Jalan Terjal MU Menuju Fase Gugur Liga Champions

MU tetap harus bergantung pada hasil tim lain

Jakarta, IDN Times - Manchester United memang masih punya peluang untuk lolos ke fase gugur Liga Champions 2023/24. Akan tetapi, jalan yang harus dilalui oleh MU itu begitu terjal.

MU saat ini mengumpulkan tiga poin dari empat laga di Grup A. Mereka kalah tiga kali, dan hanya menang sekali. Dengan capaian mereka yang seperti ini, sejatinya berat bagi 'Setan Merah' untuk lolos ke babak 16 besar.

Apa saja syarat yang harus dipenuhi MU agar bisa lolos ke 16 besar? Apakah mereka juga bergantung pada hasil lain?

1. MU harus memenangi dua laga sisa

Jalan Terjal MU Menuju Fase Gugur Liga ChampionsPotret Alejandro Garnacho saat MU menghadapi Everton, Minggu (26/11/2023). (premierleague.com).

Syarat awal yang harus dipenuhi MU agar bisa lolos ke babak 16 besar Liga Champions, adalah memenangi dua laga sisa. Mereka harus menang lawan Galatasaray dan Bayern Muenchen di matchday kelima dan keenam.

Akan tetapi, mengalahkan dua tim itu bukan perkara mudah. Galatasaray diperkuat nama-nama macam Mauro Icardi, Wilfried Zaha, dan Tete. Di pertemuan pertama, mereka sukses mengalahkan MU di Old Trafford.

Sedangkan Bayern, jangan ditanya lagi kualitas mereka. Kendati mereka sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, mereka akan jadi batu sandungan terbesar bagi MU agar bisa lolos ke fase gugur.

Baca Juga: Harry Kane Sukses Jaga Kesempurnaan Bayern Muenchen

2. MU juga bergantung nasib tim lain

Jalan Terjal MU Menuju Fase Gugur Liga ChampionsAksi Aaron Wan-Bissaka saat menghadapi Wolves, Selasa (15/8/2023). (Twitter/@ManUtd).

Selain harus memikirkan hasil yang didapat sendiri, MU juga bergantung pada hasil yang didapat tim-tim lain agar bisa lolos ke fase gugur. Mereka harus bertumpu pada hasil yang didapat Copenhagen dan Galatasaray.

Andai Galatasaray atau Copenhagen meraih kemenangan di dua laga sisa yang bakal mereka jalani, hal itu akan menutup jalan MU ke fase gugur. Jadi, meski meraih dua kemenangan di dua laga sisa, mereka tetap harus menunggu tim lain.

3. MU punya bekal berupa tren apik

Jalan Terjal MU Menuju Fase Gugur Liga ChampionsManchester United (dok. Instagram.com/manchesterunited)

Di tengah potensi jalan terjal yang akan mereka lalui, MU memiliki bekal yang ciamik. Tim 'Setan Merah' tidak terkalahkan dalam tiga laga terakhir Premier League. Teraktual, mereka menumbangkan Everton dengan skor 3-0.

Jalan terjal MU menuju fase gugur Liga Champions 2023/24 akan dimulai pada Kamis (30/11/2023) dini hari WIB. Sudah ada Galatasaray yang menunggu mereka di RAMS Park.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Dortmund dan Barcelona ke 16 Besar

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya