Comscore Tracker

3 Alasan di Balik Alex McLeish Dipecat dari Timnas Skotlandia

Seluruh asistennya juga ikut meletakkan jabatan

Kemenangan Skotlandia atas San Marino pada kualifikasi Piala Eropa 2020 belum cukup untuk melepaskan Alex McLeish dari tekanan. Tak sampai sebulan, manajer berusia 60 tahun tersebut akhirnya meletakkan jabatannya sebagai pelatih kepala timnas Skotlandia.

Seluruh asisten McLeish yakni Peter Grant, James McFadden dan Stevie Woods, juga ikut meletakkan jabatannya masing-masing. Federasi Sepak Bola Skotlandia menyetujui pengunduran diri tersebut dan menyatakan akan segera memulai upaya untuk mencari penggantinya.

Ini fakta-fakta yang mendorong Alex McLeish mundur dari Timnas Skotlandia. Simak satu per satu ya.

1. Masalah berawal dari kualifikasi Piala Eropa 2020

3 Alasan di Balik Alex McLeish Dipecat dari Timnas Skotlandiaultrasports.tv

Alex McLeis mulai mendapat tekanan saat membawa timnas Skotlandia berlaga di kualifikasi Piala Eropa 2020. Pada pertandingan perdana di Grup I, Skotlandia di luar dugaan banyak pihak, kalah telak 0 - 3 dari tuan rumah Kazakhstan. Bertandang ke San Marino pada laga berikutnya, McLeish membawa Skotlandia unggul 2 - 0. Namun hasil tersebut sama sekali tak mengurangi tekanan dan desakan terhadapnya untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Prestasinya membawa Skotlandia menjuarai Grup I Liga C pada Liga Negara Eropa seakan dilupakan begitu saja. Pengurus FA dan publik sepak bola Skotlandia terlanjur panik melihat posisi Skotlandia yang terpuruk di peringkat ke-5 dari 6 tim yang berlaga di Grup I, di bawah Belgia, Siprus, Rusia dan Kazakhstan.

2. Di tangannya peringkat dunia Skotlandia melorot

3 Alasan di Balik Alex McLeish Dipecat dari Timnas SkotlandiaIDN TIMES/Sori Siregar

Alex McLeish menangani timnas Skotlandia menggantikan Gordon Strachan yang meletakkan jabatannya setelah gagal membawa Skotlandia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Awalnya Federasi Sepak Bola Skotlandia mengincar Michael O'Neill sebagai pengganti Strachan. Namun O'Neill memilih tetap pada posisinya sebagai manajer timnas Irlandia Utara. 

Bersama McLeish, timnas Skotlandia melakoni 12 pertandingan dengan membukukan 5 kemenangan dan menderita 7 kekalahan. Mencetak 14 gol dan kebobolan 18 gol. Hasil-hasil tersebut membuat peringkat dunia Skotlandia melorot dari posisi ke-32 saat sebelum ditangani McLeish, menjadi peringkat ke-44 saat ini.

3. FA bertekad Skotlandia lolos ke putaran final Piala Eropa 2020

3 Alasan di Balik Alex McLeish Dipecat dari Timnas Skotlandiatelegraph.co.uk

Federasi Sepak Bola Skotlandia bertekad untuk meloloskan Skotlandia ke putaran final Piala Eropa 2020. Kepala eksekutif federasi, Ian Maxwell menyatakan akan segera merekrut tim manajemen baru untuk membawa Skotlandia melakoni sisa pertandingan kualifikasi. Mengingat Skotlandia ditunjuk oleh UEFA sebagai salah satu negara penyelenggara pertandingan putaran final, Ian Maxwell bertekad memastikan pendukung-pendukung timnas Skotlandia dapat menyaksikan timnya ikut tampil.

Skotlandia akan menjamu Siprus dan bertandang ke Belgia pada pertandingan lanjutan kualifikasi Piala Eropa, bulan Juni mendatang. Di samping itu, sebagai juara Grup 1 Liga C, Liga Negara Eropa, Skotlandia juga memiliki jalur alternatif untuk lolos ke Piala Eropa 2020 melalui babak play-off.

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You