Profil Simon Hooper, Wasit EPL dengan Segala Kontroversinya

Sebelumnya wasit di Divisi Championship

Suporter Liverpool mungkin masih kesal dengan Simon Hooper, wasit yang memimpin laga versus Tottenham pada 30 September 2023 lalu. Bukan karena kekalahan 2-1 atas The Lilywhites, tapi kepemimpinan Simon yang dianggap kontroversial dan merugikan Liverpool.

Pasalnya, gol pembuka Luis Diaz pada menit ke-34 dianulir karena dianggap offside. Padahal, terdapat bukti terbaru berupa audio percakapan wasit VAR yang memberi saran kepada Simon untuk menyetop pertandingan karena gol Diaz termasuk onside. Selain itu, kontroversi Simon tak terlepas dari tangannya yang 'ringan' dengan memberikan 9 kartu kuning dan 2 kartu merah dalam laga tersebut.

Lantas, banyak pencinta sepak bola penasaran seperti apa sosok wasit yang memimpin laga ini? Berikut profil dan sepak terjang Simon Hooper, wasit Liga Inggris yang memimpin laga Tottenham vs Liverpool pada 30 September 2023 lalu.

1. Memulai karier dari wasit Championship

Profil Simon Hooper, Wasit EPL dengan Segala KontroversinyaSimon Hooper, wasit Liga Inggris (nufc.co.uk)

Simon Hooper adalah wasit kelahiran Swindon, Inggris pada 15 Juli 1982. Simon merupakan wasit jebolan Wiltshire Football Association yang memulai karier sebagai wasit di Divisi Championship, League One, dan League Two. Ketiganya merupakan kasta-kasta sepak bola di bawah Premier League.

Simon mengawali karier pada musim 2008/2009 dengan menjadi wasit pada tiga liga tersebut ditambah EFL Cup. Dalam semusim, ia memberikan 60 kartu kuning dan 8 kartu merah.

Ia pun terus dipercaya untuk memimpin liga-liga tersebut selama beberapa musim. Bahkan, beberapa kali Simon juga memimpin pertandingan FA Cup selama periode musim tersebut.

2. Dipromosikan ke Premier League pada 2015

Profil Simon Hooper, Wasit EPL dengan Segala KontroversinyaSimon Hooper, wasit Liga Inggris (nufc.co.uk)

Pada musim 2015/2016, Simon Hooper dipromosikan untuk menjadi wasit di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Premier League. Namun, ia hanya memimpin satu pertandingan Premier League 2015/2016, yaitu saat Norwich City tumbang 1-3 melawan Crystal Palace. Ketika itu, ia hanya menjatuhi 1 kartu kuning sepanjang laga.

Namun musim berikutnya, Simon sempat absen dari kepemimpinan wasit Premier League. Ia kembali menjadi wasit di kasta-kasta bawah dan piala liga. Baru pada musim 2017/2018, ia kembali memimpin pertandingan Premier League hingga saat ini.

Meski sudah dipromosikan ke Premier League, Simon Hooper tetap sering ditugaskan memimpin laga-laga di Championship, League One, dan League Two. Selain sebagai wasit, Simon Hooper juga kerap bertugas sebagai video-assistant dan wasit keempat selama beberapa musim.

Jika ditotal sejak awal karier hingga laga Tottenham vs Liverpool pada 30 September 2023 lalu, Simon Hooper telah memimpin 508 pertandingan dengan mengeluarkan 1513 kartu kuning, 30 kartu merah hasil akumulasi kartu kuning, dan 35 kartu merah langsung.

Baca Juga: Liverpool Apes, PGMOL Akui Gol Luis Diaz Harusnya Sah

3. Keputusan-keputusan kontroversial

Profil Simon Hooper, Wasit EPL dengan Segala KontroversinyaDiogo Jota saat diganjar kartu merah oleh wasit Simon Hooper. (premierleague.com)

Kontroversi Simon Hooper sebagai wasit bukan sekali ini terjadi. Sebelum laga Tottenham vs Liverpool pekan lalu, kesalahan yang sama pernah dilakukan Simon dalam pertandingan Wolverhampton vs Manchester United pada 15 Agustus 2023 lalu.

Saat itu, Simon tidak memberikan penalti kepada Wolves. Padahal, terjadi kontak fisik yang cukup jelas antara kiper Setan Merah, Andre Onana dan striker Wolves, Sasa Kalajdzic. Simon justru menjatuhkan kartu merah untuk pelatih Wolves, Gary O'Neill karena dianggap melakukan protes berlebihan.

Setelah laga berakhir, Professional Game Match Officials Board (PGMOL) atau badan wasit Liga Inggris akhirnya meminta maaf kepada Gary O'Neill yang merasa dirugikan.

Simon pun sempat diistirahatkan sebagai wasit pada pekan berikutnya dan bertugas sebagai wasit VAR. Lalu, minggu berikutnya lagi ia sudah kembali menjadi wasit utama.

Pada Premier League musim lalu, Simon juga melakukan kesalahan saat memimpin laga Aston Villa vs Manchester City. Gol Coutinho pada menit ke-79 dianggap offside. Padahal, menurut tayangan ulang, sudah cukup jelas bahwa tetap onside.

Nah, itulah profil dan sepak terjang Simon Hooper, wasit Liga Inggris yang dianggap kontroversial karena beberapa kali melakukan kesalahan dan sering menjatuhkan kartu pada pemain.

Baca Juga: 5 Keputusan Kontroversial Wasit Premier League pada 2023

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya