Michel Sanchez, Pelatih Girona yang Kaya Taktik Menyerang

Bawa Girona puncaki klasemen sementara LaLiga 2023/24

Girona FC tengah mendapat sorotan setelah menjadi pemuncak klasemen LaLiga 2023/24 hingga pekan ke-13. Performa Girona terus meningkat sejak musim 2021/22 ketika mereka berhasil promosi dari Segunda Division ke LaLiga.

Selain penampilan para pemain yang tengah meningkat, keberhasilan Girona sampai detik ini tidak bisa terlepas dari taktik manajer mereka, Michel Sanchez. Michel resmi menjadi pelatih Girona pada musim 2021/22 menggantikan pelatih sebelumnya, Francisco Rodriguez.

Namun, tidak banyak yang menyorot profil dan karier manajer ini. Berikut profil pelatih Girona bernama lengkap Miguel Ángel Sánchez Muñoz atau yang akrab dikenal Michel Sanchez.

1. Mantan pemain Rayo Vallecano

Michel Sanchez, Pelatih Girona yang Kaya Taktik MenyerangMichel Sanchez (instagram.com/gironafc)

Miguel Ángel Sánchez Muñoz atau Michel Sanchez merupakan pria kelahiran Madrid, 30 Oktober 1975. Michel Sanchez memulai kariernya sebagai pemain sepak bola di Tim B Rayo Vallecano pada 1992/93. Musim berikutnya, Michel berhasil menembus tim utama Rayo.

Pada 1997, Michel sempat berpindah ke beberapa klub medioker Spanyol, seperti Almeria, Murcia, dan Malaga. Lalu, pada 2006, pria asal Madrid ini kembali ke Rayo Vallecano hingga 2012 sebelum mengakhiri karier sebagai pesepak bola dan menjadi pelatih.

2. Jadi pelatih skuad akademi

Michel Sanchez, Pelatih Girona yang Kaya Taktik MenyerangMichel Sanchez, pelatih Girona FC (instagram.com/michel8sanchez)

Michel mengawali karier kepelatihannya dengan mengasuh tim akademi Rayo Vallecano pada Juli 2012. Pada Februari 2017, dia akhirnya ditunjuk menjadi pelatih utama Rayo menggantikan pelatih sebelumnya yang dipecat, Ruben Baraja.

Sayangnya, Michel dipecat pada Maret 2019 setelah dinilai gagal membawa Rayo Vallecano bertahan di LaLiga. Kemudian dia sempat melatih SD Huesca, klub Spanyol di Segunda Division. Namun, dia hanya bertahan selama dua musim sebelum dipecat pada Januari 2021.

3. Cerita berbeda bersama Girona FC

Michel Sanchez, Pelatih Girona yang Kaya Taktik MenyerangMichel Sanchez, pelatih Girona FC (instagram.com/michel8sanchez)

Karier Michel berlanjut ke klub asal Catalan yang tengah berjuang menembus LaLiga, Girona FC. Michel bergabung ke Girona pada musim panas 2021 dan teken kontrak hingga 2026. Hasilnya, Michel sukses membawa klub berjuluk Blanquivermells promosi ke LaLiga musim 2022/23 melalui jalur playoff.

Racikan skuad Girona pun membuahkan hasil. Sebagai tim berstatus promosi, Michel sukses membawa Girona finish di peringkat ke-10 LaLiga 2022/23. Girona mengoleksi 49 poin dengan 13 hasil menang, 10 imbang, dan 15 kalah.

Pada musim 2022/23, Girona juga memberi kejutan setelah mempermalukan raksasa Spanyol, Real Madrid 4-2 pada 26 April 2023. Berkat Michel, Girona FC bahkan berada di bawah Real Madrid dan FC Barcelona sebagai tim yang memenangkan setidaknya 10 dari 12 pertandingan pertama di musim LALIGA EA SPORTS.

Pertandingan hari Sabtu lalu adalah pertandingannya yang ke-50 sebagai pelatih Los Blanquivermells di LALIGA EA SPORTS dan kini ia mencatatkan rekor 23 kemenangan, 11 kali seri, dan 16 kali kalah.

Sayangnya, Girona kehilangan beberapa pemain pentingnya pada musim panas 2023. Mulai dari Oriol Romeu, Taty Castellanos, dan Rodrigo Riquelme. Namun Quique Carcel sebagai pemimpin departemen olahraga Girona tak tinggal diam.

Besutan-besutan baru seperti Artem Dovbyk sukses menjadi pemain penting dengan koleksi lima gol. Beberapa pemain seperti Savio, Daley Blind, Aleix Garcia, dan Yangel Herrera juga tampil gemilang.

Baca Juga: Profil Girona FC, Klub Kejutan yang Puncaki LaLiga 2023/24

4. Memiliki banyak taktik untuk menyerang

Michel Sanchez, Pelatih Girona yang Kaya Taktik MenyerangMichel Sanchez, pelatih Girona FC (instagram.com/michel8sanchez)

Michel Sanchez diketahui merupakan pelatih yang sering menerapkan gaya menyerang pada skuad asuhannya. Michel juga beberapa kali melakukan eksperimen formasi pada skuad Girona musim 2023/24.

Sepanjang LaLiga 2023/24, Michel sudah mencoba lima formasi yang berbeda. Dia pernah menerapkan 4-2-3-1, 4-1-4-1, 4-5-1, 3-4-2-1, dan 3-4-3. Hasilnya, Girona berhasil mencetak 31 gol hingga pekan ke-13 atau terbanyak dari semua klub LaLiga musim ini.

Kesuksesan ini tercermin dari catatan Michel sebagai pencetak gol terbanyak Rayo Vallecano sepanjang masa. Tidak heran kalau tim asuhannya punya mentalitas sama seperti dirinya. Hingga pekan ke-13, Girona juga baru satu kali kalah dan mengemas 11 menang serta 1 imbang.

Satu catatan penting bagi Girona saat ini adalah dari segi pertahanan. Skuad asuhan Michel sudah kebobolan 16 gol. Dengan materi skuad baru, Michel masih punya pekerjaan untuk menambah kekuatan pertahanan dan mempertahankan posisi di klasemen.

Baca Juga: 3 Hal Unik soal Michel Sanchez, Sosok Penting Meroketnya Girona

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya