10 Transfer Termahal Liga Arab Saudi, Neymar Rp1,5 Triliun!

Jadi liga bertabur bintang?

Liga Arab Saudi tengah mendapat sorotan luar biasa dari pencinta sepak bola di seluruh dunia. Pasalnya, pada musim 2023/2024, banyak pemain Eropa berbondong-bondong pindah ke klub-klub Liga Arab.

Klub-klub Liga Arab banyak merekrut pemain Eropa karena kucuran dana dari Public Investment Fund (PIF), konsorsium investor Arab yang merupakan proyek privatisasi Kerajaan Arab Saudi. PIF dipimpin oleh Mohammed bin Salman Al-Saud, Pangeran dan Perdana Menteri Kerajaan.

Misi PIF adalah menjadikan Arab Saudi sebagai pusat transformasi ekonomi pada 2030, salah satunya dengan menanam modal jangka panjang lewat sepak bola. PIF sudah mengakuisisi empat klub di Liga Arab Saudi, yaitu Al Hilal, Al Nassr, Al Ittihad, dan Al Ahli. Maka tak heran kalau klub-klub tersebut terkesan 'enteng' membeli pemain-pemain Eropa dengan harga selangit.

Berikut transfer termahal Liga Arab Saudi yang tembus hingga 90 juta euro atau setara Rp1,5 triliun.

1. Neymar (Al Hilal - 90 juta euro)

10 Transfer Termahal Liga Arab Saudi, Neymar Rp1,5 Triliun!Neymar gabung Al-Hilal (instagram.com/alhilal)

Transfer termahal Liga Arab Saudi yang pertama dipegang oleh bintang Brasil, Neymar Jr yang pindah dari Paris Saint-Germain ke Al Hilal. Neymar menyepakati kontrak dengan Al Hilal selama 2 tahun dengan harga 90 juta euro atau setara Rp1,5 triliun (Kurs Rp16.683).

Kepindahan Neymar ini makin meramaikan transfer pemain dari liga-liga Eropa ke liga Arab Saudi.

2. Malcom (Al Hilal - 60 juta euro)

10 Transfer Termahal Liga Arab Saudi, Neymar Rp1,5 Triliun!Malcom resmi bergabung Al Hilal (instagram.com/malcomoliveira_97)

Sayap kiri Zenit, Malcom menjadi transfer termahal Liga Arab Saudi kedua dengan harga sekitar 60 juta euro atau Rp1 triliun. Pemain kelahiran 26 Februari 1997 ini sempat mendapat sorotan karena nilai transfer ke Al Hilal dinilai overpriced.

Meski begitu, tidak sedikit juga yang menganggap Malcom dapat membuktikan kualitasnya saat berseragam Al Hilal.

3. Otavio (Al Nassr - 60 juta euro)

10 Transfer Termahal Liga Arab Saudi, Neymar Rp1,5 Triliun!Otavio dikabarkan resmi bergabung ke Al Nassr dengan harga 60 juta euro (instagram.com/fabriziorom)

Mengutip Fabrizio Romano, Porto dikabarkan telah mencapai kesepakatan verbal dengan Al Nassr terkait kepindahan gelandangnya, Otavio dengan paket transfer mencapai 60 juta euro. Pemain bernama lengkap Otavio Edmilson da Silva Monteiro ini dikabarkan segera menjalani tes medis bersama Al Nassr.

Otavio akan menemani dua pemain dari Liga Eropa lainnya, yaitu Brozovic dan Fofana sebagai gelandang Al Nassr. Di lini depan tentu masih diperkuat Cristiano Ronaldo dan Sadio Mane.

4. Ruben Neves (Al Hilal - 55 juta euro)

10 Transfer Termahal Liga Arab Saudi, Neymar Rp1,5 Triliun!Potret Ruben Neves dengan seragam Al Hilal (instagram.com/rubendsneves)

Transfer termahal Liga Arab Saudi berikutnya adalah mantan kapten Wolverhampton, Ruben Neves. Ruben Neves resmi hijrah ke klub Arab, Al Hilal dengan nominal transfer 55 juta euro atau setara Rp917 miliar dan kontrak 3 tahun.

5. Aleksandar Mitrovic (Al Hilal - 52,6 juta euro)

10 Transfer Termahal Liga Arab Saudi, Neymar Rp1,5 Triliun!Aleksandar Mitrovic resmi bergabung ke Al Hilal (instagram.com/aleksandar_mitrovic_45)

Al Hilal masih belum berhenti memboyong pemain anyar dari Eropa. Terbaru, Al Hilal resmi mendatangkan striker Serbia, Aleksandar Mitrovic dari Fulham dengan harga 52,6 juta euro atau Rp877 miliar.

Mitrovic akan menandatangani kontrak selama 3 tahun dengan Al Hilal. Dokumen-dokumen kepindahannya pun sudah disiapkan dan segera ditandatangani.

Mitrovic akan menemani Neymar Jr dan Malcom yang juga bergabung dengan Al Hilal pada musim ini.

6. Fabinho (Al Ittihad - 46,7 juta euro)

10 Transfer Termahal Liga Arab Saudi, Neymar Rp1,5 Triliun!Fabinho menggunakan jersey Al-Ittihad (twitter.com/ittihad_en)

Mantan gelandang Liverpool, Fabinho resmi bergabung ke Al Ittihad dengan nilai transfer sebesar 46,7 juta euro atau Rp779 miliar. Fabinho menyepakati kontrak selama tiga tahun dan akan menjadi rekan setim mantan striker Real Madrid, Karim Benzema.

7. Sergej Milinkovic-Savic (Al Hilal - 40 juta euro)

10 Transfer Termahal Liga Arab Saudi, Neymar Rp1,5 Triliun!Sergej Milinkovic-Savic di Al Hilal (instagram.com/sergej___21)

Kini giliran striker Lazio, Sergej Milinkovic-Savic yang bergabung ke Al Hilal. Sergej menyepakati kontrak senilai 40 juta euro atau Rp667 miliar selama 3 tahun dengan Al Hilal. Gelandang spesialis sepakan jarak jauh ini akan menjadi rekan setim Neymar, Malcom, dan Mitrovic.

Baca Juga: 5 Bintang yang Menolak Gabung ke Liga Arab Saudi

8. Riyad Mahrez (Al Ahli - 35 juta euro)

10 Transfer Termahal Liga Arab Saudi, Neymar Rp1,5 Triliun!Riyad Mahrez berseragam Al Ahli (instagram.com/riyadmahrez26.7)

Transfer termahal Liga Arab Saudi berikutnya adalah Riyad Mahrez yang resmi bergabung Al Ahli dengan nilai kontrak 35 juta euro atau Rp583 miliar. Mantan striker Manchester City ini menandatangani kontrak hingga Juni 2027.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Liga Arab Saudi, makin Meriah Berkat CR7

9. Sadio Mane (Al Nassr - 30 juta euro)

10 Transfer Termahal Liga Arab Saudi, Neymar Rp1,5 Triliun!Sadio Mane (instagram.com/alnassr)

Sadio Mane menjadi transfer termahal Liga Arab Saudi berikutnya dengan nominal transfer sebesar 30 juta euro atau setara Rp500 miliar. Mane menyusul megabintang Cristiano Ronaldo untuk memperkuat Al Nassr selama 3 musim ke depan dan opsi perpanjangan satu musim.

Baca Juga: 7 Gelandang Top yang Hengkang ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023

10. Jota (Al Ittihad - 29,1 juta euro)

10 Transfer Termahal Liga Arab Saudi, Neymar Rp1,5 Triliun!Jota (instagram.com/jotafilipe_7)

Striker Celtic, Jota resmi bergabung ke Al Ittihad dengan nilai transfer sebesar 29,1 juta euro atau setara dengan Rp485 miliar. Jota menyepakati kontrak 3 tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun bersama Al Ittihad.

Padahal, pemain bernama lengkap Joao Pedro Neves Filipe ini sebelumnya dihubungkan dengan beberapa klub Eropa, seperti Wolverhampton dan AC Milan.

Itulah tadi daftar 10 transfer termahal Liga Arab Saudi yang mencapai 90 juta euro. Terlepas dari jumlah dana yang telah digelontorkan masing-masing klub, Liga Arab Saudi mungkin cepat atau lambat akan menjadi liga bertabur bintang.

Baca Juga: Daftar Pemain Top Eropa yang Bermain di Liga Arab  2023-2024, Cek!

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya