Soal Verifikasi Menpora Zainudin Amali, KP PSSI Sempat Debat

Menpora Amali akhirnya lolos verifikasi

Jakarta, IDN Times - Ketua Komite Pemilihan PSSI (KP PSSI) Amir Burhanuddin berkata, tim KP sempat berdebat soal verifikasi Menpora Zainudin Amali sebagai calon Wakil Ketua Umum PSSI. Debat itu menyoal status keterlibatan Amali di sepak bola nasional.

Debat itu pun tuntas dengan konfirmasi yang menyebut Menpora Amali sempat jadi pengurus di dua asosiasi daerah PSSI, yakni di Asosiasi Provinsi (Asprov) Gorontalo, serta Asosiasi Kabupaten (Askab) Bualemo.

"Itu (soal Zainudin Amali) yang kemarin sempat menjadi perdebatan di internal KP. ada konfirmasi dari surat yang kami terima yang dilampirkan dari Asprov dan Pengcab, yakni Asprov Gorontalo, Askab Bualemo," ujar Amir di SUGBK, Selasa (31/1/2023).

1. Proses verifikasi calon lain juga berjalan ketat

Soal Verifikasi Menpora Zainudin Amali, KP PSSI Sempat DebatKetua Komite Pemilihan (KP) PSSI, Amir Burhanuddin mengumumkan daftar calon sementara Ketua Umum PSSI pada Selasa (31/1/2023). (IDN Times/Tino Satrio)

Amir juga mengungkapkan, proses verifikasi calon-calon lain, baik itu Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Bahkan, sempat ada situasi buntu yang memaksa dilakukan pemungutan suara.

"Perlu kami informasikan bahwa dalam verifikasi dinamika sangat kuat di internal kami, terutama terkait dengan ketelitian serta syarat-syarat lain yang disyaratkan di Statuta PSSI," tutur Amir.

Baca Juga: Daftar Lengkap Calon Ketum dan Waketum PSSI!

2. KP PSSI telah mengonfirmasi keaktifan Amali

Soal Verifikasi Menpora Zainudin Amali, KP PSSI Sempat DebatMenpora Zainudin Amali. (Dok. Kemenpora)

Amir berujar, telah mengonfirmasi langsung kebenaran aktifnya Menpora Amali di sepak bola nasional kepada Asprov Gorontalo dan Askab Bualemo. Dia juga sudah menyertakan surat keterangan kebenaran aktif di dua organisasi itu.

"Terkonfirmasi sudah semua (soal keterlibatan dan aktifnya Amali di dua organisasi itu) dengan dokumen yang kami terima," ujar Amir.

3. Bagi calon yang tidak lolos, masih bisa banding

Soal Verifikasi Menpora Zainudin Amali, KP PSSI Sempat DebatKetua Komite Pemilihan KLB PSSI, Amir Burhanuddin di Kongres Biasa PSSI 2023, Minggu (15/1/2023). (IDN Times/Tino).

Setelah pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS), Komite Pemilihan akan menyerahkan surat keputusan tentang Pengumuman Daftar Calon Sementara Komite Eksekutif PSSI Periode 2023-2027 kepada Komite Banding Pemilihan.

Tahapan penyampaian permohonan dan berkas banding akan dibuka pada 1 sampai 3 Pebruari 2023, selanjutnya Pengumuman Daftar Calon Tetap Komite Eksekutif PSSI akan diumumkan pada 6 Pebruari 2023.

Baca Juga: Layakkah Zainudin Amali Jadi Waketum PSSI?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya