Comscore Tracker

7 Pengganti Adobe Photoshop yang Bisa Kamu Dapatkan Secara Gratis

Daripada pakai yang bajakan

Adobe Photoshop adalah salah satu software pengeditan foto terpopuler di luar sana yang digunakan oleh para profesional, untuk membuat dan mengedit gambar, hingga oleh kita untuk sekedar mempercantik foto profilmu.

Namun, karena langganan Adobe Creative Cloud, Photoshop dapat dikatakan cukup mahal bagi orang-orang yang baru saja masuk ke dunia pengeditan foto. Kalau kamu mencari alternatif Photoshop yang lebih mudah digunakan atau ingin versi gratis untuk PC Windows, Mac, atau bahkan Linux, kamu bisa cek daftar di bawah ini.

1. Krita (Windows, MacOS, Linux)

7 Pengganti Adobe Photoshop yang Bisa Kamu Dapatkan Secara Gratisblendernation.com

Krita adalah salah satu alat edit foto yang sangat direkomendasikan oleh orang-orang di forum online. Tampilannya juga sangat mirip dengan Photoshop karena memiliki tema gelap secara default.

Aplikasi ini benar-benar gratis, namun ada versi berbayar yang tersedia untuk siapa saja yang ingin mendukung developer dari aplikasi ini. Aplikasi ini juga mendukung buat kamu yang suka menggambar dengan tablet dan pena.

2. GIMP (Windows, MacOS, Linux)

7 Pengganti Adobe Photoshop yang Bisa Kamu Dapatkan Secara Gratiscapterra.com

Salah satu rekomendasi yang mungkin akan paling sering kamu dapatkan sebagai alternatif dari Photoshop adalah GIMP. GIMP, atau GNU Image Manipulation Program adalah fitur pengeditan foto yang sangat kaya fitur dan bisa melakukan hampir semua yang bisa dilakukan oleh Photoshop. Aplikasi ini gratis dan tentunya layak dicoba untuk kamu yang sedang mencari alternatif gratis dari Photoshop.

3. Paint.NET (Windows)

7 Pengganti Adobe Photoshop yang Bisa Kamu Dapatkan Secara Gratisgetpaint.net

Paint.NET awalnya dikembangkan untuk menjadi versi yang lebih keren dari MS Paint dan karena itu membawa banyak fitur dari MS Paint. Sementara Paint.NET sebenarnya tidak sekuat Photoshop, ia membawa banyak fitur yang membuatnya bisa menjadi alternatif bagi orang-orang yang mencari pengganti Photoshop gratis untuk Windows. Paint.NET setidaknya sudah memiliki fitur editan dasar walaupun tidak sekompleks Photoshop.

Baca Juga: 20 Shortcut Keyboard yang Bikin Kamu Jadi Master Photoshop

4. Seashore (MacOS)

7 Pengganti Adobe Photoshop yang Bisa Kamu Dapatkan Secara Gratismacupdate.com

Seashore adalah alternatif Photoshop lain yang ditujukan hanya untuk pengguna Mac. Aplikasi ini membawa beberapa fitur penting dari Photoshop termasuk adanya fitur layers. Aplikasi ini juga mendukung sensitivitas tekanan, jadi kalau kamu menggunakan tablet gambar yang sensitif demgam tekanan, kamu bisa berkarya secara maksimal di Seashore. Selain gratis, Seashore juga mudah untuk dipelajari bagi para pemula.

5. Pixlr Editor (Online)

7 Pengganti Adobe Photoshop yang Bisa Kamu Dapatkan Secara Gratispixlr.com

Salah satu alternatif Photoshop online terbaik di luar sana, Pixlr Editor merupakan website untuk mengedit foto terbaik. Memiliki banyak fitur hebat menjadikannya sebagai salah satu Photoshop online terbaik yang bisa bersanding dengan berbagai software di luar sana.

Pixlr Editor hadir dengan layers dan blending mode, banyak efek dan filter, fitur history dan bahkan memiliki healing tools yang banyak digunakan pengguna Photoshop. Karena diakses secara online, kamu bisa menggunakannya tidak peduli sistem operasi apa yang kamu gunakan.

6. Sumopaint (Online)

7 Pengganti Adobe Photoshop yang Bisa Kamu Dapatkan Secara Gratissumopaint.com

Sumopaint adalah alternatif Photoshop online lain yang bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan pada proyek dengan level kerumitan yang rendah. Karena online, Sumopaint bisa digunakan pada sistem operasi apa pun yang kamu miliki dan ia menawarkan banyak fitur hebat seperti Photoshop.

7. PicMonkey (Online)

7 Pengganti Adobe Photoshop yang Bisa Kamu Dapatkan Secara Gratischrome.google.com

Kalau kamu tidak cocok dengan Pixlr Editor ataupun Sumopaint, ada alternatif lainnya yaitu PicMonkey. Selain memiliki fitur layer dan banyak font, ia juga memiliki fitur filter dan efek. Sedikit kekurangannya ialah, PicMonkey terkadang bisa menjadi sangat lemot walaupun koneksi internet yang kamu miliki lancar.

Nah, daripada pakai yang bajakan mending kamu coba yang di atas deh. Selain fitur-fiturnya tidak kalah dengan Photoshop, mereka semua gratis.

Baca Juga: Update Photoshop CC Oktober, 11 Fitur Kece Baru ini Bakal Kamu Rasakan

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya