Kaleidoskop: Manchester City Kuasai Dunia

Manchester City tak terbendung sepanjang 2023

Jakarta, IDN Times - Manchester City menjadi tim yang paling bersinar sepanjang 2023. Mereka menegaskan diri sebagai tim terbaik dunia di tahun ini dengan mengoleksi sejumlah gelar bergengsi.

Total, sepanjang 2023, ManCity berhasil mengoleksi lima gelar bergengsi. Mereka mengawalinya dengan treble winners usai meraih trofi Premier League, Piala FA, dan Liga Champions.

Sukses ManCity meraih mahkota Liga Champions tentunya mengakhiri penantian panjangnya. Sudah berkali-kali mereka gagal. Bahkan, ManCity pernah pula menapaki final di musim 2020/21. Tapi, saat itu mereka gagal juara karena dikalahkan Chelsea.

Pastinya, ada trauma yang menyelimuti mereka. Hal itu diakui oleh manajer ManCity, Pep Guardiola, di awal fase gugur Liga Champions musim 2022/23. Namun, Guardiola tak peduli, menegaskan ManCity akan mencoba lagi dan lagi.

Hingga akhirnya, mereka bisa menjadi juara. Bahkan, ManCity bisa dibilang sempurna saat meraih gelar juara karena jalannya begitu terjal.

Di perempat final, mereka harus jumpa tukang bantai asal Jerman, Bayern Munich. Lanjut ke semifinal, lawannya adalah raja Liga Champions, Real Madrid.

Hebatnya, The Citizens mampu membantai Madrid di dua leg dengan agregat 5-1. Berlanjut ke partai final, ManCity membekuk raksasa Italia, Inter Milan, dengan skor 1-0.

Sukses pecah telur di Liga Champions, membuat ManCity tak terbendung. Bisa dibilang, kini mereka menguasai dunia. Berikut IDN Times sajikan perjalanan luar biasa ManCity sepanjang 2023.

Baca Juga: ManCity Cetak Sejarah Sabet 5 Gelar di 2023

1. Comeback dan kuasai Inggris

Kaleidoskop: Manchester City Kuasai DuniaManchester City melawan Tottenham Hotspur di EPL 2022/2023. (premierleague.com)

ManCity sebenarnya nyaris gagal juara Premier League. Itu karena di akhir 2023 mereka masih tertinggal dari Arsenal di papan atas klasemen.

Namun, awal 2023 menjadi momentum buat ManCity comeback. Mereka berhasil mengalahkan Arsenal pada 15 Februari 2023 dengan skor 3-1 di Emirates Stadium.

Hanya saja, saat itu ManCity belum langsung menggusur Arsenal. Barulah, pada awal Mei 2023, ManCity sukses menggeser posisi Arsenal.

Itu imbas dari keberhasilan ManCity mengalahkan Fulham. Setelah 247 hari bertahta di puncak klasemen, Arsenal akhirnya tergusur akibat inkonsistensinya. Per 1 Mei 2023, ManCity ada di puncak klasemen dengan keunggulan satu poin.

Jarak itu akhirnya melebar karena ManCity punya satu laga tabungan. Kemenangan atas Chelsea dengan skor 1-0 di pekan 37, membuat ManCity jadi juara karena jarak poin sudah melebar hingga tujuh poin. Bagaimana dengan Arsenal? Inkonsistensi tetap menghinggapi The Gunners, hingga akhirnya harus puas duduk di peringkat dua klasemen akhir.

Gelar domestik ManCity akhirnya sempurna usai juara Piala FA. Menghadapi rival sekota, Manchester United di final, ManCity tampil trengginas.

Mereka unggul cepat saat laga belum genap semenit lewat gol spektakuler Ilkay Guendogan. MU sempat membuka asa lewat eksekusi penalti Bruno Fernandes. Namun, gol kedua Guendogan pada menit 51, membuat MU harus tertunduk dan rela melihat rivalnya angkat trofi di depan mata.

2. Treble winners bersejarah

Kaleidoskop: Manchester City Kuasai DuniaSkuad Manchester City 2022/2023 (mancity.com)

Setelah mengamankan dua trofi dari level domestik, kepercayaan diri ManCity meningkat. Mereka mengincar trofi yang lebih tinggi, Liga Champions.

Ada dua misi yang diusung, pecah telur lalu jadi juara serta meraih treble winners. Namun, Guardiola saat itu merasa misi ManCity bisa saja dirusak oleh Inter.

Bukan tanpa alasan, karena Guardiola menilai Inter merupakan lawan merepotkan. Tim-tim asal Italia, dari sudut pandang Guardiola, punya potensi kejutan yang begitu besar.

"Sepak bola dapat berubah di setiap laga. Ketika menghadapi tim Italia, kami harus tenang," ujar Guardiola dilansir Sky Sports.

Prediksi Guardiola memang benar. Sepanjang final di Ataturk Olympic Stadium, Turki, 10 Juni 2023, ManCity tak bisa main dengan tenang.

Inter tampil percaya diri di babak pertama. Bahkan, mereka mampu menciptakan momen-momen berbahaya di depan gawang ManCity. Ada kekhawatiran, Inter bisa cetak gol dan membuyarkan misi ManCity.

Namun, pada menit 68, Rodri muncul sebagai pahlawan. Sepakannya berhasil menjebol gawang Inter yang masih dikawal Andre Onana. Itu menjadi satu-satunya gol ManCity di laga ini dan mengantarkannya menjadi juara Liga Champions untuk pertama kalinya, puncak dari proyek besar usai 15 tahun akuisisi Sheikh Mansour.

Baca Juga: Manchester City Selangkah Lagi Gaet Penerus Lionel Messi

3. Kuasai dunia di 2023

Kaleidoskop: Manchester City Kuasai DuniaPep Guardiola (mancity.com)

Sejarah lainnya diukir ManCity di 2023. Pada semester kedua 2023, ManCity berhasil menyabet dua gelar sekaligus, membuat mereka sukses menyabet lima trofi dalam satu tahun kalender.

Usai treble winners di musim 2022/23, ManCity sukses meraih gelar Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Raihan dua trofi tambahan, membuat ManCity jadi tim Inggris pertama yang mampu meraih lima trofi.

ManCity mengawali awal musim 2023/24 dengan juara Piala Super Eropa. Mereka sukses mengalahkan Sevilla dalam duel di Karaiskakis Stadium lewat adu penalti, 5-4 (1-1).

Selanjutnya, ManCity sukses jadi juara Piala Dunia Antarklub. Mereka membantai Fluminense di final empat gol tanpa balas.

Guardiola mengaku begitu senang dengan hasil yang diraih anak-anak asuhnya. Guardiola menilai pekerjaan ManCity sudah selesai dengan sempurna di 2023.

Dia mengapresiasi seluruh anak asuhnya. Pun, Guardiola tak lupa, para pemain ManCity sebelumnya yang sudah berjasa dan terlibat dalam membangun proyek besar ini.

"Saya mau berterima kasih dari kapten sebelumnya, Vincent Kompany, hingga sekarang Kyle Walker. Lalu, ada Joao Cancelo, Riyad Mahrez, Cole Palmer, hingga Ilkay Guendogan, mereka berjasa membawa kami ke sini," ujar Guardiola dilansir FIFA+.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya