Profil Ferry Paulus, dari Persija Hingga Dirut PT LIB

Mampukah membuat kompetisi nasional lebih baik?

Jakarta, IDN Times - Ferry Paulus resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Selasa (15/11/2022). Jabatan itu sebelumnya diisi Akhmad Hadian Lukita, hingga akhirnya lengser usai dijadikan tersangka dalam Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022 silam.

Pria yang karib disapa FP itu tidak asing di sepak bola nasional, lantaran menjadi orang di balik layar Persija Jakarta. Pria 58 tahun ini memang sudah malang melintang di sepak bola nasional. Dia bahkan sempat menduduki posisi sebagai Komite Eksekutif PSSI.

Baca Juga: Jadi Dirut PT LIB, Ferry Mundur dari Persija

1. Presiden Persija sebelum Prapanca

Profil Ferry Paulus, dari Persija Hingga Dirut PT LIBCEO Persija Jakarta Ferry Paulus. (dok. ANTARA News/Persija Jakarta)

Pria kelahiran Jakarta, 22 Mei 1964 silam sempat menjadi bos Persija. Ferry pertama kali memimpin Persija pada 2011 hingga 2015 lalu. Saat itu, status Ferry adalah Ketua Umum Persija.

Ferry memang begitu lekat dengan Persija. Dia sempat menjadi Presiden Persija pada 2019 silam. Dia ditunjuk para pemegang saham Macan Kemayoran setelah Gede Widiade mundur dari jabatannya.

Setelah setahun menjadi Presiden Persija, Ferry digeser posisinya. Tepatnya pada 2020, dia mengisi kursi Direktur Olahraga Persija. Posisinya sebagai Presiden kini ditempati Mohamad Prapanca.

2. Lekat dengan pembinaan usia muda

Profil Ferry Paulus, dari Persija Hingga Dirut PT LIBDirektur Olahraga Persija, Ferry Paulus. (IDN Times/Sandy Firdaus))

Ferry sebenarnya juga lekat dengan pembinaan usia dini. Dia merupakan pemilik Akademi Villa 2000. Dari sinilah Ferry mengawali kiprahnya di sepak bola nasional.

Perlahan, Ferry merangkak naik ke level eksekutif sepak bola Indonesia. Dia sempat menjadi Pengurus Daerah DKI Jakarta, PSJS, sampai akhirnya menjabat sebagai Exco PSSI dan Dirut LIB.

Ferry juga pernah menjadi manajer Timnas Indonesia U-13 dan U-17. Itu terjadi pada 2004, 2005, dan 2006.

3. Tinggalkan Persija demi hindari konflik

Profil Ferry Paulus, dari Persija Hingga Dirut PT LIBLogo PT Liga Indonesia Baru di bendera pojok lapangan. (Liga-Indonesia.id)

Setelah resmi ditunjuk sebagai Dirut PT LIB, Ferry langsung meninggalkan jabatannya di Persija. Hal ini demi menghindari konflik kepentingan.

"Konflik kepentingan pasti tidak karena memang per hari ini saya mengundurkan diri sebagai Direktur Olahraga Persija," ujar Ferry dalam sesi jumpa pers di Hotel Sultan, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Ferry Paulus Diangkat Jadi Direktur Utama PT LIB

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya