5 Winger Ternama yang Dijual Manchester City sebelum Cole Palmer

Ada yang dijual ke klub Saudi Pro League

Cole Palmer digaet Chelsea dari Manchester City pada penghujung bursa transfer musim panas 2023. Ia didatangkan Chelsea untuk memperkuat posisi winger. Palmer sendiri memang kerap beroperasi sebagai winger kanan. Namun, ia juga bisa dipasang sebagai gelandang serang.

Palmer menjadi solusi Chelsea setelah kehilangan Christopher Nkunku dan Carney Chukwuemeka akibat cedera. Ia dibeli Chelsea dengan harga 47 juta euro atau sekitar Rp771 miliar. The Blues mengikatnya dengan durasi kontrak hingga Juni 2030.

Selama menjadi penggawa Manchester City, Palmer sendiri terlibat dalam 41 pertandingan dengan torehan 6 gol dan 2 assist. Ia telah meraih banyak trofi bersama Manchester City, termasuk 2 gelar juara English Premier League (EPL) dan 1 gelar juara UEFA Champions League (UCL).

Palmer kini menambah deretan winger ternama yang pernah dijual Manchester City. Sebelum sang pemain, inilah lima winger ternama yang dijual Manchester City.

1. Riyad Mahrez dijual ke klub Saudi Pro League, Al Ahli seharga 35 juta euro

5 Winger Ternama yang Dijual Manchester City sebelum Cole Palmerpotret Riyad Mahrez (mancity.com)

Riyad Mahrez merupakan salah satu winger ternama yang pernah dimiliki Manchester City. Kariernya bersama Manchester City tergolong sukses. Banyak gelar juara yang telah ia raih bersama The Citizens, termasuk 5 gelar juara Premier League dan 1 gelar juara Champions League.

Selama menjadi penggawa Manchester City, Mahrez mampu melesakkan 78 gol dan menciptakan 59 assist. Ia terlibat dalam 236 pertandingan bersama Manchester City di berbagai kompetisi. Pada Juli 2023, winger kanan asal Aljazair itu dilepas ke klub Saudi Pro League, Al Ahli. Nilai transfernya mencapai 35 juta euro atau sekitar Rp574 miliar. Ia dikontrak Al Ahli hingga Juni 2027.

2. Raheem Sterling dilepas ke Chelsea senilai 56,2 juta euro

5 Winger Ternama yang Dijual Manchester City sebelum Cole Palmerpotret Raheem Sterling (mancity.com)

Setelah sukses bersama Manchester City dengan raihan banyak trofi, termasuk 4 trofi Premier League, Raheem Sterling memutuskan untuk pindah klub. Ia merapat ke Chelsea pada Juli 2022. The Blues rela menyerahkan dana sebesar 56,2 juta euro atau sekitar Rp922 miliar kepada Manchester City demi mendapatkan Sterling.

Sterling sendiri telah berkarier bersama Manchester City selama 7 musim. Ia meninggalkan The Citizens dengan torehan 131 gol dan 95 assist dalam 339 pertandingan di berbagai kompetisi. Ia merupakan salah satu winger terbaik yang pernah dimiliki Manchester City.

Baca Juga: 4 Rekrutan Manchester City asal Portugal Era Pep Guardiola

3. Ferran Torres pindah ke Barcelona dengan biaya transfer 55 juta euro

5 Winger Ternama yang Dijual Manchester City sebelum Cole Palmerpotret Ferran Torres (mancity.com)

Manchester City mendatangkan Ferran Torres pada Agustus 2020 dari Valencia. Saat itu, Torres ditebus dengan mahar 33,5 juta euro atau sekitar Rp549 miliar. Ia sempat tampil gemilang pada awal kariernya bersama Manchester City, tetapi mengalami penurunan performa, terlebih ketika mengalami cedera retak tulang kaki.

Torres pun mulai tidak bahagia di Manchester City karena tak bisa tampil reguler. Ia memiliki keinginan untuk hengkang dari sana. The Citizens akhirnya mengabulkan keinginan Torres. Pada Januari 2022, ia dilepas secara permanen ke Barcelona dengan biaya transfer sebesar 55 juta euro atau sekitar Rp902 miliar. Winger kanan asal Spanyol itu meninggalkan Manchester City dengan koleksi 16 gol dan 4 assist dalam 43 pertandingan di berbagai kompetisi.

4. Jack Harrison dilepas secara permanen ke Leeds United seharga 12 juta euro

5 Winger Ternama yang Dijual Manchester City sebelum Cole Palmerpotret Jack Harrison (id.mancity.com)

Jack Harrison merupakan pemain yang berperan sebagai winger kiri. Ia masih berusia 26 tahun. Ia bergabung ke Manchester City pada Januari 2018. Kala itu, ia ditebus dari klub Major League Soccer, New York City FC, dengan mahar sebesar 4 juta euro atau sekitar Rp65 miliar.

Meski direkrut The Citizens, pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Liverpool dan Manchester United itu belum pernah mencatatkan satu pertandingan resmi. Pasalnya, setelah direkrut, Harrison langsung dipinjamkan kepada Middlesbrough. Kemudian, pada Juli 2018, ia dipinjamkan kepada Leeds United selama 3 musim.

Harrison mampu tampil cemerlang bersama Leeds United. Akhirnya, ia dipermanenkan The Whites pada Juli 2021. Manchester City melepasnya dengan harga 12 juta euro atau sekitar Rp196 miliar. Saat ini, Jack Harrison sedang dipinjamkan Leeds United kepada Everton hingga Juni 2024.

5. Leroy Sane dijual kepada Bayern Munich dengan harga 49 juta euro

5 Winger Ternama yang Dijual Manchester City sebelum Cole Palmerpotret Leroy Sane (mancity.com)

Leroy Sane kerap berperan sebagai winger kanan. Ia direkrut Manchester City dari FC Schalke 04 pada Agustus 2016. Kala itu, ia dihargai 52 juta euro atau sekitar Rp853 miliar. Bersama Manchester City, Sane mengoleksi banyak trofi, termasuk dua trofi Premier League.

Sane juga terlibat dalam banyak pertandingan bersama Manchester City.  Ia mengemas 135 pertandingan, 39 gol, dan 46 assist. Pada Juli 2020, Sane hengkang dari Manchester City untuk bergabung ke Bayern Munich. Pemain Jerman itu dijual Manchester City kepada Bayern Munich dengan harga 49 juta euro atau sekitar Rp803 miliar. Sane memutuskan hengkang ke Bayern Munich karena menurutnya gaya permainan Die Roten sangat cocok dengan karakternya.

Dari semua winger ternama yang disebutkan di atas, Riyad Mahrez menjadi yang paling sukses. Pasalnya, ia mampu memberikan kontribusi nyata dan berhasil meraih 5 gelar juara Premier League dan 1 gelar juara Champions League. Hal tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa.

Baca Juga: 3 Jebolan Akademi Manchester City yang Langsung Pindah ke Chelsea

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya