Komplek Garudayaksa Football Academy, Kemewahan di Kesunyian

Komplek Garudayaksa Football Academy sudah diresmikan

Jakarta, IDN Times - Daerah Kertarahayu, Setu, Kabupaten Bekasi adalah sebuah perkampungan yang sunyi. Dia tersembunyi di balik megah dan luasnya perumahan Harvest City. Namun, di situlah, Komplek Garudayaksa Football Academy berada.

Buah dari inisiasi Menteri Pertahanan cum calon presiden (capres) Prabowo Subianto, Garudayaksa Football Academy ini berdiri di Kertarahayu, Setu, Bekasi. Diresmikan pada 14 Desember 2023, tempat ini jadi investasi Prabowo di sepak bola.

IDN Times berkesempatan untuk langsung berkunjung ke tempat tersebut. Mari kita tengok, sebagus dan semewah apa Garudayaksa Football Academy ini.

1. Memiliki lapangan representatif

Komplek Garudayaksa Football Academy, Kemewahan di KesunyianPotret Garudayaksa Football Academy di Setu, Bekasi. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dalam pidato pembukaan Garudayaksa Football Academy, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut tempat ini memiliki tujuh lapangan yang bisa digunakan. Pantauan saat di lokasi, hanya ada tiga lapangan yang terlihat.

Tiga lapangan berada tepat di dekat area parkir. Ada dua lapangan yang terhampar di area terbuka dan satu lapangan indoor. Ketiga lapangan ini berdekatan dengan ruang medis, yang berada di tengah-tengah lapangan outdoor pertama dan kedua.

Meski baru ada tiga, tampak lapangan ini begitu representatif. Khusus lapangan luar, terdapat tribune yang bisa menampung ratusan orang. Di sinilah, keramaian hadir, termasuk dalam Nusantara Open 2023 beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Persib Juara Nusantara Open, Bukti Talenta Bandung Masih Ada

2. Lapangan parkir luas dan beberapa fasilitas pendukung

Komplek Garudayaksa Football Academy, Kemewahan di KesunyianPotret Garudayaksa Football Academy di Setu, Bekasi. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Khusus untuk fasilitas pendukung lain, Garudayaksa Football Academy juga memiliki lahan parkir luas. Selain itu, di beberapa titik masih ada beberapa fasilitas pendukung yang tengah berada dalam proses pembangunan.

Rencananya, akan dibangun asrama, pusat sport science, dan kolam renang, di tempat latihan ini. Akan tetapi, ketika kami ke sana pada Desember 2023, hal itu belum terlihat dan agaknya masih dalam proses.

Namun, dengan berada di wilayah sunyi seperti Kertarahayu, hal itu akan mendukung para pemain untuk tetap fokus. Mereka tidak akan terdistraksi oleh gangguan-gangguan dari luar dan bisa fokus mengasah kemampuan sepak bola mereka.

3. Sebuah fasilitas baru untuk anak-anak muda

Komplek Garudayaksa Football Academy, Kemewahan di KesunyianPotret Garudayaksa Football Academy di Setu, Bekasi. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kehadiran Garudayaksa Football Academy menjadi angin segar lain bagi pembinaan sepak bola Indonesia. Kini, bertambah lagi kawah Candradimuka bagi para pemain muda, selain beberapa tempat lain yang sudah bertebaran di Jabodetabek dan Indonesia.

Kendati berada di daerah sunyi bernama Kertarahayu, Setu, hal itu tidak mengurangi makna dari Garudayaksa Football Academy ini. Mereka adalah kemegahan di tengah kesunyian, yang menghadirkan opsi pengembangan talenta sepak bola Indonesia.

Baca Juga: Kamp Garudayaksa Prabowo Bakal Bangun Fasilitas Renang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya