Didenda Perdana, Persib Lempar Bola Api ke Bobotoh

Persib kena denda Komdis PSSI

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung akhirnya pecah telur juga soal denda di Liga 1 2023/24. Berdasarkan hasil sidang Komite Disiplin PSSI (Komdis PSSI), 'Maung Bandung' terkena sanksi berupa denda sebesar Rp25 juta.

"Persib harus membayar denda sebesar Rp25 juta untuk sanksi yang dijatuhkan Komdis PSSI karena ada suporter yang hadir pada pertandingan tandang melawan Persik Kediri di Stadion Brawijaya Kediri, Jumat, 28 Juli 2023 lalu," ujar pernyataan resmi klub.

1. Persib melanggar regulasi dan Kode Disiplin PSSI

Didenda Perdana, Persib Lempar Bola Api ke BobotohPersib Bandung di gelaran Liga 1 2022/23. (ligaindonesiabaru.com)

Bagi Persib, ini merupakan denda pertama mereka di musim 2023/24, setelah empat pekan bersih dari denda. Hukuman ini dijatuhkan lantaran Persib melanggar Pasal 51 ayat 6 regulasi Liga 1 2023/24, dan Pasal 141 Kode Disiplin PSSI 2023.

"Dalam salinan putusan yang diterima Persib, Komdis PSSI menyebutkan, keputusan sanksi atas kedatangan suporter Persib di Stadion Brawijaya tersebut diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup," tulis pernyataan resmi klub.

Baca Juga: Akhirnya, Persebaya dan Persija Kena Denda dari Komdis PSSI

2. Persib lempar bola api ke bobotoh

Didenda Perdana, Persib Lempar Bola Api ke BobotohPersib bersua PSM Makassar di Stadion Pakansari. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Di tengah denda yang mereka terima ini, manajemen lewat PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) justru melempar bola api. Vice President Operasional PT PERSIB Bandung Bermartabat, Andang Ruhiat berkata, ada indikasi agar Persib terkena denda.

"Dengan (bobotoh) tetap datang ke Kediri, kita menangkap adanya indikasi kesengajaan agar PERSIB terkena sanksi dan tampaknya kedatangan mereka ini juga terencana dan terorganisir. Tapi, saya berharap, indikasi itu tidak benar," tutur Andang.

3. Persib bakal memperketat pengamanan

Didenda Perdana, Persib Lempar Bola Api ke BobotohIDN Times/Galih Persiana

Agar situasi serupa tidak terulang, Persib bakal memperketat pendataan dan pengamanan, untuk mengantisipasi kehadiran suporter tandang. Persib juga mengajak bobotoh agar tidak mendukung langsung saat laga tandang.

"Persib bakal memperketat pendataan dan pengamanan untuk mengantisipasi kemungkinan suporter tim tamu datang. Sebab, berdasarkan regulasi, kedua klub akan mendapatkan sanksi jika ada suporter tamu datang ke stadion pada pertandingan tandang," ujar pernyataan resmi klub.

Baca Juga: 3 Klub Liga 1 Rutin Bayar Denda ke PSSI di Musim 2023/24

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya