Apa itu Fans Karbitan dalam Sepak Bola? Ini 6 Ciri-Cirinya

Jangan-jangan kamu termasuk

Istilah fans karbitan mungkin sudah tidak terdengar asing lagi, terutama bagi pencinta sepak bola. Fans karbitan adalah istilah untuk menyebut fans yang tidak setia atau muncul hanya saat senang dan menghilang saat susah.

Fans karbitan adalah sebutan yang berkembang bagi para pencinta sepak bola, tapi sebenarnya istilah ini juga berlaku bagi hobi lain seperti musik atau cabang olahraga lain. Fans karbitan dalam sepak bola juga tidak selalu buta terhadap timnya atau olahraga sepak bola itu sendiri. Namun yang jelas, fans karbitan biasanya hanya ingin eksis dan mau enaknya saja.

Lalu, apa saja hal yang bisa mengatakan seseorang bisa disebut fans karbitan? Simak enam ciri-cirinya.

1. Glory hunter

Apa itu Fans Karbitan dalam Sepak Bola? Ini 6 Ciri-Cirinyafans Manchester United (twitter.com/ManUtd)

Ciri-ciri yang paling jelas adalah glory hunter, yaitu fans yang hanya mendukung klub saat sedang berjaya atau juara. Kalau klubnya sedang berada di era yang buruk, ia akan dengan mudah beralih mendukung klub lain.

Hal ini tidak hanya berlaku saat sebuah klub sedang juara, tapi misalnya ketika dalam satu musim klub favoritnya sedang tampil buruk, ia juga akan menghilang atau mendukung klub lain.

2. Jadi fans lebih dari satu klub di liga yang sama

Apa itu Fans Karbitan dalam Sepak Bola? Ini 6 Ciri-Cirinyailustrasi penonton sepak bola (pexels.com/Tembela Bohle)

Ciri-ciri fans karbitan adalah mereka yang terkadang menjadi fans lebih dari satu klub pada liga yang sama. Misalnya, seorang fan yang menjadi pendukung berat Chelsea dan Manchester City, atau Napoli dan Inter Milan. Sepertinya tidak ada alasan lagi untuk tidak menyebut mereka sebagai fans karbitan.

3. Tidak menonton pertandingannya

Apa itu Fans Karbitan dalam Sepak Bola? Ini 6 Ciri-Cirinyailustrasi begadang nonton bola (pexels.com/Alena Darmel)

Menonton langsung pertandingan sepak bola Eropa mungkin memang sulit dilakukan. Namun, setidaknya menonton pertandingan klub idola melalui layanan streaming adalah salah satu cara mendukung klub kesebelasan favorit kita. Dengan menonton klub idola, kamu juga lebih mengenal permainan dan para pemain.

Namun, jika menonton di layar kaca pun jarang atau tidak dilakukan, berarti ia tidak total dalam mencintai sebuah klub. Golongan orang inilah yang bisa disebut fans karbitan.

Baca Juga: 10 Sepatu Bola Termahal Milik Pesepak Bola Dunia, Harganya Fantastis!

4. Lebih suka pemain tertentu

Apa itu Fans Karbitan dalam Sepak Bola? Ini 6 Ciri-CirinyaManchester City (premierleague.com)

Ciri-ciri ini biasanya berlaku bagi fans klub sepak bola yang terlihat sangat mengidolakan satu pemain saja tanpa melihat atau mau tahu bagaimana pemain lainnya. Ciri-ciri fans seperti ini mungkin lebih pantas dipanggil fans pemain, bukan fans klub.

5. Punya simbol klub lain

Apa itu Fans Karbitan dalam Sepak Bola? Ini 6 Ciri-CirinyaSuporter Arsenal kembali bisa menikmati pertandingan di Emirates Stadium. (arsenal.com)

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan memiliki atau memakai atribut dan simbol dari klub sepak bola selain klub idolanya. Mungkin saja seorang fan menggunakannya karena alasan estetika atau hadiah dari orang lain.

Namun, berbeda kalau seorang fan memakai atau memasang atribut klub lain dan bangga atas itu. Di satu sisi ia tidak memiliki simbol atau merchandise dari klub idolanya sendiri. Jika seperti ini, apakah sulit mengatakan ia adalah fans karbitan?

Baca Juga: Unik, 7 Stadion di Dunia Ini Sediakan Tribun Rumput untuk Lesehan

6. Tidak tahu sama sekali tentang klubnya

Apa itu Fans Karbitan dalam Sepak Bola? Ini 6 Ciri-Cirinyailustrasi suporter sepak bola (pexels.com/Pixabay)

Salah satu ciri-ciri fans berat sebuah klub sepak bola adalah pengetahuan tentang klub yang tak tertandingi. Jika seorang fan tidak mengetahui sama sekali tentang klub idolanya, misalnya nama para pemainnya, mungkin saja ia termasuk fans karbitan.

Walaupun begitu, ciri ini tidak bisa hanya dijadikan satu-satunya justifikasi untuk menyebut seseorang fans karbitan.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang istilah fans karbitan dalam sepak bola. Intinya, fans karbitan adalah mereka yang hanya mendukung klub kebanggaannya saat senang dan hilang atau menyukai klub lain saat klub idolanya kalah.

Baca Juga: 11 Suporter Sepak Bola Paling Fanatik di Indonesia, Terkenal Loyal!

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya