Comscore Tracker

Gaming Imersif, 7 Monitor Lengkung Terbaik di Awal 2022

Cocok juga untuk menikmati konten multimedia

Disamping monitor dengan ukuran atau desain konvensional, terdapat pula monitor dengan desain curved atau lengkung. Desain semacam ini dibuat tidak hanya untuk menambah estetika saja, namun juga untuk memberikan rasa nyaman ekstra karena dapat mengurangi rasa lelah di mata dan memberi field of view atau perspektif pandangan yang lebih lebar.

Karenanya, monitor lengkung sangat cocok untuk gamer, profesional di bidang 3D modeling maupung editor foto. Berikut 7 monitor lengkung terbaik di awal 2022.

1. Samsung CJ890

Gaming Imersif, 7 Monitor Lengkung Terbaik di Awal 2022ilustrasi Samsung CJ890 (samsung.com)

Samsung CJ890 merupakan salah satu monitor lengkung terbaik Samsung yang menawarkan waktu respon 5ms, ukuran 49 inci yang luas, refresh rate tinggi di angka 144Hz dan aspect ratio 32:9. Ini salah satu yang termurah dari banyaknya monitor lengkung Samsung, namun masih bisa memberikan performa yang luar biasa.

Yang membuat monitor ini menarik adalah aspect ratio-nya yang sangat melegakan dan jarang ditemukan pada monitor lengkung lain. Karenanya, monitor ini bisa memberikan pengalaman gaming yang imersif, produktivitas multitasking yang memanjakan dan jadi solusi terbaik daripada harus membeli dua monitor terpisah. Satu-satunya yang kurang dari monitor ini mungkin hanyalah resolusinya yang mentok di 1080p.

2. LG UltraGear 34GN850-B

Gaming Imersif, 7 Monitor Lengkung Terbaik di Awal 2022ilustrasi LG UltraGear 34GN850-B (lg.com)

LG UltraGear 34GN850-B jadi monitor lengkung yang sangat memanjakan gamer. Bagaimana tidak, monitor yang satu ini memiliki waktu respon 1ms, refresh rate 160Hz pada resolusi 3440 x 1440 dan telah mendukung NVIDIA G-Sync serta AMD FreeSync Premium. Dengan waktu respon yang sangat minim, monitor ini cocok untuk gamer pecinta game-game kompetitif seperti Valorant, Call of Duty: Warzone dan Apex Legends.

Selain untuk game-game kompetitif, LG UltraGear 34GN850-B juga jadi pilihan terbaik untuk memainkan game AAA terutama lewat resolusi tinggi dan panel IPS yang diusungnya. Monitor 34 inci dengan aspect ratio 21:9 terbilang mahal namun sebanding dengan apa yang ditawarkan.

3. Samsung CF396

Gaming Imersif, 7 Monitor Lengkung Terbaik di Awal 2022ilustrasi Samsung CF396 (samsung.com)

Suka Samsung dan butuh monitor lengkung dengan harga terjangkau? Jika iya, maka Samsung CF396 jadi opsi yang layak dibeli.

Monitor 23,5 inci ini jadi pilihan solid untuk gamer kasual yang punya budget mepet, atau mereka yang gemar menonton film. Waktu respon yang ditawarkan monitor ini berada di angka 4ms, namun sangat masuk akal mengingat harganya.

Color gamut sRGB yang dimiliki monitor ini juga terbilang luar biasa, sehingga pas untuk menonton film maupun mengedit foto dengan akurasi warna terbaik. Untuk spesifikasi lainnya, Samsung CF396 menggunakan panel VA yang punya kontras tinggi dan warna tidak kabur ketika dilihat dari berbagai sudut, serta punya resolusi 1080p yang sudah lebih dari cukup untuk gaming standar.

Baca Juga: 7 Monitor Gaming Paling Murah 2021 tapi Kualitas Terbaik

4. Acer Nitro XZ342CK

Gaming Imersif, 7 Monitor Lengkung Terbaik di Awal 2022ilustrasi Acer Nitro XZ342CK (acer.com)

Acer Nitro XZ342CK merupakan monitor lengkung kelas gaming yang hadir dengan waktu respon 1ms serta refresh rate 144Hz. Dengan begitu, pemain dapat dipastikan tidak akan merasakan input lag sehingga pengalaman gaming jadi lebih maksimal. Selain itu, monitor 34 inci ini juga telah mendukung teknologi AMD FreeSync yang dapat membantu menghilangkan screen tearing dan juga speaker 3W yang menggelegar.

Untuk urusan port, Nitro XZ342CK dibekali dengan satu port HDMI dan satu DisplayPort, sehingga sangat cocok untuk mereka yang suka dengan konfigurasi multi monitor. Satu-satunya kekurangan monitor ini hanyalah kontras yang rendah sehingga kurang cocok jika digunakan oleh gamer yang gemar bermain game di ruangan gelap.

5. Alienware AW3420DW

Gaming Imersif, 7 Monitor Lengkung Terbaik di Awal 2022ilustrasi Alienware AW3420DW (alienware.com)

Alienware AW3420DW merupakan monitor lengkung keren yang menawarkan akurasi warna terbaik dengan DCI-P3 98 persen dan waktu respon hanya 2ms. Monitor ini punya ukuran 34 inci dengan refresh rate 120Hz dan aksen lampu RGB di beberapa sisi yang bisa dikustomisasi untuk kesan gaming yang lebih mantap.

Dengan resolusi 1440p dan aspect ratio 21:9, monitor ini sempurna untuk gaming, edit foto maupun edit video. Tidak ada dukungan HDR pada monitor ini, namun untungnya, monitor ini hadir dengan banyak port termasuk satu port HDMI, satu port DisplayPort dan lima port USB 3.0. Monitor ini terbilang cukup mahal namun jadi pilihan terbaik bagi penggemar produk Alienware.

6. Dell S3221QS

Gaming Imersif, 7 Monitor Lengkung Terbaik di Awal 2022ilustrasi Dell S3221QS (dell.com)

Dell S3221QS merupakan monitor lengkung yang dibuat untuk tujuan produktivitas. Monitor ini punya harga terjangkau dan menawarkan sejumlah fitur yang amat sangat membantu seperti Picture-in-Picture (PiP), resolusi 4K yang sangat memanjakan mata dan audio bawaan sehingga pengguna tak lagi memerlukan speaker lagi.

Karenanya, ini lebih cocok digunakan sebagai monitor kantoran alih-alih gaming, mengingat tidak ada refresh rate tinggi maupun waktu respons rendah yang dimiliki oleh monitor ini. Dell S3221QS memang tidak dilengkapi dengan port USB-C, namun kelengkapan port yang dimilikinya terhitung lengkap, mulai dari dua port HDMI, satu port DisplayPort dan tiga port USB 3.0.

7. AOC CU34G2X

Gaming Imersif, 7 Monitor Lengkung Terbaik di Awal 2022ilustrasi AOC CU34G2X (aoc.com)

AOC CU34G2X merupakan monitor gaming dengan desain lengkung yang mendukung HDR10, punya tingkat kecerahan hingga 300 nits dan dilengkapi dengan waktu respon sangat rendah di angka 1ms. Itu artinya, monitor ini punya fitur lengkap dan kualitas layar yang juara. Untuk ukuran, monitor ini punya ukuran 34 inci dengan resolusi 1440p, refresh rate 144Hz dan aspect ratio 21:9.

Terdapat lima mode permainan yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna ketika bermain game. Sementara untuk kelengkapan port, monitor ini membawa dua port HDMI, satu port DisplayPort dan empat port USB 3.0. Selain gaming, monitor ini cocok untuk penggunaan lain seperti editing video dan foto.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa monitor lengkung terbaik di awal 2022. Ada rekomendasi lain? Jika ada, langsung saja tulis di kolom komentar di bawah ya!

Baca Juga: Lebar dan Lega, Ini 7 Monitor Ultrawide Terbaik 2021

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya