Comscore Tracker

Bikin Adem! 5 Pasta Termal Terbaik Ini Cegah CPU Kepanasan

Pilihlah pasta dengan kualitas bagus

Pasta termal atau thermal paste adalah bahan khusus yang digunakan untuk merambatkan panas dari satu titik ke titik lainnya. Dalam dunia komputer, pasta termal biasa dioleskan di prosesor atau bagian bawah heat sink kipas prosesor. Tujuannya supaya panas dari prosesor bisa dengan cepat dirambatkan ke heat sink dan dibuang ke udara bersamaan dengan putaran kipas.

Nah, beberapa jenis dan merek pasta termal di bawah ini merupakan sebagian produk yang sudah dinilai bagus bagi banyak kalangan pengguna PC di dunia. Apa saja, ya? Yuk, simak!

1. DeepCool Z9

Bikin Adem! 5 Pasta Termal Terbaik Ini Cegah CPU Kepanasanilustrasi pasta termal buatan DeepCool (dok. DeepCool/DeepCool Z9)

DeepCool Z9 adalah pasta termal yang sudah cukup dikenal di kalangan gamer PC. Harganya juga cukup terjangkau pada kisaran Rp100 hingga 200 ribuan. Nah, menurut laman resminya, pasta ini sanggup bekerja di rentang suhu yang cukup panjang, yakni antara minus 40 hingga panas 200 derajat celsius.

Satu lagi, pasta ini sudah memiliki konstanta dielektrik di atas 18,05. Itu artinya, DeepCool Z9 sudah dinilai cukup mumpuni untuk dijadikan perambat panas antara CPU dan heat sink pada kipas prosesor. Siklus penggantian pasta juga tergolong lama, yakni sekitar 1 tahun jika PC dipakai dalam taraf sedang.

2. Grizzly Kryonaut

Bikin Adem! 5 Pasta Termal Terbaik Ini Cegah CPU Kepanasanilustrasi pasta termal buatan Thermal Grizzly (dok. Thermal Grizzly/Grizzly Kryonaut)

Dengan harga antara 80 sampai 100 ribuan rupiah per gram, kamu sudah bisa mendapatkan pasta termal yang cukup berkualitas. Ya, Grizzly Kryonaut merupakan pasta penghantar panas buatan Jerman yang juga banyak digunakan oleh gamer PC di dunia. Spesifikasinya cukup bagus, bahkan bisa bekerja pada temperatur minus 250 hingga panas 350 derajat celsius

Namun, perlu diperhatikan bahwa biasanya produk ini dijual dalam ukuran 1 gram. Artinya, untuk ukuran yang lebih banyak, harganya juga akan lebih mahal. Tanyakan pada penjual tentang jenis dan jumlah pasta termal yang akan kamu beli. Gunakan pasta dengan bijak, jangan terlalu sedikit dan jangan juga terlalu banyak.

Baca Juga: 7 Tips Membeli Mouse untuk Komputer, Ini Pertimbangannya

3. Cooler Master MasterGel Maker

Bikin Adem! 5 Pasta Termal Terbaik Ini Cegah CPU Kepanasanilustrasi pasta termal buatan Cooler Master (dok. Cooler Master/MasterGel Maker)

Produk buatan Cooler Master sudah sangat dikenal berkaitan dengan aspek pendinginan di PC. Selain kipas prosesor, Cooler Master rupanya juga memproduksi pasta termal bernama MasterGel Maker. Beberapa toko online menjualnya dengan harga di kisaran 160 sampai 200 ribuan rupiah.

Pasta ini juga cukup unik karena sudah bersifat non-curing dan non-electrical. Itu artinya, risiko korsleting atau hubungan arus pendek bisa diminimalkan. Selain itu, menurut beberapa ulasan di forum-forum game luar negeri, pasta ini juga sanggup dipakai secara konsisten selama 12 sampai 18 bulan jika PC digunakan untuk gaming sedang.

4. Arctic Silver 5

Bikin Adem! 5 Pasta Termal Terbaik Ini Cegah CPU Kepanasanilustrasi pasta termal buata Arctic Silver (dok. Arctic Silver/Arctic Silver 5)

Arctic Silver adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang sudah dipandang jago dalam membuat pasta termal berkualitas. Salah satu produknya bernama Arctic Silver 5 dijual sekitar Rp145 ribu untuk ukuran 3,5 gram. Sementara itu, untuk ukuran di atas itu biasanya berharga di atas 200 ribu rupiah.

Nah, apa yang menjadi kelebihan dari pasta termal ini? Bahan dasarnya mengandung unsur logam mulia. Pasta ini juga mengandung 99 persen micronized silver yang membuat komposisi pasta menjadi lebih mudah dioleskan ke permukaan prosesor tanpa berantakan.

5. Coollaboratory Liquid Ultra

Bikin Adem! 5 Pasta Termal Terbaik Ini Cegah CPU Kepanasanilustrasi pasta termal buatan Coollaboratory (dok. Coollaboratory/Coollaboratory Liquid Ultra)

Berdasarkan pengalaman penulis, pasta termal Coollaboratory Liquid Ultra ini menjadi pasta terbaik untuk PC kita. Yup, pasta buatan Jerman ini juga sudah begitu dikenal di kalangan gamer PC di seluruh dunia. Dalam dunia komputasi, Coollaboratory menjadi merek dan jenis pasta yang bersaing ketat dengan Arctic Silver asal Amerika.

So, apa kelebihan Coollaboratory Liquid Ultra dibandingkan dengan produk sejenis? Meskipun komposisinya tampak cair dan lembek, ternyata kandungan logam di dalam pasta ini sudah maksimal, yakni mencapai 100 persen. Hal ini membuat pasta akan merambatkan panas jauh lebih baik. Harganya ada di kisaran Rp400 hingga 500 ribuan untuk ukuran 0,15 gram.

Nah, itu tadi beberapa jenis dan merek pasta termal yang mampu membuat CPU kamu terbebas dari panas berlebih. Semoga artikel ini dapat dijadikan pertimbanganmu untuk mencari pasta termal, ya.

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai Sederhana

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya