Kinerja 4 Gelandang Baru Liverpool pada 2023/2024, Szoboszlai Memukau!

Sebagian besar masih berusia muda

Liverpool melakukan perubahan yang signifikan pada musim panas 2023. Mereka harus melepas banyak pemain dengan kontribusi penting. Meski begitu, The Reds langsung menutup lubang yang ditinggalkan tersebut dengan mendatangkan tenaga baru yang memiliki umur lebih muda sehingga bisa menjadi proyek jangka panjang.

Liverpool lebih fokus untuk melakukan peremajaan lini tengah pada musim panas 2023 yang lalu. The Reds berhasil mendaratkan sebanyak empat gelandang baru ke Anfield untuk mengarungi ketatnya kompetisi pada 2023/2024. Siapa saja pesepak bola yang dimaksud tersebut dan seperti apa kinerja mereka sejauh ini? Yuk, baca tulisan di bawah ini!

1. Dominik Szoboszlai memberi angin segar di lini tengah Liverpool

Kinerja 4 Gelandang Baru Liverpool pada 2023/2024, Szoboszlai Memukau!Dominik Szoboszlai (instagram.com/szoboszlaidominik)

Dominik Szoboszlai merupakan gelandang tengah yang berhasil diboyong Liverpool dari RB Leipzig pada musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Szekesfehervar ini dianggap mempunyai potensi besar sehingga langsung disodori kontrak sampai 2028 untuk bertahan di Anfield. Kedatangannya diproyeksikan menambah kekuatan dan kreativitas di lini tengah The Reds.

Benar saja, Dominik Szoboszlai langsung memberi angin segar di lini tengah permainan Liverpool pada 2023/2024. Pemain kebangsaan Hungaria ini sering dipercaya Jurgen Klopp sebagai starter dan tampil selama 90 menit. Dirinya mempunyai kecepatan dan visi permainan luar biasa. Hingga minggu ke-10, Szoboszlai sudah berkontribusi dalam 14 pertandingan dengan mencetak 2 gol dan 2 assist di berbagai ajang untuk The Reds.

2. Alexis Mac Allister kerap diplot sebagai gelandang bertahan pada 2023/2024

Kinerja 4 Gelandang Baru Liverpool pada 2023/2024, Szoboszlai Memukau!Alexis Mac Allister (instagram.com/macallisteralexis)

Alexis Mac Allister sukses menjadi salah satu kunci permainan untuk Brighton and Hove Albion. Ini membuat namanya dikaitkan dengan beberapa tim raksasa Eropa. Pesepak bola kebangsaan Argentina ini lantas lebih memilih untuk pindah ke Liverpool pada musim panas 2023. Dirinya telah menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2028 bersama The Reds. 

Tak butuh waktu adaptasi lama, Alexis Mac Allister langsung menembus skuad utama dari Liverpool pada 2023/2024. Meski posisi aslinya gelandang tengah, Jurgen Klopp kerap menempatkannya sebagai gelandang bertahan dalam skema taktik The Reds. Dirinya mampu menjadi penghubung antarlini dan memiliki visi bermain yang baik. Sampai pekan ke-10, pesepak bola kelahiran Santa Rosa tersebut sudah diturunkan dalam 13 laga dengan menyumbang 1 assist.

Baca Juga: 8 Pemenang Piala Dunia yang Membela Liverpool, Terbaru Mac Allister

3. Ryan Gravenberch tak selalu dipasang sebagai starter Liverpool pada 2023/2024

Kinerja 4 Gelandang Baru Liverpool pada 2023/2024, Szoboszlai Memukau!Ryan Gravenberch (instagram.com/ryanjiro_)

Ryan Gravenberch kesulitan mendapat kesempatan secara reguler saat masih berseragam Bayern Munich. Pemain kebangsaan Belanda ini lebih sering berperan sebagai pelapis dari Leon Goretzka sehingga mendapat menit bermain yang tidak terlalu banyak. Gravenberch lantas mencari tantangan baru dengan menerima pinangan dari Liverpool pada musim panas 2023. Gelandang tengah 21 tahun ini langsung dipagari kontrak jangka panjang sampai 2028 bersama The Reds.

Sejauh ini, Ryan Gravenberch tak selalu dipasang oleh Jurgen Klopp sebagai pilihan utama mengawal lini tengah Liverpool pada 2023/2024. Meski begitu, dirinya bisa jadi faktor pembeda setiap kali diberikan kesempatan untuk membela The Reds. Hingga pekan ke-10, gelandang tengah kelahiran Amsterdam ini sudah tampil dalam 11 pertandingan dengan mengukir 2 gol dan 2 assist di berbagai ajang bersama tim asal Inggris tersebut.

4. Wataru Endo memperdalam kekuatan lini tengah Liverpool

Kinerja 4 Gelandang Baru Liverpool pada 2023/2024, Szoboszlai Memukau!Wataru Endo (instagram.com/endowataru)

Liverpool sempat mengincar Moises Caicedo dan Romeo Lavia untuk didaratkan ke Anfield pada musim panas 2023. Namun, mereka semua gagal didapatkan karena lebih memilih tawaran dari Chelsea. The Reds lantas mencari solusi dengan menghadirkan Wataru Endo dari Vfb Stuttgart. Pemain kebangsaan Jepang tersebut telah setuju menandatangani kontrak sampai 2027.

Wataru Endo tidak selalu masuk skuad utama Liverpool pada 2023/2024. Meski begitu, pemain kebangsaan Jepang ini mendapat jatah sebagai starter ketika The Reds mentas di Europa League dan EFL Cup. Kehadirannya sukses memperdalam kekuatan di lini tengah tim. Sampai minggu ke-10, gelandang bertahan tersebut sudah berkontribusi dalam 11 pertandingan dengan menyumbang 1 gol dan 1 assist di berbagai ajang.

Keempat gelandang baru tersebut telah memberikan kontribusi untuk Liverpool pada 2023/2024. Mereka semua cepat menyatu dengan sistem permainan The Reds sehingga tampil lebih kompetitif di berbagai ajang. Menurutmu, seberapa sukses Liverpool setelah kehadiran tenaga baru di lini tengah?

Baca Juga: 4 Klub yang Pernah Dibela Wataru Endo sebelum Liverpool

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya