Comscore Tracker

[INFOGRAFIS] Deretan Juara Piala Dunia, Siapa Kampiun 2018?

#WorldCup2018 tim mana jagoanmu?

Jakarta, IDN Times-Final Piala Dunia akan digelar di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7). Partai ini akan mempertemukan Prancis vs Kroasia.

Dari 32 tim yang bertanding hanya akan keluar satu pemenang. Sejumlah pengamat mulai memprediksi siapa bakal juara. Tak mudah menjadi juara event akbar ini. Setidaknya ada sejumlah faktor yang tidak melulu aspek performa. Mitos-mitos juga sering mengiringi.

Nah, supaya kamu juga bisa ikutan menebak juaranya, tak ada salahnya menyimak infografis IDN Times terkait parade juara Piala Dunia di bawah ini.

1. Brasil mendominasi

[INFOGRAFIS] Deretan Juara Piala Dunia, Siapa Kampiun 2018?IDN Times/Sukma Shakti

Brasil menjadi negara tersering juara Piala Dunia. Sudah lima kali Selecao menjadi kampiun event ini. Terakhir mereka rebut di Tanah Asia 2002. Pada 2014 silam kala menjadi tuan rumah Neymar dkk justru gagal di tanah sendiri seusai kalah memalukan 1-7 dari Jerman di semifinal.

2. Jerman yang terjungkal

[INFOGRAFIS] Deretan Juara Piala Dunia, Siapa Kampiun 2018?Twitter/@mbfussball_en

Sebagai juara bertahan Jerman dalam posisi siap tempur. Bahkan mereka kembali favorit. Mereka punya skuad terbaik di masing-masing posisi, kekuatan dalam strategi bermain dan juga faktor Joachim Loew. 

Loew menyadari bahwa timnya memang diunggulkan. “Jika Anda adalah juara dunia, juara Piala Konfederasi dan menempati urutan ketiga di dunia selama tiga sampai empat tahun terakhir, kemudian Anda akan menjadi tim yang diburu,” kata Loew kepada SID.

“Semua tim ingin menjungkalkan sang juara bertahan.” Namun, langkah tim Jerman harus terhenti di fase awal.

3. Bagaimana kans Prancis dan Kroasia? Akankah ada juara baru?

[INFOGRAFIS] Deretan Juara Piala Dunia, Siapa Kampiun 2018?Afa.com.ar

Ini adalah final Piala Dunia kedua bagi Prancis setelah 1998 dan final kedua dalam dua tahun berurutan setelah Piala Eropa 2016. Menilik faktor sejarah ini, Prancis jelas lebih berpengalaman dan diunggulan. Tetapi, Kroasia dengan segala kemampuan keluar dari situasi sulit datang ke final dengan motivasi yang lebih lapar. So, laga final nanti akan lebih banyak ditentukan faktor di luar teknis. Motivasi salah satunya!

Baca juga: Nestor Pitana, Mantan Aktor yang Pimpin Final Piala Dunia 2018

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Just For You