Performa 5 Penggawa Anyar Valencia sampai Minggu Ke-16 2023/2024

Ada yang berstatus pinjaman dari tim lain

Valencia mengalami perjalanan yang berat sepanjang 2022/2023. Mereka sering menampilkan performa yang angin-anginan. Hal tersebut berdampak dengan dipecatnya Gennaro Gattuso dari jabatan pelatih pada Januari 2023. Los Ches kemudian ditangani oleh Voro sebagai juru taktik sementara. 

Manajemen Valencia kemudian sepakat menunjuk Ruben Baraja sebagai pelatih baru pada Februari 2023. Juru taktik asal Spanyol tersebut mendapat kontrak sampai 2025 demi bertahan di Mestalla Stadium. Beruntung, Los Ches tidak terdegradasi karena menduduki peringkat ke-16 LaLiga 2022/2023.

Tak ingin mengulangi kesalahan yang sama, Valencia melakukan pembenahan pada musim panas 2023 yang lalu. Mereka melepas banyak pemain sehingga menghasilkan dana segar untuk berbelanja. Los Ches lantas mendatangkan sekitar lima penggawa anyar yang dirasa lebih cocok dengan skema taktik. Siapa saja penggawa baru tersebut dan seperti apa performanya sampai minggu ke-16 2023/2024? Mari baca tulisan di bawah ini!

1. Sergi Canos lebih sering memulai laga sebagai pengganti karena ketatnya persaingan lini depan

Performa 5 Penggawa Anyar Valencia sampai Minggu Ke-16 2023/2024Sergi Canos (twitter.com/sergicanos)

Sergi Canos gagal mempertahankan tempatnya di skuad utama Brentford. Dirinya bahkan sempat menjalani masa peminjaman bersama Olympiacos demi mendapat menit bermain. Pemain kebangsaan Spanyol ini lantas benar-benar dilepas secara permanen ke Valencia pada musim panas 2023. Penyerang sayap tersebut setuju menandatangani kontrak sampai 2027 demi bertahan di Mestalla Stadium.

Sergi Canos tak selalu dipasang jadi pilihan utama Valencia pada 2023/2024. Dirinya lebih sering memulai laga sebagai pengganti karena ketatnya persaingan di lini depan Los Ches. Pemain kelahiran Nules ini juga sempat mengalami cedera lutut sehingga harus beberapa kali absen. Meski begitu, kehadirannya bisa diplot menjadi penyerang sayap dan gelandang tergantung kebutuhan tim. Sampai pekan ke-16, Canos sendiri sudah tampil sebanyak sebelas pertandingan di berbagai kompetisi.

2. Cenk Ozkacar mulai sering jadi penghangat bangku cadangan Valencia pada 2023/2024

Performa 5 Penggawa Anyar Valencia sampai Minggu Ke-16 2023/2024Cenk Ozkacar (instagram.com/cenkozkacar)

Cenk Ozkacar pertama kali bergabung dengan Valencia dengan status pinjaman dari Olympique Lyon. Dirinya ketika itu lebih sering menghabiskan waktu sebagai cadangan dari Los Ches. Meski begitu, bek tengah kebangsaan Turki ini dinilai mempunyai potensi yang menjanjikan sehingga dipermanenkan pada musim panas 2023. Dia langsung disodori kontrak jangka panjang sampai 2028.

Awalnya Cenk Ozkacar bisa jadi pilihan utama di jantung pertahanan Valencia pada 2023/2024. Kariernya ternyata berjalan tidak sesuai harapan, dia sempat mengalami cedera lutut sehingga melewatkan beberapa laga bersama Los Ches. Selepas pulih, bek tengah 23 tahun ini mulai tergeser dari tim inti. Ini membuatnya lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan. Sampai pekan ke-16, Ozkacar sendiri baru bermain dalam sembilan pertandingan di berbagai ajang.

Baca Juga: Kiprah 5 Penggawa Anyar Everton pada Awal 2023/2024, Ada Veteran!

3. Pepelu berhasil menjelma jadi salah satu instrumen penting Valencia pada 2023/2024

Performa 5 Penggawa Anyar Valencia sampai Minggu Ke-16 2023/2024Pepelu (instagram.com/pepelug8)

Pepelu merupakan gelandang bertahan yang gabung dengan Valencia setelah didatangkan dari Levante pada musim panas 2023. Pemain kelahiran Denia ini dianggap sebagai pembelian penting sehingga dipagari kontrak jangka panjang sampai 2028. Kedatangannya tentu berguna untuk menguatkan sektor tengah serta membantu memperkokoh pertahanan Los Ches.

Benar saja, Pepelu berhasil menjelma sebagai salah satu instrumen penting dalam permainan Valencia pada 2023/2024. Dirinya kerap diturunkan menjadi starter dan tampil selama 90 menit. Ruben Baraja juga bisa menugaskannya jadi gelandang bertahan dan gelandang tengah tergantung kebutuhan taktik Los Ches. Hingga minggu ke-16, dia telah berkontribusi sebanyak 16 pertandingan dengan mencetak 2 gol di LaLiga.

4. Selim Amallah dipinjam Valencia dari Real Valladolid pada musim panas 2023

Performa 5 Penggawa Anyar Valencia sampai Minggu Ke-16 2023/2024Selim Amallah (instagram.com/selim_amallah)

Selim Amallah adalah gelandang serang yang dipinjam Valencia dari Real Valladolid pada musim panas 2023. Pesepak bola kebangsaan Maroko ini rencananya berseragam Los Ches sampai 2024 dengan opsi pembelian. Dia diproyeksikan untuk meningkatkan kreativitas lini depan serta menjadi opsi serangan bagi tim asal Spanyol tersebut.

Meski masih berstatus pinjaman, Selim Amallah cukup sering mendapat kesempatan untuk tampil sebagai starter Valencia pada 2023/2024. Selain gelandang serang, pesepak bola kelahiran Hautrage tersebut pernah diplot jadi gelandang kanan dan penyerang sayap untuk Los Ches. Sampai minggu ke-16, Amallah sendiri telah bermain sebanyak 13 laga dengan mencetak 1 assist di berbagai ajang.

5. Roman Yaremchuk kalah bersaing dengan Hugo Duro sebagai ujung tombak utama Valencia

Performa 5 Penggawa Anyar Valencia sampai Minggu Ke-16 2023/2024Roman Yaremchuk (valenciacf.com)

Selain Selim Amallah, Valencia juga meminjam Roman Yaremchuk dari Club Brugge pada deadline musim panas 2023. Penyerang 28 tahun ini akan tampil bersama Los Ches sampai 2024 dengan opsi pembelian. Pengalamannya berpotensi menambah kedalaman dan meningkatkan produktivitas gol lini depan tim asal Spanyol tersebut.

Pesepak bola asal Ukraina ini ternyata masih kesulitan menembus skuad utama dari Valencia pada 2023/2024. Sejauh ini, dirinya kalah bersaing dengan Hugo Duro sebagai ujung tombak utama Los Ches. Hal tersebut menyebabkan menit bermainnya tidak terlalu banyak. Sampai pekan ke-16, Roman Yaremchuk bermain dalam 12 pertandingan dengan mengukir 1 gol di berbagai ajang.

Kelima penggawa anyar tersebut sudah berkontribusi terhadap performa Valencia sampai minggu ke-16 2023/2024. Sebagian besar dari mereka masih sering dirotasi sehingga beberapa kali harus memulai laga sebagai pengganti. Sejauh ini, hanya Pepelu yang bisa masuk skuad utama dan jadi salah satu kunci permainan Los Ches. Meski begitu, para pemain di atas berhasil menambah kedalaman di berbagai posisi.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Membela Klub Serie A

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya