Comscore Tracker

7 Chromebook Murah 4 Jutaan Alternatif Laptop Berbasis Windows

Chrome OS dikenal lebih enteng dan aman ketimbang Windows

Terdapat tiga jenis laptop ‘besar’ yang saat ini digunakan oleh banyak orang. Yang pertama adalah laptop umum yang biasanya berbasis Windows, selanjutnya adalah MacBook dari Apple yang berbasis MacOS, dan terakhir adalah Chromebook yang berbasis Chrome OS. Di antara ketiganya, Chromebook menjadi yang paling menarik.

Selain karena sistem operasi yang digunakan hampir mirip dengan Android, Chromebook juga cenderung lebih terjangkau. Untuk harga yang ditawarkan, Chromebook memberikan banyak hal menarik seperti form-factor yang elegan dan fitur layar seperti convertible. Berikut beberapa Chromebook paling direkomendasikan di harga Rp4 jutaan.

1. Samsung Chromebook 4+ - Rp4,2 juta

7 Chromebook Murah 4 Jutaan Alternatif Laptop Berbasis Windowstechthelead.com

Yang pertama ada Chromebook 4+ dari Samsung, yang siap melayani mereka yang menginginkan mesin komputasi umum dengan layar besar. Ini menawarkan layar 15,6 inci beresolusi FHD yang luas dan memanjakan mata.

Di dalamnya, tertanam prosesor Intel Celeron N4000, bersama dengan RAM 4GB dan penyimpanan 32GB. Untuk daya tahan, Chromebook 4+ mampu digunakan hingga 12,5 jam dalam satu kali pengisian daya. Sementara itu untuk fitur-fitur lain, Chromebook 4+ juga menghadirkan Wi-Fi 5, port USB-A dan USB-C, slot microSD serta headphone jack.

2. Asus Chromebook C523 - Rp4 juta

7 Chromebook Murah 4 Jutaan Alternatif Laptop Berbasis Windowsandroidauthority.com

Selanjutnya datang dari Asus dengan Chromebook C523. Ini adalah mesin komputasi untuk mereka yang produktif, yang dilengkapi dengan layar 15,6 inci beresolusi FHD. Untuk menjaga desain laptop ini agar tetap mewah, Asus membuat layar laptop ini memiliki bezel tipis dengan rasio screen-to-body mencapai 80 persen.

Di sisi lain, spesifikasinya lebih dari cukup dengan mengandalkan prosesor Intel Celeron N3350, RAM 4GB dan penyimpanan 32GB. Tidak jauh berbeda dengan Samsung Chromebook 4+, dengan baterai 38Wh, Chromebook C523 bisa bertahan hingga 10 jam penggunaan.

3. Lenovo Chromebook Duet - Rp4,1 juta

7 Chromebook Murah 4 Jutaan Alternatif Laptop Berbasis Windowspcmag.com

Dibalut dalam casing berbahan kain halus, Lenovo Chromebook Duet mengemas mesin minimalis dengan layar 10,1 inci beresolusi FHD yang mudah untuk dibawa bepergian. Laptop yang satu ini mungkin tidak memiliki banyak port – terutama untuk labelnya sebagai laptop 2-in-1, namun dibagian spesifikasi utama terdapat ‘jeroan’ yang tidak bisa diremehkan.

Chromebook Duet ditenagai oleh prosesor octa-core dari MediaTek yaitu Helios P60T, bersama dengan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB. Salah satu fitur menarik dari laptop ini adalah dua speaker berteknologi Dolby Audio.

Baca Juga: 7 Tip yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Membeli Laptop Baru

4. Acer Spin 11 - Rp4,4 juta

7 Chromebook Murah 4 Jutaan Alternatif Laptop Berbasis Windowshitechcentury.com

Acer Spin 11 merupakan Chromebook convertible tahan banting berstandar militer, yang ditujukan secara spesifik untuk pasar edukasi. Keyboard laptop ini tahan tumpahan air dan layar 11,6 inci beresolusi HD-nya telah diproteksi dengan Gorilla Glass.

Untuk spesifikasi sendiri, Spin 11 dipersenjatai dengan prosesor Intel Celeron N3350, RAM 4GB dan penyimpanan 32GB. Port jadi salah satu bagian paling lengkap dari Spin 11 di mana terdapat dua port USB-C, dua port USB-A, headphone/mic jack dan slot microSD. Dengan bobot hanya 1,3kg saja, Acer mengklaim Spin 11 punya daya tahan baterai hingga lebih dari 6 jam.

5. HP Chromebook X360 11 - Rp4,3 juta

7 Chromebook Murah 4 Jutaan Alternatif Laptop Berbasis Windowsyoutube.com/Promevo

HP Chromebook X360 11 merupakan laptop convertible berbasis Chrome OS lain yang ditargetkan untuk edukasi. Layar laptop ini berukuran 11,6 inci dengan resolusi HD dan memiliki engsel fleksibel yang membuatnya bisa diputar hingga 360 derajat.

Chromebook X360 11 dibekali dengan prosesor AMD A6-9220C, RAM 8GB dan penyimpanan 32GB. Meski dari penampilan nampak biasa-biasa saja, laptop ini justru mengemas fitur-fitur keren seperti baterai dengan tahan mencapai 13,5 jam, Wi-Fi 5, dua port USB 3.1 Gen 1 Type-C, dua port USB 3.1 Gen 1 Type-A, speaker stereo, headphone jack dan dua integrated mic.

6. Lenovo Chromebook C340 - Rp4,1 juta

7 Chromebook Murah 4 Jutaan Alternatif Laptop Berbasis Windows9to5google.com

Chromebook C340 menjadi salah satu laptop berbasis Chrome OS terbaru dari Lenovo sekaligus di daftar ini. Laptop yang tersedia dalam dua varian warna yaitu abu-abu dan pink, memiliki desain yang terbilang ‘kaku’ namun berbobot hanya 1,2kg.

Karena ukuran dan beratnya yang ‘compact’ ini, Chromebook C340 jadi lebih nyaman untuk dibawa ke mana-mana. Untuk mesin utama, Chromebook C340 menggunakan prosesor Intel Celeron N4000, RAM 4GB dan penyimpanan 32GB. Maka sama seperti Chromebook kebanyakan, laptop yang satu ini juga memiliki port USB-C, USB-A dan headphone jack.

7. ASUS Chromebook C204 - Rp4,8 juta

7 Chromebook Murah 4 Jutaan Alternatif Laptop Berbasis Windowslaptopmedia.com

Tidak sendirian, Chromebook C523 ditemani oleh Chromebook C204 sebagai laptop berbasis Chrome OS terbaik dari ASUS di daftar ini. Chromebook C204 adalah Chromebook edukasi yang telah memenuhi standar kelas militer dan mengemas fitur-fitur protektif seperti bumper sejumlah sisi body, keyboard yang tahan tumpahan air dan port I/O ultratough.

Spesifikasi laptop ini juga tidak kalah mengesankan dengan menawarkan prosesor Intel Celeron N4000, RAM 4GB dan penyimpanan 32GB. Layar laptop ini berukuran 11,6 inci dengan resolusi HD+ dan fitur touchscreen.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi Chromebook murah Rp4 jutaan alternatif laptop berbasis Windows. Perlu dicatat bahwa Chrome OS sangatlah ringan dan ramah performa, sehingga di spesifikasi ‘low-end’ pun, Chromebook mampu menawarkan kinerja yang sama dengan prosesor quad-core di sistem operasi Windows.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Laptop Cepat Panas, Antisipasilah Sebelum Menyesalinya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya