4 Pemain Brasil Jebolan Piala Dunia U-17 2009 yang Menjadi Bintang

Ada yang kariernya meredup setelah dibeli mahal

Piala Dunia U-17 2023 sebentar lagi akan bergulir di Indonesia pada 10 November—2 Desember 2023. Tak dimungkiri bahwa gelaran Piala Dunia U-17 telah melahirkan banyak bintang sepak bola di seluruh dunia. Tak terkecuali bagi Brasil yang telah menjuarai Piala Dunia U-17 sebanyak 4 kali sejak pertama kali digelar pada 1985.

Sang juara dunia edisi 2019 ini tercatat pernah tampil buruk pada Piala Dunia U-17 2009 di Nigeria. Selecao saat itu gagal lolos di fase penyisihan grup dengan hanya bertengger di peringkat ketiga Grup B. Meski begitu, beberapa alumni skuad Brasil pada Piala Dunia U-17 2009 kini menjelma menjadi bintang sepak bola di Eropa dengan segudang prestasi.

Kira-kira, siapa sajakah pemain Brasil jebolan Piala Dunia U-17 2009 yang menjadi bintang sepak bola? Berikut daftarnya.

1. Neymar kini menjadi top skor sepanjang masa Timnas Brasil

4 Pemain Brasil Jebolan Piala Dunia U-17 2009 yang Menjadi BintangNeymar (neymarjr.com)

Neymar merupakan salah satu bagian skuad Timnas Brasil yang mengikuti Piala Dunia U-17 2009 di Nigeria. Ia kala itu masih bermain untuk Santos, klub pertama dalam karier sepak bolanya. Di turnamen tersebut, dirinya hanya mencetak 1 gol dari 3 pertandingan yang dilaluinya di penyisihan grup.

Sejak saat itu, bakatnya mulai tercium para pencari bakat dari berbagai klub di Eropa. Masyarakat Brasil sampai-sampai menjulukinya sebagai titisan Ronaldinho karena kemampuan individunya yang mengesankan. Kini, Neymar menjadi pencetak gol terbanyak Timnas Brasil sepanjang masa dengan 128 gol, menyalip rekor legenda sepanjang masa, Pele, yang mengoleksi 92 gol.

2. Casemiro meraih banyak gelar juara bersama Real Madrid

4 Pemain Brasil Jebolan Piala Dunia U-17 2009 yang Menjadi BintangCasemiro (fifa.com)

Selain Neymar, Casemiro merupakan salah satu penggawa Timnas Brasil di ajang Piala Dunia U-17 2009 Nigeria. Dirinya pada saat itu diberi kesempatan 2 kali tampil dari 3 pertandingan yang dijalani Selecao. Meski gagal membawa Brasil lolos di fase grup, dirinya menjadi salah satu bagian dari skuad U-20 Brasil saat menjuarai Piala Dunia 2011 yang diadakan di Kolombia.

Casemiro kini bermain untuk Manchester United. Pemain yang berposisi gelandang ini meraih puncak kariernya saat merumput bersama Real Madrid dan memperoleh berbagai gelar bergengsi. Selama delapan musim membela Los Blancos, ia meraih 5 juara Liga Champions Eropa, 3 juara Piala Dunia Antarklub, dan 3 juara LaLiga Spanyol.

Baca Juga: Casemiro Diam-diam Mengidolakan Lionel Messi

3. Alisson Becker dianggap sebagai salah satu kiper terbaik dunia saat ini

4 Pemain Brasil Jebolan Piala Dunia U-17 2009 yang Menjadi BintangAlisson Becker (liverpoolfc.com)

Alisson Becker juga bermain untuk Timnas Brasil di ajang Piala Dunia U-17 2009 Nigeria. Dirinya turun di semua pertandingan Brasil di turnamen tersebut meskipun sang penjaga gawang utama gagal mencatatkan clean sheet di turnamen tersebut. Kala itu, ia masih bermain untuk klub pertamanya, Internacional, di Liga Brasil.

Pada 2016, Alisson diboyong AS Roma dari Internacional dan bermain untuk I Giallorossi selama dua musim. Dirinya kemudian berlabuh ke Liverpool pada Juli 2018 dan diakui sebagai salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Bersama The Reds, ia menjuarai Liga Champions Eropa musim 2018/2019 dan pada musim yang sama Alisson juga meraih gelar juara Copa America bersama Timnas Brasil.

4. Sempat bersinar bersama Liverpool, karier Philippe Coutinho kini makin meredup

4 Pemain Brasil Jebolan Piala Dunia U-17 2009 yang Menjadi BintangPhilippe Coutinho (cbf.com.br)

Philippe Coutinho bisa dibilang tampil gemilang saat bermain untuk Timnas Brasil saat kualifikasi Piala Dunia U-17 2009. Ia menjadi penentu kemenangan saat Brasil menghadapi Paraguay dan Peru sehingga membawa negaranya lolos ke Piala Dunia U-17 2009 Nigeria. Namun, kegemilangannya di babak kualifikasi tidak mampu membawa Selecao lolos di penyisihan Grup B.

Coutinho mulai menunjukkan sinarnya ketika bermain untuk Liverpool saat ia berhasil mencetak 54 gol dan 45 assist dalam 201 penampilannya bersama The Reds. Dirinya kemudian dibeli Barcelona seharga 135 juta euro (Rp 2,2 triliun) yang sekaligus memecahkan rekor transfer klub. Sayangnya, kariernya di Barcelona mulai meredup dan menjalani masa peminjaman ke Bayern Munich dan Aston Villa hingga kini terjerembab ke Liga Qatar bersama Al-Duhail.

Keberhasilan Neymar, Casemiro, Alisson, dan Coutinho di level senior menjadi bukti bahwa Piala Dunia U-17 merupakan ajang yang sangat bergengsi. Ajang ini menjadi panggung bagi para pemain muda berbakat untuk menunjukkan kualitas mereka dan meraih kesuksesan di level senior. Diharapkan para pemain muda Indonesia dapat memanfaatkan ajang ini untuk menunjukkan kualitas mereka dan meraih kesuksesan di level senior.

Baca Juga: 7 Pemain Spanyol Jebolan Piala Dunia U-17 yang Juara Piala Dunia 2010

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya