Profil Altay Bayindir, Kiper Turki yang Segera Gabung MU

Jadi kiper pelapis dalam skuad Ten Hag

Kiper muda asal Turki, Altay Bayindir kabarnya akan segera bergabung ke Manchester United pada pengujung bursa transfer musim panas 2023. Mengutip Fabrizio Romano, Bayindir direkrut dengan nilai 7 juta euro dari Fenerbahce.

Setan Merah memang diketahui tengah mencari kiper pelapis Andre Onana setelah Dean Henderson akan bergabung ke Crystal Palace dan Tom Heaton sedang cedera. Menariknya, kabar transfer Altay Bayindir terjadi tanpa rumor apa-apa sebelumnya. MU akan berusaha merampungkan kepindahan kiper yang satu ini.

Seperti apa profil dan karier Altay Bayindir? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Profil Altay Bayindir

Profil Altay Bayindir, Kiper Turki yang Segera Gabung MUAltay Bayindir, kiper Fenerbahce yang kabarnya segera ke Manchester United (instagram.com/altaybyndr_1)

Altay Bayindir merupakan pemain sepak bola kelahiran Bursa, Turki pada 14 April 1998. Sebelum dikabarkan akan merapat ke Manchester United, Bayindir merupakan kiper utama Fenerbahce yang cukup mentereng.

Bayindir kabarnya akan menjadi backup kiper Manchester United pada musim 2023/2024. Kiper dengan tinggi 1,98 meter ini telah memperkuat beberapa klub sepanjang kariernya. Mulai dari karier juniornya bersama Bursaspor, Arabayatagispor, Bursa Yolspor, dan Ankaragucu, hingga karier profesionalnya di Ankaragucu dan Fenerbahce.

2. Karier sepak bola

Profil Altay Bayindir, Kiper Turki yang Segera Gabung MUAltay Bayindir, kiper Fenerbahce yang kabarnya segera ke Manchester United (instagram.com/altaybyndr_1)

Akademi junior (2007-2016)

Altay Bayindir sejak kecil sudah mengasah skill sepak bolanya dengan bergabung ke beberapa klub akademi di Turki. Berikut karier junior Bayindir:

  • 2007-2011: Bursaspor
  • 2011-2012: Arabayatagispor
  • 2012-2013: Bursa Yolspor
  • 2013-2016: Ankaragucu

Pada usia 17 tahun, Bayindir menjalani debut di tim utama Ankaragucu sebagai kiper pelapis. Saat itu, ia membantu timnya berhasil promosi ke Super Lig Turki.

Ankaragucu (2016-2019)

Pada tahun-tahun pertamanya di Ankaragucu, Bayindir masih menjadi kiper pelapis. Baru pada musim 2018/2019, ia menjadi kiper utama Ankaragucu.

Namun satu tahun setelahnya, ia direkrut oleh Fenerbahce untuk menjadi kiper utama. Bersama Ankaragucu, Bayindir berhasil menjalani 29 pertandingan di semua kompetisi.

Fenerbahce (2019-sekarang)

Pada 2019, Fenerbahce merekrut Altay Bayindir dan langsung menjadikannya kiper utama. Pada musim pertamanya, Bayindir tampil prima dengan bermain sebanyak 36 kali di semua kompetisi.

Pada musim 2020/2021, Bayindir juga masih menunjukkan tajinya sebagai kiper utama Fenerbahce dengan tampil sebanyak 35 kali di semua kompetisi.

Lalu pada musim 2023/2024, Bayindir dikabarkan akan segera bergabung ke Manchester United dan ditargetkan sebagai kiper pelapis Andre Onana.

Baca Juga: 7 Wonderkid yang Pernah Gagal di Manchester United

3. Sering cedera dan kalah saing di timnas

Profil Altay Bayindir, Kiper Turki yang Segera Gabung MUAltay Bayindir, kiper Fenerbahce yang kabarnya segera ke Manchester United (instagram.com/altaybyndr_1)

Sayangnya, karier Altay Bayindir bersama Fenerbahce mulai menurun sejak musim 2021/2022. Pada musim 2021/2022, Bayindir mengalami cedera bahu yang menyebabkannya sedikit mendapat menit bermain di Super Lig, yaitu 24 pertandingan.

Bayindir kembali mengalami cedera pada musim 2022/2023. Kali ini cedera bagian punggung yang menyebabkannya hanya bermain sebanyak 26 kali di Super Lig 2022/2023. Namun ia juga tampil 11 kali saat Fenerbahce berlaga di Europa League.

Di samping itu, Altay Bayindir memang masuk dalam skuad senior timnas Turki sejak 2021. Namun, Bayindir jarang menjadi kiper utama Turki. Sejak debutnya dua tahun lalu, ia baru mencatatkan 5 caps bersama timnas Turki. Ia masih sulit menggeser posisi Mert Gunok sebagai kiper utama timnas.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Pindah ke Klub Turki

4. Tes medis di Yunani

Profil Altay Bayindir, Kiper Turki yang Segera Gabung MUAltay Bayindir, kiper Fenerbahce yang kabarnya segera ke Manchester United (instagram.com/altaybyndr_1)

Melansir berbagai sumber, Altay Bayindir dikabarkan sudah menjalani tes medis awal untuk bergabung ke Manchester United. Kabarnya, Bayindir melakukan pemeriksaan medis di Athena, Yunani.

Tes medis yang dilakukan lebih dulu ini merupakan langkah antisipasi oleh MU karena khawatir tentang riwayat cedera Altay Bayindir sebelumnya. Maka dari itu, MU ingin memastikan kondisi fisik Bayindir sebelum resmi merekrutnya.

Nah, itulah tadi profil Altay Bayindir, kiper Turki yang dikabarkan kuat akan segera bergabung Manchester United sebagai kiper pelapis Onana. Menurut fans The Red Devils, apakah Bayindir layak menjadi kiper pelapis dalam skuad Ten Hag musim ini?

Baca Juga: 10 Pemain Termahal Manchester United yang Pernah Direkrut

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya