9 Pemain Afrika Utara Meramaikan EPL 2023/2024, Ada Mohammed Salah

Didominasi pemain asal Maroko

Benua Afrika tak pernah kehabisan bibit-bibit menjanjikan di dunia sepak bola. Banyak pemain top asal Afrika yang sudah terbukti menunjukkan kontribusi luar biasa. Ini tentu membuat tim di Eropa tidak ragu mengarahkan radarnya untuk merekrut talenta potensial asal benua tersebut.

Afrika Utara menjadi salah satu wilayah yang mulai dikenal karena kemajuan sepak bolanya. Beberapa negara asal kawasan tersebut mampu menyumbang nama-nama pemain untuk berkompetisi di liga top Eropa. English Premier League (EPL) jadi salah satu tujuan favorit bagi para pesepak bola asal Afrika Utara melanjutkan karier.

Pada 2023/2024, ada sembilan pemain asal Afrika Utara yang menghiasi EPL. Siapa saja pesepak bola yang dimaksud dan bagaimana performanya sejauh ini?

1. Mohamed Salah masih menjadi andalan Liverpool pada 2023/2024

9 Pemain Afrika Utara Meramaikan EPL 2023/2024, Ada Mohammed SalahMohamed Salah (liverpoolfc.com)

Mohamed Salah merupakan penyerang sayap yang sudah bermain untuk Liverpool sejak 2017. Pesepak bola kebangsaan Mesir ini sukses menjelma jadi tulang punggung di lini depan The Reds. Dirinya bahkan sukses mempersembahkan berbagai gelar domestik dan Eropa untuk tim Merseyside, Inggris, tersebut.

Penyerang sayap 31 tahun ini masih menjadi salah satu kunci permainan Liverpool pada 2023/2024. Sampai pekan ke-7 Liga Inggris 2023/2024, ia telah bermain dalam 8 laga dengan menyumbang 4 gol dan 4 assist di berbagai ajang. Sejauh ini, Salah total mencatatkan 313 pertandingan dengan mengukir 190 gol dan 83 assist bersama The Reds.

2. Mohamed Elneny mulai tersisih dari skuad utama Arsenal

9 Pemain Afrika Utara Meramaikan EPL 2023/2024, Ada Mohammed SalahMohamed Elneny (arsena.com)

Selain Mohamed Salah, Mohamed Elneny menjadi pesepak bola asal Mesir yang Menghiasi EPL 2023/2024. Gelandang bertahan kelahiran Mahalla ini gabung dengan Arsenal sejak musim dingin 2016. Dirinya ikut berkontribusi mempersembahkan berbagai gelar domestik bagi The Gunners.

Mohamed Elneny perlahan mulai tersisih dari skuad utama Arsenal. Dirinya bahkan sempat menjalani masa peminjaman ke Besiktas untuk menambah menit bermain. Selain itu, pesepak bola 31 tahun ini pernah menderita cedera panjang sehingga performanya dinilai mulai menurun untuk jadi pilihan reguler di lini tengah The Gunners. Sampai pekan ke-7, Elneny baru diturunkan dalam satu laga pada ajang Carabao Cup pada 2023/2024.

3. Sofyan Amrabat gabung Manchester United dengan status pinjaman dari Fiorentina

9 Pemain Afrika Utara Meramaikan EPL 2023/2024, Ada Mohammed SalahSofyan Amrabat (manutd.com)

Sofyan Amrabat menjadi incaran banyak tim pada musim panas 2023. Gelandang asal Maroko ini kemudian memilih menerima pinangan Manchester United dengan status pinjaman dari Fiorentina. Dia rencananya akan bertahan di Old Trafford sampai 2024 dengan opsi pembelian.

Sofyan Amrabat sudah mendapat kepercayaan dari Erik ten Hag untuk melakukan debut bersama Manchester United. Meski posisi aslinya gelandang bertahan, pemain kelahiran Huizen, Belanda, ini mampu diplot sebagai bek kiri. Hingga pekan ke-7, dia telah tampil dalam 4 laga di berbagai ajang bersama Manchester United pada 2023/2024.

4. Hannibal Mejbri jebolan akademi Manchester United

9 Pemain Afrika Utara Meramaikan EPL 2023/2024, Ada Mohammed SalahHannibal Mejbri (instagram.com/hannibal.mj)

Hannibal Mejbri adalah jebolan akademi sepak bola Manchester United. Gelandang serang kebangsaan Tunisia ini telah tampil di berbagai kelompok umur. Performanya dianggap impresif sehingga ia punya kesempatan promosi ke skuad utama The Red Devils pada 2022. Namun, dia harus menjalani masa peminjaman terlebih dahulu ke Birmingham City untuk meningkatkan jam terbang.

Gelandang serang 20 tahun ini sudah diberikan kesempatan untuk membela Manchester United pada 2023/2024 meski belum diandalkan secara reguler. Hingga pekan ke-7, ia sudah bermain dalam 4 pertandingan dengan mencetak 1 gol di berbagai kompetisi. 

5. Nayef Aguerd menjelma jadi benteng kokoh pertahanan West Ham United

9 Pemain Afrika Utara Meramaikan EPL 2023/2024, Ada Mohammed SalahNayef Aguerd (whufc.com)

Nayef Aguerd merupakan bek tengah yang gabung dengan West Ham United setelah diboyong dari Stade Rennais pada musim panas 2022. Pesepak bola kebangsaan Maroko ini dianggap sebagai aset berharga sehingga dipagari kontrak jangka panjang sampai 2027. Namun, musim pertamanya berjalan tidak terlalu mulus karena harus absen lama akibat cedera pergelangan kaki yang ia derita.

Bek tengah kelahiran Kenitra, Maroko, ini bisa bangkit dan menjelma jadi benteng kokoh pertahanan West Ham United. Nayef Aguerd sering dipasang sebagai starter di lini belakang The Hammers. Hingga minggu ke-7, pemain 27 tahun ini tampil dalam 6 pertandingan dengan mengukir 1 gol di berbagai ajang pada 2023/2024.

Baca Juga: 8 Pemain Amerika Serikat di Premier League 2023/2024

6. Said Benrahma menjadi sosok penting di lini depan West Ham United

9 Pemain Afrika Utara Meramaikan EPL 2023/2024, Ada Mohammed SalahSaid Benrahma (whufc.com)

Said Benrahma adalah penyerang sayap yang awalnya gabung West Ham United dengan status pinjaman dari Brentford. Sanggup memenuhi ekspektasi, pemain kebangsaan Aljazair ini dipermanenkan pada musim dingin 2021. Benrahma pun setuju menandatangani kontrak sampai 2026 untuk bertahan di London Stadium.

Pesepak bola 28 tahun ini bisa menjadi sosok penting di lini depan dan kerap dipasang sebagai starter West Ham United. Selain penyerang sayap, dia mampu berperan jadi gelandang serang. Sampai minggu ke-7, Said Benrahma tampil dalam 8 pertandingan dengan menyumbang 1 assist di berbagai kompetisi 2023/2024. Secara total, ia sudah berkontribusi dalam 141 laga dengan mencetak 24 gol dan 19 assist untuk The Hammers.

7. Rayan Ait-Nouri bisa mendapat menit bermain untuk Wolverhampton Wanderers

https://www.youtube.com/embed/U22L_wzEdDw

Rayan Ait-Nouri gabung dengan Wolverhampton Wanderers dengan status pinjaman dari Angers SCO. Dirinya bisa menunjukkan performa menjanjikan sehingga dipermanenkan pada musim panas 2021. Pesepak bola kebangsaan Aljazair ini juga dikontrak sampai 2026. 

Meski masih berusia 22 tahun, Rayan Ait-Nouri mendapat cukup banyak menit bermain bersama Wolverhampton Wanderers pada 2023/2024. Sampai minggu ke-7, dirinya sudah tampil dalam 9 laga di berbagai ajang. Sejauh ini, bek kiri kelahiran Montreuil, Prancis, tersebut total mencatatkan 87 pertandingan dengan membuat 4 gol dan 8 assist.

8. Anass Zaroury ikut mengantarkan Burnley promosi ke EPL

https://www.youtube.com/embed/V6lqw8bEVsc

Anass Zaroury adalah penyerang sayap yang gabung Burnley dari RSC Charleroi pada musim panas 2022. Pesepak bola asal Maroko ini sukses menjelma jadi salah satu bagian penting dalam skema taktik tim. Dia juga ikut mengantarkan The Clarets menjuarai Championship 2022/2023 sehingga otomatis promosi ke EPL 2023/2024. Ini membuatnya mendapat perpanjangan kontrak sampai 2028.

Anass Zaroury ternyata kesulitan untuk menembus skuad utama Burnley pada 2023/2024. Dirinya lebih sering terlibat dari bangku cadangan The Clarets. Sampai pekan ke-7, pemain kelahiran Mechelen, Belgia, ini tampil dalam 4 pertandingan dengan menyumbang 3 assist di berbagai ajang. Secara total sejauh ini, dirinya sudah total bermain dalam 43 laga dengan mencetak 10 gol dan 9 assist bagi tim asal Lancashire, Inggris, tersebut.

9. Anis Slimane sulit mendapat kesempatan secara reguler bersama Sheffield United

https://www.youtube.com/embed/K5Z1Qpu9lXs

Sheffield United berhasil mendapat jatah promosi ke EPL 2023/2024. Tak ingin hanya sekadar numpang lewat, tim berjuluk The Blades ini melakukan pembenahan pada musim panas 2023. Anis Slimane menjadi salah satu rekrutan yang didaratkan ke Bramall Lane. Gelandang tengah asal Tunisia ini setuju menandatangani kontrak sampai 2026 dengan opsi tambahan 1 tahun.

Sejauh ini, Anis Slimane kesulitan mendapat kesempatan secara reguler bersama Sheffield United. Dirinya selalu hadir sebagai pengganti sehingga memperoleh menit bermain yang belum terlalu banyak. Sampai minggu ke-7, pemain kelahiran Kopenhagen, Denmark, ini baru tampil dalam 3 laga di berbagai ajang pada 2023/2024.

Kesembilan pemain Afrika Utara di atas menghiasi EPL 2023/2024. Beberapa dari mereka ada yang sudah menjadi bagian penting dalam timnya dan ada yang masih belum mendapat kesempatan secara reguler. Menurutmu, siapa pemain asal Afrika Utara yang nantinya bisa menunjukkan penampilan konsisten hingga memiliki karier panjang di Premier League?

Baca Juga: 5 Keputusan Kontroversial Wasit Premier League pada 2023

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya