Comscore Tracker

7 Fitur Canggih Baru Google Chrome 2020 untuk HP dan PC

Lebih produktif bersama Chrome

Dunia sedang mulai membiasakan dirinya dengan tren baru, yaitu bekerja dari rumah (work from home/WFH) dikarenakan pandemik penyakit virus corona baru (COVID-19). Tentu saja, hal tersebut tidak mudah karena kamu harus terbiasa bekerja di lingkungan rumah, tempat biasa kamu melepas penat. Semoga pandemik ini cepat berakhir!

Alex Ainslie, Director of UX untuk Chrome, mesin penjelajah web (browser) dari raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) yang bermarkas di California, Google, mengerti bahwa di masa-masa ini, browser menjadi bagian utama dari kehidupan masyarakat, baik untuk bekerja, belajar, atau melakukan hal lain.

Oleh karena itu, pada 25 Agustus 2020, lewat blog Google, The Keyword, Google mengumumkan perilisan pemutakhiran untuk Chrome di PC, laptop, dan HP. Dititikberatkan pada bagian tab-nya, apa sajakah yang pembaruan tersebut?

Disclaimer: Waktu pemutakhiran Google Chrome bervariasi antar negara. Jika ingin mencoba fitur-fitur baru ini, unduh Google Chrome versi beta di gadgetmu.

1. Tidak lagi lemot, kecepatan buka-tutup tab Chrome meningkat 10% dengan PGO dan tab throttling

7 Fitur Canggih Baru Google Chrome 2020 untuk HP dan PCengadget.com

Lewat Chromium Blog, Google mengisyaratkan bahwa kecepatan buka dan tutup tab di Chrome akan meningkat hingga 10%. Hal tersebut dikarenakan sistem baru yang disematkan pada Chrome, Profile Guided Optimization (PGO).

Singkatnya, PGO adalah teknik optimisasi compiler agar kode pada Chrome dapat berjalan lebih cepat. Karena PGO menggunakan skenario penggunaan nyata yang sesuai dengan alur kerja pengguna Chrome di seluruh dunia, beban tugas paling umum diprioritaskan dan dipercepat.

Selain PGO, Chrome juga dipasangkan tab throttling, fitur yang mengambil resource dari tab yang sudah terlalu lama dinyalakan. Dengan begitu, Chrome lebih hemat baterai namun tetap cepat dalam memuat laman.

2. Tab Groups, mengelompokkan tab agar bisa disembunyikan

7 Fitur Canggih Baru Google Chrome 2020 untuk HP dan PCblog.google

Kesal lihat tab Chrome yang menumpuk dan berantakan? Coba fitur Tab Groups! Diumumkan sejak 13 Mei 2020 oleh UX Engineer untuk Chrome, Edward Jung, fitur Tab Groups sebenarnya telah tersedia untuk para penguji beta. Nah, fitur ini akan meluncur untuk para pengguna Chrome secara umum!

"Ini adalah permintaan fitur paling populer yang kami dengar dari Anda yang menggunakan grup tab, dan saat kami mulai meluncurkan fungsi ini, kami harap Anda akan mencobanya," tulis Ainslie.

Kamu bisa merapikan tab pada Chrome dengan mengklik kanan dan memilih "Add tab to new group". Kemudian, akan muncul ikon lingkaran yang merupakan penanda grup tab tersebut yang bisa kamu namai dan ganti warnanya.

Jadi, kamu bisa memisahkan mana tab kerjamu dan mana yang hiburan. Kamu tidak menggunakan salah satu tab group? Bisa langsung sembunyikan sementara.

3. Kinerja tab yang ditingkatkan untuk mode tablet

7 Fitur Canggih Baru Google Chrome 2020 untuk HP dan PCblog.google

Kamu sering membawa laptopmu berjalan dan menggunakannya dalam mode tablet? Pemutakhiran Chrome akan membuat aktivitas berselancar dengan Chrome mode tablet di laptop semakin cepat.

Hadir perdana di Chromebook, antarmuka layar sentuh terbaru memiliki tab yang lebih besar dan lebih praktis untuk diatur serta disembunyikan saat tidak dibutuhkan.

Baca Juga: 7 Alasan Pengguna Mac Sebaiknya Tidak Memakai Google Chrome

4. Untuk Chrome perangkat Android, beralih ke tab secepat kilat

7 Fitur Canggih Baru Google Chrome 2020 untuk HP dan PCIDN Times/Alfonsus Adi Putra

Diluncurkan juga untuk perangkat Android, kamu bisa beralih ke situs yang sudah terbuka pada sebuah tab. Dengan cara ini, kamu tidak perlu membuka tab baru untuk laman yang sama.

Saat kamu mengetik judul situs ke bilah alamat (dan sudah membukanya sebelumnya), kamu akan langsung melihat saran berupa ikon kecil pada sisi kanan layar untuk beralih ke tab tersebut. Fitur ini sudah tersedia untuk Chrome pada PC dan laptop.

5. Tab Preview, pratinjau tab yang dibuka

7 Fitur Canggih Baru Google Chrome 2020 untuk HP dan PCblog.google

Menyisir tab Chrome untuk menemukan laman web yang kamu tuju memang bikin repot sendiri. Oleh karena itu, lewat pemutakhiran yang baru, kamu dapat melihat konten situs lewat "Tab Preview". Untuk melihat fitur ini, kamu harus mengunduh Chrome versi beta.

Sesuai namanya, kamu dapat mengarahkan kursor ke satu tab dan sebuah keluku kecil dari tampilan situs tersebut akan menunjukkan isi laman. Terkesan simpel, tab preview amat berguna jika kamu membuka situs dengan tampilan yang sama, seperti Google Docs.

6. Bisa edit file PDF di Chrome

7 Fitur Canggih Baru Google Chrome 2020 untuk HP dan PCblog.google.com

Kamu ingin isi formulir, tetapi formulir tersebut masih dalam bentuk PDF? Oh, tidak usah repot-repot diunduh dan dikonversi ke format Word karena pembaruan pada Chrome membuatmu dapat mengisi PDF langsung di tab-nya!

Bahkan, jika kamu tidak sempat menuntaskan formulir PDF tersebut, kamu bisa menyimpannya di PC atau laptopmu dan dilanjutkan nanti di Chrome. Namun, fitur ini akan datang dalam "beberapa minggu", jadi sabar, ya!

7. Untuk perangkat Android, kemudahan berbagi URL dan QR Code

7 Fitur Canggih Baru Google Chrome 2020 untuk HP dan PCIDN Times/Alfonsus Adi Putra

Fitur terakhir yang ada pada pembaruan Chrome untuk perangkat Android adalah fitur berbagi URL dan kode QR yang lebih efektif. Dengan versi Chrome yang baru, kamu dapat menyalin tautan dengan cepat, mengirimkannya ke Chrome di perangkat lain, atau ke aplikasi lain.

Selain itu, kamu juga dapat membuat kode QR untuk laman di Chrome. Fitur kode QR baru ini juga diluncurkan ke Chrome di desktop dan dapat diakses dari ikon QR baru di bilah alamat Chrome. Kode QR tersebut dapat diunduh dalam format PNG untuk dibagikan.

Itulah fitur-fitur baru yang dapat kamu akses di Google Chrome yang baru. Kamu belum mendapatkannya? Sabar dulu, ya. Tetapi, kalau kamu tidak sabar dan ingin mencoba fitur-fitur ini, kamu bisa mengunduh Chrome versi beta. Tetap produktif dengan Chrome!

Baca Juga: 10 Extension Google Chrome Terbaik yang Perlu Kamu Pasang

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya