Alasan Jay Idzes Gak Bisa Ukir Debut di Piala Asia 2023

Ini penjelasannya

Jakarta, IDN Times - Jay Idzes sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai mengambil sumpah kewarganegaraan, Kamis (28/12/2023). Namun, status itu tak serta-merta membuatnya mendapat karpet merah untuk membela Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023.

Piala Asia edisi ke-18 ini memang baru berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Hanya saja, entry by name turnamen empat tahun sekali ini sudah kedaluwarsa sejak 10 Desember 2023.

Baca Juga: Jadi WNI, Karier Jay Idzes di Serie B Terancam?

1. Terlalu lama ambil sumpah

Alasan Jay Idzes Gak Bisa Ukir Debut di Piala Asia 2023Jay Idzes saat direkrut oleh klub Serie B, Venezia (instagram.com/jayidzes)

Situasinya akan berbeda andai bek 23 tahun itu mengambil sumpah kewarganegaraan sebelum 10 Desember 2023. Jay bisa lebih cepat mendapat paspor Indonesia untuk masuk dalam rombongan pemain yang didaftarkan PSSI ke AFC.

Contohnya Justin Hubner, yang kini dipanggil Shin Tae Yong dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Turki untuk persiapan Piala Asia. Pemain Wolverhampton Wanderers U-21 tersebut bisa dipanggil karena proses naturalisasinya rampung pada 6 Desember 2023.

2. PSSI sempat lobi AFC

Alasan Jay Idzes Gak Bisa Ukir Debut di Piala Asia 2023Jay Idzes saat perpisahan dengan Go Ahead Angels (instagram.com/jayidzes)

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan, menyebut federasi sudah berusaha untuk melobi AFC supaya bisa menambahkan Jay Idzes. Namun, permintaan itu ditolak.

"Cukup disayangkan Jay belum bisa ikut Piala Asia. Kami sebenarnya berharap Jay bisa main, tapi apa mau dikata AFC sudah menutup semua pendaftaran yang membuat kesempatan membela Timnas di Piala Asia tertutup untuknya," kata Endri, usai menemani Jay mengambil sumpah.

Baca Juga: Senyum Jay Idzes Usai Sah Jadi Amunisi Baru Timnas

3. Kondisi Jay juga belum bugar

Alasan Jay Idzes Gak Bisa Ukir Debut di Piala Asia 2023Jay Idzes usai resmi menjadi WNI, Kamis (28/12/2023). (IDN Times/Tino).

Pun, andai proses naturalisasinya lebih cepat, Jay belum tentu bisa mengukir debutnya dalam turnamen yang dihelat Qatar nanti. Itu karena kondisinya belum pulih 100 persen.

Pemain keturunan Belanda itu masih membutuhkan beberapa pekan lagi untuk sembuh total dari penyakit oklusi vena retina. Imbas penyakit ini, Jay sudah absen 10 laga sejak 22 Oktober 2023.

"Kondisi saya semakin baik, semoga bisa segera bermain dalam beberapa pekan ke depan," ujar Jay.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya