Profil Nathan Tjoe-A-On: Bek Swansea yang Pengin Bela Timnas Indonesia

Calon bintang baru Timnas Indonesia!

Jakarta, IDN Times - Bek Swansea City, Nathan Tjoe-A-On sedang menjadi buah bibir di kalangan pencinta sepak bola tanah air. Itu setelah dirinya menyatakan siap membela Timnas Indonesia.

Nathan bersedia menjalani proses naturalisasi. Kehadiran pemain 21 tahun itu bisa membuat Shin Tae Yong tersenyum lebar, karena memiliki banyak opsi bek berkualitas.

"Pemain tersebut memang tertarik untuk dinaturalisasi ya. Dan pemain tersebut memang sudah sepakat. Tapi, saya belum bisa memutuskan karena belum melihat permainannya seperti apa. Setelah melihatnya nanti, akan dibicarakan dengan Pak Erick Thohir," kata Shin Tae Yong.

1. Siapa Nathan Tjoe-A-On?

Profil Nathan Tjoe-A-On: Bek Swansea yang Pengin Bela Timnas IndonesiaProfil Nathan Tjoe-A-On. (Instagram/@nathantjoeaon).

Nathan memiliki darah Indonesia dari kakeknya. Terungkap, ayah dari ibunya diketahui berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Karena sudah 21 tahun dan telah memegang paspor Belanda, Nathan harus menjalani naturalisasi, Dia harus melewati proses agak ruwet sebelum menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca Juga: Profil Rafael Struick, Naturalisasi Belanda Keturunan Semarang

2. Pernah dapat penghargaan di Eredivisie

Profil Nathan Tjoe-A-On: Bek Swansea yang Pengin Bela Timnas IndonesiaProfil Nathan Tjoe-A-On. (Instagram/@nathantjoeaon).

Menilik Transfermarkt, karier pemain kelahiran Rotterdam, Belanda itu bermula dari akademi Excelsior. Dia sempat menimba ilmu lebih dulu di tim kelompok umur sebelum akhirnya menembus skuad utama Excelsior.

Kariernya cukup mentereng. Bersama Excelsior, Nathan pernah menyabet penghargaan di Eredivisie. Berkat performa apiknya, dia dinobatkan sebagai Talent of the Month, pada September 2022 lalu.

Pada musim tersebut, Nathan menjadi pemain utama Excelsior di Eredivisie. Dia mencatat 29 penampilan, dengan satu gol dan sebiji assist.

3. Kini main di Inggris

Profil Nathan Tjoe-A-On: Bek Swansea yang Pengin Bela Timnas IndonesiaProfil Nathan Tjoe-A-On. (Instagram/@nathantjoeaon).

Kini, Nathan bermain di klub kasta kedua Inggris atau Divisi Championship bersama Swansea City. Dia ditebus klub asal Wales itu pada bursa transfer musim panas lalu.

Nathan pun berpotensi menjalani duel melawan pemain Indonesia yang kini membela Ipswich Town di Divisi Championship, yakni Elkan Baggott.

Namun, sejauh ini Nathan Tjoe-A-On belim juga melakoni debut hingga memasuki pekan kelima Championship. Namanya baru muncul di bangku cadangan ketika Swansea menjamu Bristol City pada pekan lalu.

Baca Juga: Klub Premier League Dukung Hubner Jalani Naturalisasi Buat Timnas U-20

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya