5 Pemain Bayern Munich Diprediksi Absen saat Big Match Lawan Dortmund

Bayern sedang dilanda krisis di lini pertahanan

Bayern Munich baru saja dipermalukan oleh tim dari Divisi Tiga Liga Jerman, 1. FC Saarbuecken, dengan skor 2-1 pada putaran kedua Piala DFB, Kamis (2/11/2023) dini hari WIB. Gara-gara kekalahan tersebut, Die Roten harus merelakan dua potensi trofi pada musim 2023/2024 menguap karena sebelumnya mereka juga kalah di final DFL Supercup melawan RB Leipzig pada Agustus 2023.

Tengah dalam suasana memalukan untuk tim sekelas Bayern Munich, mereka malah mesti menatap big match di lanjutan Bundesliga Jerman 2023/2024 menghadapi Borussia Dortmund, Minggu (5/11/2023), dengan kondisi tak optimal. Pertandingan bertajuk derbi Der Klassiker sejatinya cukup istimewa karena kedua tim belum terkalahkan di Bundesliga hingga pekan kesembilan. Namun, The Bavarians berpotensi tidak bakal tampil optimal akibat cedera dan akumulasi kartu yang diterima beberapa pemain. Sanggupkah Bayern Munich memperbaiki keadaan dalam kondisi seperti ini?

1. Joshua Kimmich harus absen akibat akumulasi kartu

5 Pemain Bayern Munich Diprediksi Absen saat Big Match Lawan DortmundJoshua Kimmich (fcbayern.com)

Gelandang bertahan Bayern Munich, Joshua Kimmich, dipastikan absen di pertandingan melawan Borussia Dortmund akhir pekan ini. Ini disebabkan dirinya mendapat kartu merah saat menghadapi SV Darmstadt 98 pada pekan kesembilan Bundesliga Jerman. Ia mendapatkan kartu merah pada menit keempat setelah menjatuhkan pemain Darmstadt, Marvin Mehlem, saat akan berhadapan satu lawan satu dengan Manuel Neuer.

Akibatnya, Kimmich harus absen selama dua pertandingan di liga domestik, termasuk di laga Der Klassiker. Bayern Munich akan berusaha untuk mengatasi absennya Kimmich dengan mengandalkan pemain lain. Konrad Laimer bisa menjadi opsi terbaik dalam mengisi lini tengah Die Roten yang ditinggalkan Kimmich.

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Menangani Timnas Jerman dan Bayern Munich

2. Leon Goretzka masih diragukan tampil di Der Klassiker akibat cedera patah tangan

5 Pemain Bayern Munich Diprediksi Absen saat Big Match Lawan DortmundLeon Goretzka (instagram.com/leon_goretzka)

Leon Goretzka diketahui mengalami cedera patah tangan saat melawan FSV Mainz 05, Sabtu (21/10/2023). Penggawa Timnas Jerman itu telah menjalani operasi dan sedang dalam masa pemulihan. Namun, belum ada kepastian apakah ia bisa diturunkan di laga Der Klassiker terdekat.

Dilansir Bavarian Football Works, sang pemain sudah kembali ke arena latihan pada pekan ini. Hal ini menambah harapan bahwa ia bisa tampil di laga melawan Borussia Dortmund nanti. Pelatih Bayern Munich, Thomas Tuchel, masih akan menunggu perkembangan kondisi Goretzka sebelum mengambil keputusan.

3. Matthijs de Ligt menjadi pemain Bayern Munich terbaru yang mengalami cedera

5 Pemain Bayern Munich Diprediksi Absen saat Big Match Lawan DortmundMatthijs de Ligt (fcbayern.com)

Bayern Munich harus mengalami nasib buruk kala melakoni pertandingan Piala DFB, Kamis (2/11/2023) kemarin. Mereka harus tersingkir dari kompetisi setelah dikalahkan oleh tim dari Divisi Tiga Liga Jerman, 1. FC Saarbuecken. Selain itu, Die Roten kemungkinan besar juga harus kehilangan Matthijs de Ligt yang mengalami cedera saat laga tersebut. 

Bek asal Belanda ini terpaksa ditarik keluar dari lapangan pada menit ke-25 setelah mengalami cedera pada lutut kanannya. Laporan awal mengungkapkan bahwa dirinya mengalami cedera ligamen. Meski belum ada rilis resmi dari klub mengenai cedera yang dialami de Ligt, makin tipisnya lini pertahanan jadi sinyal buruk bagi Die Roten.

4. Dayot Upamecano diharapkan bisa bermain di saat krisis bek di Bayern Munich

5 Pemain Bayern Munich Diprediksi Absen saat Big Match Lawan DortmundDayot Upamecano (instagram.com/upamecano)

Bek tengah Bayern Munich asal Prancis, Dayot Upamecano, mengalami cedera hamstring pada kaki kirinya. Cedera ini ia peroleh saat Die Roten menghadapi SC Freiburg pada pekan ketujuh Bundesliga Jerman. Dirinya telah melewatkan empat pertandingan akibat cedera tersebut. 

Dilansir situs resmi klub, Upamecano telah kembali berlatih secara personal dan masih dalam masa pemulihan. Ia dikabarkan akan masuk ke dalam skuad Die Roten di laga Der Klassiker mengingat kini The Bavarians sedang mengalami krisis bek setelah Matthijs de Ligt juga cedera. Namun, tampaknya akan terlalu berisiko jika ia benar-benar akan diturunkan di laga melawan Borussia Dortmund esok.

5. Raphael Guerreiro masih belum pasti akan turun menghadapi mantan klubnya

5 Pemain Bayern Munich Diprediksi Absen saat Big Match Lawan DortmundRaphael Guerreiro (fcbayern.com)

Pemain baru Bayern Munich yang direkrut dari Borussia Dortmund, Raphael Guerreiro, dikabarkan masih dalam pemulihan cedera otot paha saat menjalani latihan. Akibat cedera tersebut, ia harus absen di lima pertandingan The Bavarians di Bundesliga Jerman. Selain itu, dirinya juga tidak dapat memenuhi panggilan Timnas Portugal pada jeda internasional Oktober 2023. 

Guerreiro baru bermain di dua laga bersama Bayern di semua kompetisi. Ia melakukan debut perdananya saat Die Roten menghadapi Preussen Muenster pada putaran pertama Piala DFB. Ia diprediksi bakal masuk skuad saat menghadapi mantan klubnya pada spieltag ke-10 nanti meski belum ada konfirmasi resmi dari klub.

Dengan absennya beberapa pemain kunci, Bayern Munich menatap laga Der Klassiker dengan kekuatan tak utuh. Siapa yang bakal mempertahankan rekor tak terkalahkan di Bundesliga Jerman 2023/2024? 

Baca Juga: Mengenal Frans Kraetzig, Calon Bintang Masa Depan Bayern Munich

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya