan akademi Paris Saint-Germain. Ia berhasil promosi ke tim utama pada musim panas 2018. Namun, winger kanan asal Prancis itu hanya menjadi pemain pelapis di skuad PSG. Diaby dilepas Les Parisiens ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2019. Kala itu, ia dihargai 15 juta euro atau sekitar Rp250 miliar.

Bersama Bayer Leverkusen, Diaby berhasil tampil ciamik dan menjadi pilar utama. Ia sempat diincar Manchester United dan klub lamanya, PSG, tetapi lebih memilih untuk pindah ke Aston Villa pada musim panas 2023 ini. The Villans merogoh kocek sebesar 55 juta atau sekitar Rp918 miliar untuk memboyong Diaby ke Villa Park. Diaby sendiri dikontrak Aston Villa hingga Juni 2028.

Baca Juga: 5 Pewaris Nomor Punggung 18 Chelsea sebelum Christopher Nkunku

3. Ousmane Dembele tinggalkan Barcelona setelah dibeli PSG 50 juta euro

5 Pemain Prancis yang Hijrah dengan Harga Mahal pada Musim Panas 2023potret Ousmane Dembele (https://www.instagram.com/o.dembele7)

Ousmane Dembele merupakan salah satu pemain termahal yang pernah di beli Barcelona. Winger kanan asal Prancis itu direkrut pada musim panas 2017. Blaugrana menggelontorkan dana sebesar 135 juta euro atau sekitar Rp2,2 triliun untuk menebusnya dari Borussia Dortmund.

Sayangnya, Dembele gagal menunjukkan penampilan terbaiknya seperti yang ia lakukan bersama Dortmund. Cedera yang datang bertubi-tubi membuat dirinya gagal di Barcelona. Dembele sebenarnya tampil baik akhir-akhir ini. Namun, pada musim panas 2023, Barcelona terpaksa melepasnya ke Paris Saint-Germain. Ia dijual dengan harga sebesar 50 juta euro atau sekitar Rp834 miliar. Dembele dipagari PSG dengan kontrak hingga Juni 2028.

4. Lucas Hernandez juga ke PSG dengan harga 45 juta euro

5 Pemain Prancis yang Hijrah dengan Harga Mahal pada Musim Panas 2023potret Lucas Hernandez (en.psg.fr)

Pada musim panas 2023 ini, Paris Saint-Germain mendatangkan beberapa bek baru untuk memperkuat lini belakang. Salah satu yang berhasil didatangkan ialah Lucas Hernandez. Bek tengah berkewarganegaraan Prancis dibeli dari Bayern Munich seharga 45 juta euro atau sekitar Rp751 miliar. Ia dikontrak hingga Juni 2028.

Hernandez sangat bangga bisa bergabung dengan PSG. Ia bertekad bisa membawa klub ibu kota Prancis itu meraih banyak kesuksesan, termasuk di ajang UEFA Champions League. Hernandez sendiri merupakan bek yang tangguh dan memiliki banyak pengalaman. Selain bermain untuk Bayern Munich, ia juga pernah menjadi pilar utama Atletico Madrid.

5. Axel Disasi memilih Chelsea sebagai pelabuhan baru dengan tebusan 45 juta euro

5 Pemain Prancis yang Hijrah dengan Harga Mahal pada Musim Panas 2023potret Axel Disasi (chelseafc.com)

Axel Disasi bergabung ke Chelsea musim panas 2023 ini. Ia ditebus dari AS Monaco dengan mahar sebesar 45 juta euro atau sekitar Rp751 miliar dan diikat kontrak hingga Juni 2029. Selama berseragam AS Monaco, bek tengah itu mencetak 12 gol dan 4 assist dalam dalam 129 penampilan di semua ajang.

Chelsea berhasil mengalahkan Arsenal dan Manchester United dalam perburuan bek tengah asal Prancis tersebut. Arsenal dan Manchester United sebenarnya lebih dahulu mengincar Disasi. Namun, keduanya tak mampu bersaing dengan kekuatan finansial Chelsea. 

Prancis memang memiliki segudang pemain sepak bola berkualitas. Peraih gelar juara Piala Dunia 1998 dan 2018 itu akan terus menelurkan bintang-bintang baru dari tahun ke tahun. Para pemain Prancis selalu meramaikan bursa transfer pemain. Dari daftar di atas, menurutmu, siapakah yang akan tampil impresif bersama klub barunya?

Baca Juga: Dembele Resmi Jadi Milik PSG, Barcelona Sakit Hati?

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya