Profil Kosta Rika, Para Senior Masih Jadi Andalan di Piala Dunia 2022

Kosta Rika menatap Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Kosta Rika resmi mengumumkan 26 nama yang akan mentas di ajang Piala Dunia 2022 mendatang. Dari sederet pemain tersebut, terselip nama-nama senior yang masih jadi tulang punggung tim.

Jalan panjang harus ditempuh Kosta Rika di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF. Finis di posisi empat, mereka harus melakoni laga play-off inter zona melawan juara Konfederasi Oseania (OFC), Selandia Baru.

Gol tunggal dari Joel Campbell pun sukses membawa Kosta Rika menundukkan Selandia Baru, sekaligus lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Di fase grup nanti, mereka tergabung dengan Spanyol, Jepang, dan Jerman.

Demi mengarungi Piala Dunia 2022 nanti, Kosta Rika sudah memanggil 26 nama. Nantinya, mereka akan jadi tulang punggung tim berjuluk 'Los Ticos' tersebut di Qatar nanti.

1. Beberapa senior yang jadi tumpuan

Profil Kosta Rika, Para Senior Masih Jadi Andalan di Piala Dunia 2022Bryan Ruíz (skysports.com)

Dari 26 nama yang dipanggil pelatih Luis Fernando Suarez, terselip beberapa nama yang merupakan sosok senior sekaligus andalan Kosta Rika. Masih ada Bryan Ruiz, Joel Campbell, dan Keylor Navas di dalam skuad.

Navas masih jadi andalan di bawah mistar, kendati dia urung tampil bersama Paris Saint-Germain (PSG) musim ini. Kualitas dan pengalamannya akan jadi dorongan tersendiri bagi Kosta Rika. Hal yang sama juga berlaku untuk Ruiz dan Campbell.

Meski Ruiz dan Campbell sudah tidak mentas lagi di klub Eropa, pengalaman mereka, bersama Navas tentunya, membawa Kosta Rika ke perempat final Piala Dunia 2014 adalah sebuah catatan tersendiri.

Apalagi, Ruiz dan Campbell adalah deretan pemegang caps terbanyak di skuad Kosta Rika saat ini. Ada juga sosok Celso Borges yang masih jadi andalan Kosta Rika, pun dengan nama Bryan Oviedo di lini belakang.

Baca Juga: Brasil Umumkan Skuad Utama Piala Dunia 2022, Lini Depan Mengerikan

2. Beberapa nama yang tampil di Eropa bisa jadi andalan

Profil Kosta Rika, Para Senior Masih Jadi Andalan di Piala Dunia 2022Keylor Navas (fussballtransfers.com)

Selain nama-nama senior, beberapa nama yang mentas di Eropa juga bisa jadi andalan Kosta Rika. Pertama ada Francisco Galvo. Saat ini, pemain berusia 30 tahun itu masih tercatat jadi pemain Konyaspor, klub asal Turki.

Kemudian, ada juga Jewison Bennette dan Brandon Aguilera yang kini main di Inggris, masing-masing bersama Sunderland dan Nottingham Forest. Ada juga Patrick Sequiera yang main di Lugo, Spanyol.

Jadi, selain sosok Navas yang mentas di PSG, Kosta Rika juga memiliki beberapa pemain yang mentas di Eropa. Setidaknya, kehadiran pemain-pemain ini juga bisa jadi suntikan tersendiri.

3. Seberapa jauh Kosta Rika melaju?

Profil Kosta Rika, Para Senior Masih Jadi Andalan di Piala Dunia 2022Bryan Oviedo saat bermain bersama FC Copenhagen di Danish Superlig. (instagram.com/bryanoviedo8)

Dengan bekal skuad yang sekarang, Kosta Rika bisa saja melaju jauh di Piala Dunia 2022. Ketika Piala Dunia 2014 lalu, kendati dikepung Inggris, Italia, dan Uruguay, mereka bisa lolos hingga ke perempat final.

Kini, meski dikepung Jerman, Spanyol, dan Jepang, Kosta Rika berpeluang mengulangi raihan serupa. Kendati jalan di Piala Dunia 2022 lebih terjal, asal bermain dengan organisasi yang apik seperti 2014, mereka bisa menghadirkan lagi kejutan.

Baca Juga: 10 Alumnus Piala Dunia yang Jadi Pelatih di Piala Dunia 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya