Rapor 6 Rekrutan Baru AZ Alkmaar pada Awal 2023/2024, Penuh Bakat Muda

Ada yang didapatkan secara gratis

AZ Alkmaar menjelma sebagai kuda hitam pada 2022/2023. De Kaasboeren berhasil berada di peringkat keempat Eredivise sehingga berhak mengikuti kualifikasi Liga Konferensi Eropa 2023/2024. Performa mengesankan tersebut membuat penggawa tim asal Belanda ini jadi komoditas rebutan pada musim panas 2023 yang lalu. Benar saja, klub asuhan Pascal Jansen ini harus ditinggal oleh beberapa pemain dan salah satunya adalah Tijjani Reijnders yang menerima tawaran dari AC Milan.

AZ Alkmaar kemudian melakukan perombakan skuad dengan mendatangkan tenaga baru untuk mengarungi ketatnya kompetisi pada 2023/2024. Tim asuhan Pascal Jansen ini berhasil mendaratkan sebanyak enam rekrutan baru ke AFAS Stadium. Siapa saja penggawa yang bergabung tersebut dan seperti apa rapornya bersama De Kaasboeren pada awal musim? Berikut ini ulasannya!

1. Alexandre Penetra jadi instrumen penting di lini belakang AZ Alkmaar

Rapor 6 Rekrutan Baru AZ Alkmaar pada Awal 2023/2024, Penuh Bakat MudaAlexandre Penetra (instagram.com/penetra_6)

Alexandre Penetra adalah bek tengah yang didapatkan AZ Alkmaar dari Famalicao pada musim panas 2023. Pemain kelahiran Satao ini dianggap sebagai prospek menjanjikan sehingga mendapat kontrak jangka panjang sampai 2028. Kehadirannya diproyeksikan jadi benteng kokoh di jantung pertahanan De Kaasboeren.

Benar saja, Alexandre Penetra bisa bertransformasi sebagai instrumen penting di lini belakang AZ Alkmaar pada 2023/2024. Meski masih 22 tahun, dirinya kerap mendapat kepercayaan Pascal Jansen untuk tampil menjadi starter di berbagai ajang. Hal tersebut tentu jadi bekal berharga untuk menambah pengalaman. Sampai minggu ke-13, Penetra sendiri tercatat telah bermain dalam 15 pertandingan bersama De Kaasboeren.

2. Ibrahim Sadiq kalah bersaing dengan Mayckel Lahdo dalam mengisi posisi sayap kanan

Rapor 6 Rekrutan Baru AZ Alkmaar pada Awal 2023/2024, Penuh Bakat MudaIbrahim Sadiq (instagram.com/azalkmaar dan ibrah.sadiq37)

Ibrahim Sadiq menunjukkan permainan yang menjanjikan saat masih membela BK Hacken. Portofolio tersebut berhasil menarik perhatian dari AZ Alkmaar sehingga mendatangkannya pada deadline musim panas 2023. Penyerang sayap kebangsaan Ghana ini telah setuju untuk menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2028 demi bertahan di AFAS Stadium.

Sejauh ini, Ibrahim Sadiq masih kesulitan untuk menjadi bagian inti permainan AZ Alkmaar pada 2023/2024. Pemain kelahiran Accra ini lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan. Dirinya kalah bersaing dengan Mayckel Lahdo dalam mengisi posisi sayap kanan De Kaasboeren. Hingga pekan ke-13, dia sudah berkontribusi dalam 11 laga dengan menyumbang 1 gol dan 1 assist di berbagai ajang.

3. David Moller Wolfe datang untuk menggantikan Milos Kerkez yang memilih pergi ke Bournemouth

Rapor 6 Rekrutan Baru AZ Alkmaar pada Awal 2023/2024, Penuh Bakat MudaDavid Moller Wolfe (twitter.com/AZAlkmaar)

David Moller Wolfe merupakan bek kiri yang diboyong AZ Alkmaar dari SK Brann pada musim panas 2023. Pemain kebangsaan Norwegia ini langsung disodori kontrak jangka panjang sampai 2028 bersama De Kaasboeren. Kedatangannya untuk menggantikan posisi dari Milos Kerkez yang memilih melanjutkan karier dengan Bournemouth.

Tak butuh waktu adaptasi, David Moller Wolfe langsung berhasil menembus skuad utama dari AZ Alkmaar pada 2023/2024. Posisinya sulit tergeser untuk menjaga sisi kiri pertahanan tim asal Belanda tersebut. Hingga minggu ke-13, pemain 21 tahun ini sudah diturunkan dalam 20 pertandingan dengan membuat 1 assist di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 4 Pemain AZ Alkmaar yang Hengkang ke Serie A pada Musim Panas 2023

4. Denso Kasius lebih sering jadi pelapis Yukinari Sugawara di sisi kanan pertahanan AZ Alkmaar

Rapor 6 Rekrutan Baru AZ Alkmaar pada Awal 2023/2024, Penuh Bakat MudaDenso Kasius (twitter.com/AZAlkmaar)

Denso Kasius bergabung secara gratis dengan AZ Alkmaar dari Bologna pada musim panas 2023/2024. Bek kanan 21 tahun ini sepakat menandatangani kontrak sampai 2027 untuk bertahan di AFAS Stadium. Kehadirannya diplot untuk menambah kekuatan di sektor pertahanan dan membantu serangan melalui sayap.

Denso Kasius ternyata lebih sering menghabiskan waktu menjadi pelapis untuk AZ Alkmaar pada 2023/2024. Pemain kebangsaan Belanda ini belum bisa menggeser Yukinari Sugawara sebagai bek kanan De Kaasboeren. Hal tersebut membuatnya tidak mendapat menit bermain yang banyak. Sampai pekan ke-13, dia sudah dimainkan sebanyak 10 pertandingan dengan mengukir 1 gol di berbagai ajang.

5. Tiago Dantas dipinjam AZ Alkmaar dari Benfica pada musim panas 2023

Rapor 6 Rekrutan Baru AZ Alkmaar pada Awal 2023/2024, Penuh Bakat MudaTiago Dantas (instagram.com/tiagodantas86)

Tiago Dantas adalah gelandang tengah yang merapat ke AZ Alkmaar dengan status sebagai pinjaman dari Benfica pada musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Lisboa ini rencananya membela De Kaasboeren sampai 2024 dengan opsi pembelian. Dirinya gabung untuk menambah daya kreativitas dan memperlancar aliran bola di lini tengah.

Pesepak bola 22 tahun ini sempat mengalami cedera pada awal kedatangannya membela AZ Alkmaar. Hal tersebut membuatnya harus absen dalam beberapa pertandingan. Selepas pulih, Tiago Dantas lebih sering menjalankan peran sebagai pemain pengganti sehingga tidak bisa menunjukkan kontribusi yang optimal. Sampai minggu ke-13, dia baru tampil dalam 8 laga dengan membuat 1 gol di berbagai ajang.

6. Ruben van Bommel tak selalu mendapat kesempatan reguler bersama AZ Alkmaar

Rapor 6 Rekrutan Baru AZ Alkmaar pada Awal 2023/2024, Penuh Bakat MudaRuben van Bommel (instagram.com/rubenvanbommel)

Ruben van Bommel merupakan penyerang sayap yang didapatkan AZ Alkmaar dari MVV Maastricht pada musim panas 2023. Dia setuju untuk bergabung dengan De Kaasboeren sampai 2027. Pemain kebangsaan Belanda ini berpotensi menambah daya gedor dan kreativitas lini depan.

Ruben van Bommel tak selalu mendapat kesempatan reguler bersama AZ Alkmaar pada 2023/2024. Pesepak bola kelahiran Meerssen ini beberapa kali dimainkan sebagai pelapis dalam skema permainan De Kaasboeren. Dirinya harus bergantian dengan Myron van Brederode dalam mengisi slot penyerang sayap kanan. Hingga minggu ke-13, dia telah tampil sebanyak 15 laga dengan membuat 4 gol dan 1 assist di berbagai kompetisi.

Keenam rekrutan baru di atas sudah ikut berkontribusi terhadap permainan AZ Alkmaar pada awal 2023/2024. Alexandre Penetra dan David Moller Wolfe berhasil menjadi bagian penting dalam skema permainan tim asal Belanda tersebut, sementara penggawa lain sering berperan sebagai pelapis. Meski begitu, mereka semua masih berusia muda sehingga berpeluang besar mencapai potensi terbaiknya dan jadi faktor pembeda untuk De Kaasboeren.

Baca Juga: Performa 5 Pemain Jebolan Akademi di Tim Senior AZ Alkmaar 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya