PSSI Mau Naturalisasi 2 Pemain untuk Timnas U-20

Program naturalisasi kembali digelorakan

Jakarta, IDN Times - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, mengungkapkan federasi sudah siap menaturalisasi dua pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20. Mereka diproyeksikan untuk mentas di Piala Dunia U-20 2023.

Hasani berujar, dua pemain tersebut berasal dari Belanda. Mereka adalah Jim Croque dan Ivar Jenner. Keduanya sudah sepakat untuk membela Timnas U-20. Namun, prioritas PSSI saat ini adalah naturalisasi tiga pemain untuk Timnas senior.

"Saat ini, kami masih memprioritaskan naturalisasi pemain untuk Timnas senior. Kalau semua sudah beres, baru kami mulai memproses naturalisasi mereka (Jim dan Ivar). Intinya, mereka sudah oke," ujar Hasani di Trans Luxury Hotel, Senin (30/5/2022).

1. Jim dan Ivar sudah memegang paspor Belanda

PSSI Mau Naturalisasi 2 Pemain untuk Timnas U-20Jim Croque (Instagram.com/j.croque9)

Hasani berujar, Jim dan Ivar harus melalui proses naturalisasi, karena mereka ternyata sudah memegang paspor Belanda kendati usianya masih di bawah 19 tahun. Keduanya juga aktif jadi pemain di tim muda Liga Belanda.

Jim Croque bermain di Vitesse U-18. Dia masih berusia 17 tahun dan berposisi sebagai penyerang. Sedangkan, Ivar Jenner berusia 18 tahun dan berposisi sebagai gelandang. Dia main di tim Utrecht U-18.

"Untuk dua pemain asal Belanda ini, mereka memang keturunan Indonesia, cuma mereka sudah memegang paspor Belanda. Jadi mereka ini nantinya seperti proses naturalisasi," ujar Hasani.

Baca Juga: Shayne Pattynama ke Indonesia Pekan Depan, Jalani Proses Naturalisasi

2. Permintaan naturalisasi datang dari Shin Tae Yong

PSSI Mau Naturalisasi 2 Pemain untuk Timnas U-20Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia. (pssi.org)

Hasani mengungkapkan, permintaan untuk naturalisasi dua pemain untuk Timnas U-20 ini datang dari Shin Tae Yong selaku pelatih. Awalnya, Shin meminta tiga nama, tetapi satu nama menolak tawaran naturalisasi ini.

"Yang sudah oke, dalam arti mau dinaturalisasi itu ada dua orang. Coach Shin sebenarnya meminta tiga nama. Cuma yang satu ini belum mau, sedangkan yang dua sudah oke," ucap Hasani.

3. Diproyeksikan perkuat Timnas U-20 di Piala Dunia U-20

PSSI Mau Naturalisasi 2 Pemain untuk Timnas U-20Ivar Jenner, calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20 (instagram.com/ivarjnr)

Hasani berkata, hadirnya dua pemain yang akan dinaturalisasi tersebut akan membuat Timnas U-20 lebih kuat di Piala Dunia U-20 nanti. Dia pun sudah berdiskusi dengan Shin soal proses naturalisasi untuk tim U-20 ini.

"Waktu bertemu coach Shin, saya bertanya ke dia, 'Apakah kamu bisa bawa Indonesia ke babak selanjutnya di Piala Dunia U-20?'. Lalu, Shin jawab, 'Kalau tak ada bantuan Pak Hasani untuk ambil dua pemain itu, berat'. Mereka memang disiapkan untuk memperkuat Timnas U-20," tutur Hasani.

Baca Juga: Timnas Indonesia Vs Bangladesh, PSSI Sediakan 9 Ribu Tiket

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya