3 Pemain Uruguay yang Pernah Bermain untuk Liverpool

Tidak semuanya punya karier cemerlang

Amerika Selatan telah dikenal secara luas sebagai salah satu produsen talenta sepak bola terbaik di dunia. Banyak klub-klub top Eropa menggunakan jasa pemain Amerika Selatan untuk memperkuat skuad mereka. Liverpool, salah satu klub top Eropa, juga memiliki sejarah yang panjang dalam mendatangkan pemain asal Amerika Selatan.

Salah satu negara yang telah menyumbangkan pemain berbakat untuk Liverpool adalah Uruguay. Darwin Nunez menjadi pemain teranyar asal Uruguay yang kini membela The Reds. Sebelum Nunez, sudah ada dua pemain Uruguay lainnya yang pernah bermain Liverpool.

1. Darwin Nunez sempat kesulitan beradaptasi pada musim pertamanya bersama Liverpool pada 2022

3 Pemain Uruguay yang Pernah Bermain untuk LiverpoolDarwin Nunez (liverpoolfc.com)

Darwin Nunez merupakan pemain yang berposisi sebagai penyerang. Ia bergabung dengan Liverpool pada Juni 2022 lalu. Prestasinya bersama klub sebelumnya, Benfica, dengan torehan 48 gol dalam 85 penampilan mengantarkannya menjadi top scorer di divisi utama Liga Portugal pada 2021/2022. Ini membuat Manajer Liverpool Juergen Klopp tertarik merekrutnya sebagai suksesor Roberto Firmino.

Kepindahannya ke Liverpool juga menjadi rekor pembelian termahal klub dengan banderol 85 juta pound sterling (senilai Rp 1,6 triliun). Dirinya sempat mengalami masa-masa sulit pada musim pertamanya bersama The Reds hingga mendapat banyak kritik dan cemoohan dari para penggemar. Namun, kini ia mampu membuktikan dirinya layak mendapatkan waktu bermain secara reguler bersama Liverpool pada 2023/2024.

Baca Juga: 4 Pemain Kebangsaan Uruguay yang Meramaikan EPL 2023/2024, Ada Nunez!

2. Tampil ganas, Luis Suarez jadi yang pemain Uruguay tersukses di Liverpool

3 Pemain Uruguay yang Pernah Bermain untuk LiverpoolLuis Suarez (liverpoolfc.com)

Luis Suarez dianggap sebagai salah satu striker terhebat yang pernah dimiliki Liverpool. Dirinya bergabung dengan Liverpool pada Januari 2011 dari Ajax Amsterdam. Ia memberikan dampak positif bagi tim dengan mencetak 82 gol selama 3,5 tahun kariernya di Anfield. Puncak kariernya terjadi pada 2013/2014. Saat itu, ia menjadi top scorer dengan 31 gol dari 33 pertandingan di English Premier League (EPL). Ia juga meraih penghargaan PFA Player of the Year pada 2014.

Meski kariernya di Liverpool terbilang sukses, Suarez dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Salah satu yang paling diingat adalah tindakan rasialnya kepada Patrice Evra, yang membuatnya mendapatkan sanksi larangan bertanding selama delapan pertandingan di EPL. Perseteruan keduanya makin memanas kala Suarez menolak bersalaman dengan Evra pada big match Liverpool versus Manchester United pada 2012.

3. Sebastian Coates gagal bersinar di Liverpool

3 Pemain Uruguay yang Pernah Bermain untuk LiverpoolSebastian Coates (liverpoolfc.com)

Sebastian Coates bisa dibilang sebagai salah satu pembelian flop Liverpool. Kala itu, ia dianggap sebagai salah satu talenta muda menjanjikan setelah berhasil membawa Club Nacional memenangi tiga gelar juara domestik di Liga Uruguay dan semifinal Copa Libertadores. Dirinya juga menjadi bagian Timnas Uruguay saat berhasil menjuarai Copa America pada 2011.

Penampilan gemilang Coates sebagai bek tengah bersama Nacional dan Timnas Uruguay membuat Liverpool kepincut untuk meminangnya pada Agustus 2011. Namun, dia kalah saing dengan nama-nama besar, seperti Jamie Carragher, Daniel Agger, dan Martin Skrtel. Kebetulan mereka tampil solid di lini pertahanan The Reds. Selama 2,5 musim di Liverpool, Coates hanya turun dalam 24 pertandingan. Ia akhirnya hengkang ke Sunderland pada 2015.

Dari Luis Suarez hingga Darwin Nunez, pemain Uruguay telah memberikan kontribusi besar bagi Liverpool. Suarez menjadi pemain Uruguay tersukses di The Reds, sedangkan Nunez masih memiliki potensi untuk menjadi bintang baru.

Baca Juga: Kinerja 4 Gelandang Baru Liverpool pada 2023/2024, Szoboszlai Memukau!

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya