Comscore Tracker

6 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Gratis, Mudah untuk Digunakan! 

Kini tidak perlu lagi memiliki PC untuk mengedit video 

Untuk mengedit sebuah video, biasanya kamu membutuhkan PC yang kuat dan software editor yang bagus. Akan tetapi, sekarang kamu juga bisa menggunakan smartphone kamu untuk mengedit video yang hasilnya tak kalah keren dengan mengedit di PC, lho!

Meski kamu bukan seseorang yang jago mengedit, aplikasi-aplikasi berikut sangat mudah digunakan dan tentunya gratis. Ada begitu banyak pilihan aplikasi edit video yang dapat kamu unduh.

Lalu, bagaimana cara memilih aplikasi terbaik yang cocok dengan kebutuhan kamu? Tenang aja, langsung intip sederet rekomendasi aplikasi edit video di bawah ini, yuk!

1. InShot 

6 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Gratis, Mudah untuk Digunakan! Ilustrasi aplikasi InShot (dok. playstore/InShot)

InShot adalah aplikasi edit video yang populer dan dikenal oleh banyak orang. Aplikasi ini cukup mudah digunakan untuk pemula dan memiliki semua fitur standar, mulai dari pemotong video, transisi keren, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, InShot juga memiliki fitur tambahan lain, seperti penyesuaian kecepatan, pilihan musik, filter, emoji yang banyak, serta bebas dari watermark. Namun, kamu harus menonton iklan jika ingin menghapus watermark pada video, ya! Aplikasi ini cocok digunakan untuk keperluan media sosial.

2. VN Video Editor Maker 

6 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Gratis, Mudah untuk Digunakan! Ilustrasi aplikasi VN (dok. playstore/VN Video Editor)

Rekomendasi aplikasi selanjutnya adalah VN Video Editor yang cocok digunakan baik untuk pemula maupun profesional. Mirip dengan InShot, VN memiliki fitur standar aplikasi edit video dan bebas watermark. 

Tak hanya itu, dalam VN tidak ada pembelian in-app apapun, lho! Hanya saja, kekurangan dari aplikasi ini yaitu fitur-fitur editnya yang masih kurang optimal jika dibandingkan dengan aplikasi editor lain.

Baca Juga: 5 Laptop Tangguh untuk Edit Video di Tahun 2022, Cocok buat YouTuber

3. CapCut 

6 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Gratis, Mudah untuk Digunakan! Ilustrasi aplikasi CapCut (dok. playstore/CapCut)

CapCut adalah aplikasi edit video andalan untuk mereka yang menggunakan TikTok. Namun, bukan berarti aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk keperluan media sosial lain, ya!

Sama seperti aplikasi sebelum-sebelumnya, CapCut memiliki fitur edit video standar. Akan tetapi, keunggulan aplikasi ini adalah pemakaiannya yang lebih mudah, terdapat banyak filter dan template yang dapat kamu pakai, serta semua fitur terbaik dalam aplikasi yang bisa kamu gunakan secara gratis.

4. VLLO 

6 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Gratis, Mudah untuk Digunakan! Ilustrasi aplikasi VLLO (dok. playstore/VLLO)

Apakah kamu seseorang yang suka merekam keseharianmu? Jika iya, aplikasi VLLO cocok untuk kamu!

Aplikasi ini populer sebagai aplikasi edit video vlog harian karena fitur-fitur unggulan, mulai dari fitur penambahan audio yang mudah, kontrol yang lebih dalam untuk pemilihan warna, template intro yang estetik dan lucu, serta lain sebagainya. Sama seperti aplikasi sebelumnya, VLLO tidak menempelkan watermark pada video kamu dan mudah digunakan untuk para pemula.

5. FilmoraGo 

6 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Gratis, Mudah untuk Digunakan! Ilustrasi aplikasi FilmoraGo (dok. playstore/FilmoraGo)

Pernah menggunakan Wondershare Filmora? Jika iya, kamu pasti akan kenal dengan aplikasi ini.

FilmoraGo adalah aplikasi edit video yang dikembangkan oleh Wondershare. Aplikasi ini sangat digemari oleh banyak pengguna.

Keunggulan aplikasi ini adalah kamu dapat membuat video in reverse, slow motion, menambahkan overlay, dan lain sebagainya. FilmoraGo memiliki beberapa pembelian in-app, tetapi sebagian besar fiturnya bisa kamu gunakan secara gratis, kok!

6. YouCut 

6 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Gratis, Mudah untuk Digunakan! Ilustrasi aplikasi YouCut (dok. playstore/YouCut)

Rekomendasi terakhir dalam daftar ini adalah YouCut, sebuah aplikasi edit video populer yang belum lama rilis. Meski begitu, aplikasi ini sudah banyak penggunanya dan menjadi favorit untuk mengedit video TikTok, Instagram, dan YouTube.

Keunggulan dari aplikasi adalah kamu bisa menggabungkan klip video, menambahkan video ke video, mengontrol kecepatan video, dan lain sebagainya. YouCut juga tidak memasang watermark apapun pada video dan bisa kamu gunakan secara gratis!

Semua pilihan aplikasi edit video di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada aplikasi yang bisa kamu gunakan secara gratis total, ada juga yang berbayar untuk membuka fitur-fitur premiumnya. Kamu dapat menguji masing-masing aplikasi tersebut satu-persatu untuk menemukan manakah aplikasi terbaik sesuai kebutuhanmu, ya!

Baca Juga: 5 Monitor untuk Aktivitas Editing Video pada Tahun 2022

Shafitri Diniyah Photo Writer Shafitri Diniyah

Hanya seseorang yang suka menulis dan membagi ilmu | Terima kasih telah membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya