Comscore Tracker

7 Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling, Biar Tetap Eksis

Cara menghemat baterai smartphone yang ampuh

Zaman sekarang, smartphone merupakan benda yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Smartphone ini penting untuk metode komunikasi, mencari sebuah alamat, ataupun sebagai penyelamat di kala terdesak lainnya.

Apalagi saat kamu sedang traveling atau berwisata dan berada di negara yang tidak kamu ketahui bahasa sekaligus jarang warga berbahasa Inggris.

Nah, supaya baterai tidak cepat habis, coba beberapa tips atau cara menghemat baterai smartphone yang ampuh ini, agar perjalanan wisata kamu tetap eksis!

1. Nyalakan Battery Saver

7 Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling, Biar Tetap Eksispcworld.com

Melalui battery saver, smartphonemu bisa secara otomatis “menidurkan” sementara untuk aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak digunakan pada hari tersebut. Jadi, mesin smartphone baru bekerja saat kamu mengoperasikan aplikasi saja.

2. Matikan deteksi lokasi

7 Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling, Biar Tetap Eksiswikihow.com

Jika tidak perlu mencari sebuah alamat saat itu, maka tak perlu menyalakan deteksi lokasi. Deteksi lokasi ini akan terus menerus diupdate sepanjang kamu berjalan. Oleh karena itu bisa menjadi salah satu penyebab mengapa baterai smartphonemu cepat habis.

3. Redupkan cahaya smartphonemu

7 Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling, Biar Tetap Eksisandroidpit.com

Tak perlu membuat layar smartphone menjadi terang sekali, apalagi jika tidak digunakan. Redupkan cahaya layar smartphone bisa membantu menghemat baterai, lho.

4. Hindari refresh smartphone berulang kali

7 Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling, Biar Tetap Eksisbankinfosecurity.com

Saat menggunakan smartphone dan kamu refresh berulang kali, smartphone tersebut terus update sehingga membuat baterai pun cepat habis. Jika kamu belum memerlukan smartphonemu, maka biarkan saja.

Baca juga: Wow! Ternyata Instagram Buka Layanan Khusus Belanja Online

5. Hapus atau matikan update untuk aplikasi tak penting

7 Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling, Biar Tetap Eksisdigitaltrends.com

Aplikasi yang jarang atau tidak kamu gunakan pada saat itu, lebih baik dimatikan atau bahkan hapuslah terlebih dahulu dari sistem. Ini sangat membantu untuk meringankan kinerja smartphonemu.

6. Hindari temperatur ekstrem

7 Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling, Biar Tetap Eksisimore.com

Jika kamu sedang berada di udara yang sangat terik, maka simpanlah smartphone di dalam tas saja agar tetap sejuk. Temperatur ekstrem entah itu terlalu panas ataupun terlalu dingin, bisa menyebabkan smartphone cepat boros.

7. Pindah ke mode Airplane

7 Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling, Biar Tetap Eksisdigitaltrends.com

Inilah salah satu cara terefektif dan mungkin paling banyak diterapkan oleh orang-orang. Pada mode airplane, smartphonemu ini seperti kondisi “sleep” sehingga bisa beristirahat dan baterai pun tak berkurang.

Kamu wajib pintar-pintar dalam mengatur bagaimana trik atau cara menghemat baterai smartphone kamu agar tetap awet sepanjang hari.

Jika memang kamu seorang influencer, pebisnis atau punya pekerjaan lainnya yang mengharuskan kamu menggunakan smartphone secara nonstop, maka memiliki beberapa powerbank juga bisa dijadikan pilihan. Selamat mencoba!

Baca juga: Ini 5 Hal yang Kamu Harus Perhatikan Sebelum Membuat Aplikasi

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You