Comscore Tracker

Mengapa Layar HP Hitam, tapi Nyala? Ini 7 Penyebabnya

Bisa jadi karena HP-mu tidak pernah beristirahat

HP atau smartphone merupakan salah satu gawai yang paling sering kita gunakan. Bahkan, penggunaannya intens alias terus-menerus selama seharian penuh. Nah, kalau sudah begini, biasanya beberapa masalah pada HP juga kerap menghantui kita sebagai pengguna.

Salah satu persoalan yang kadang dihadapi oleh pengguna adalah mengapa layar HP hitam, tapi nyala atau masih aktif? Jadi, apa saja penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Yuk, simak artikel ini sampai tuntas.

Baca Juga: 5 Smartphone dengan Skor AnTuTu Terbaik Juli 2022, Performa Teruji! 

Penyebab layar HP hitam meski dalam keadaan menyala

Mengapa Layar HP Hitam, tapi Nyala? Ini 7 Penyebabnyailustrasi menggunakan HP yang layarnya menjadi hitam tiba-tiba (unsplash.com/Jamie Street)

Menurut laman Android Data Recovery, layar hitam pada HP yang tidak responsif (dalam kondisinya nyala) bisa dikategorikan eror atau kerusakan fatal pada layar. Bukan hanya hitam, layar pada HP yang eror bisa saja berwarna putih, biru, merah, bahkan ungu. Dalam beberapa kasus, layar HP akan bergaris dan sama sekali tidak bisa digerakkan.

Well, bisa jadi penyebab HP-mu mengalami layar hitam yang tak responsif ada di bawah ini.

  1. Ada kerusakan konektor layar sentuh di smartphone kesayanganmu. Nah, umumnya, hal ini bisa terjadi karena faktor usia atau benturan keras. Untuk memperbaikinya, kamu harus membawanya ke tempat servis yang terpercaya.
  2. Layar HP hitam, tapi nyala juga bisa disebabkan HP digunakan tanpa istirahat. Yup, penggunaan HP tanpa henti akan mengakibatkan layar mencapai kondisi maksimalnya. Solusinya, coba istirahatkan HP selama beberapa jam dan cek kembali apakah layar sudah tampil normal atau tidak.
  3. Backlight layar sentuh di HP-mu sudah waktunya diperbaiki atau diganti. Namun, sering juga komponen ini mengalami kerusakan secara mendadak tanpa sebab.
  4. Meski jarang, dioda di layar HP pun bisa saja rusak. Menggantinya dengan komponen baru bisa saja dilakukan. Namun, jika sulit mencarinya, mengganti layar baru menjadi jalan keluar terakhir.
  5. Ada eror atau kerusakan pada aplikasi pihak ketiga. Kendati jarang terjadi, hal ini pasti membuat kita jengkel. Coba matikan HP-mu atau biarkan baterainya habis. Diamkan beberapa jam dan setelah itu coba nyalakan kembali. Jika berhasil, kamu bisa menghapus aplikasi pihak ketiga yang dirasa menjadi penyebab kerusakan ini.
  6. Kehujanan bisa membuat layar HP-mu bekerja secara acak. Yup, karena aliran listrik di dalamnya mengalami korsleting, layar HP akan menjadi hitam atau putih tanpa bisa digerakkan sama sekali. Lepas casing, kartu SIM, dan memori di HP. Keringkan dari sisa-sisa air. Ingat, jangan pernah sambungkan HP ke listrik dalam kondisi basah.
  7. Layar HP tertindih beban berat. Kendati tidak retak atau pecah, beban berat di atas layar HP dapat merusaknya dan bisa saja kamu diharuskan mengganti layar baru.

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah tahu kira-kira apa penyebab layar di HP-mu hitam meski dalam kondisi menyala? Jika bukan ahlinya, tidak disarankan kamu membongkarnya sendiri. Lebih amannya, sih, bawa saja HP kesayanganmu ke tempat servis resmi dan bergaransi.

Baca Juga: 5 Smartphone Murah yang Sudah Pakai Chipset HiSilicon Kirin 980

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya