Borussia Dortmund, Penakluk Grup Neraka Liga Champions

Dortmund lolos ke 16 besar Liga Champions

Jakarta, IDN Times - Performa Borussia Dortmund di Liga Champions musim 2023/24 begitu fantastis. Die Borussen berhasil menaklukkan Grup F yang terbilang neraka demi melaju ke babak 16 besar.

Hebatnya, Dortmund lolos usai berduel di San Siro, Rabu dini hari WIB (29/11/2023). Itu setelah Marco Reus dan kawan-kawan mempermalukan AC Milan dengan skor 3-1!

"Kami sangat senang bisa lolos lebih awal dari grup maut. Fakta kami berhasil memenangkan dua pertandingan tandang, juga tidak bisa dianggap remeh!" kata pelatih Dortmund, Edin Terzic, selepas laga dilansir laman resmi klub.

1. Lewati kepungan tim raksasa

Borussia Dortmund, Penakluk Grup Neraka Liga ChampionsSelebrasi pemain Dortmund usai membobol gawang AC Milan, Rabu (29/11/2023). (Twitter/@BlackYellow).

Dortmund memang masih menyisakan satu laga lagi, yakni melawan Paris Saint-Germain. Namun, torehan 10 poin sudah cukup membantu mereka finis di dua besar Grup F.

Laju Dortmund pun terbilang fantastis. Berada dalam kepungan PSG, Milan, dan Newcastle United, Dortmund sukses mengukir tiga kemenangan, sekali imbang, dan hanya sekali menelan kekalahan.

Namun, raksasa Jerman itu kurang produktif. Dalam lima laga di Grup F, Dortmund hanya mampu membukukan enam gol. Mereka tercatat sebagai pemuncak sementara dengan jumlah gol paling sedikit.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Dortmund dan Barcelona ke 16 Besar

2. Menangkan dua laga tandang

Borussia Dortmund, Penakluk Grup Neraka Liga ChampionsPotret dalam laga Milan vs Dortmund, Rabu (29/11/2023). (uefa.com).

Dalam perjalanannya, Dortmund berhasil memenangkan dua laga tandang. Selain Milan, Newcastle juga menjadi korban kegarangan Mats Hummels dan kolega, 26 Oktober 2023 lalu.

Menilik statistik, Dortmund ternyata memang punya riwayat bagus dalam laga tandang musim ini. Baru PSG dan Stuttgart yang mampu mencoreng tren positif tersebut.

"Kami sekarang telah berkembang dan menjadi skuad yang siap bekerja di lapangan. Kami hanya menciptakan kesalahan saat melawan Stuttgart, dan Paris," kata Hummels.

3. Dortmund fokus pemulihan

Borussia Dortmund, Penakluk Grup Neraka Liga ChampionsPotret Borussia Dortmund saat menghadapi AC Milan di Liga Champions 2023/24. (uefa.com).

Setelah dipastikan lolos, Dortmund fokus pemulihan. Itu karena Dortmund telah ditunggu Bayer Leverkusen yang tengah memimpin klasemen Bundesliga, Minggu (3/11/2023) mendatang.

"Kami sekarang tak terlalu memiliki banyak waktu buat pemulihan (untuk melawan Leverkusen)," kata Terzic.

Baca Juga: Daftar 10 Tim yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2023/24

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya