Comscore Tracker

9 Cara Mudah Atasi Senter iPhone yang Tidak Berfungsi

Bisa dicoba

Senter atau flashlight pada iPhone merupakan fitur yang sangat berguna saat kita berada di tempat yang gelap atau minim cahaya. Tingkat keterangan senter pada iPhone juga bisa diatur agar sesuai dengan kebutuhanmu. 

Karena fungsi senter yang serbaguna, Apple menempatkan fitur ini di lockscreen yang membuatnya mudah diakses pengguna iPhone.

Walaupun sudah dirancang sedemikian rupa, fitur ini tentunya tidak kebal terhadap error. Jika kamu tidak bisa menggunakan fitur senter pada iPhone, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. 

1. Pastikan aplikasi Kamera sudah tertutup

9 Cara Mudah Atasi Senter iPhone yang Tidak Berfungsiilustrasi kamera iPhone (unsplash.com/Josh Power)

Karena flash kamera dan senter menggunakan sumber cahaya yang sama, ada baiknya menutup aplikasi kamera saat menggunakan senter untuk mencegah gangguan. Jadi, jika aplikasi kamera sedang terbuka, pastikan untuk menutupnya terlebih dahulu. 

2. Lepaskan case atau pelindung layar

9 Cara Mudah Atasi Senter iPhone yang Tidak Berfungsiilustrasi casing iPhone (unsplash.com/Daniel Romero)

Beberapa casing iPhone, aksesoris, atau pelindung layar bisa menghalangi flash dan mengganggu fitur tersebut bekerja secara normal. Jadi, coba lepaskan casing atau pelindung layar jika kamu mengalami masalah dengan senter iPhone.

3. Restart iPhone

9 Cara Mudah Atasi Senter iPhone yang Tidak Berfungsiilustrasi cara restart iPhone (support.apple.com)

Cara lain mengatasi senter iPhone yang tidak berfungsi dengan restart atau memulai ulang iPhone. Caranya, tahan salah satu tombol volume dan tombol samping hingga penggeser daya muncul di layar.

Setelah itu geser ke kanan untuk mematikan perangkat. Kemudian tekan dan tahan tombol samping untuk menghidupkan iPhone kembali.

4. Restart iPhone secara paksa

9 Cara Mudah Atasi Senter iPhone yang Tidak Berfungsiilustrasi cara paksa restart iPhone (support.apple.com)

Jika restart biasa tidak bekerja, kamu bisa mencoba restart paksa atau hard reset untuk mengatasi masalah senter yang tidak berfungsi. Caranya, tekan dan lepaskan tombol volume atas. Kemudian, tekan dan lepaskan tombol volume bawah dengan cepat. Setelah itu, tekan dan tahan tombol samping hingga logo Apple muncul di layar.

5. Tes LED Flash dengan menggunakan senter di Control Center

9 Cara Mudah Atasi Senter iPhone yang Tidak Berfungsiilustrasi Control Center iPhone (support.apple.com)

Salah satu cara cepat untuk menguji apakah fitur senter berfungsi atau tidak adalah dengan menggunakan Control Center. Selain itu, kamu juga bisa mengatur kecerahan senter dengan menggunakan penggesernya.

Baca Juga: 5 Shortcut Menarik pada iPhone, Sangat Berguna!

6. Tes LED Flash dengan menggunakan kamera

9 Cara Mudah Atasi Senter iPhone yang Tidak Berfungsiilustrasi mode standar kamera iPhone (unsplash.com/Michael Sala)

Kamu juga bisa mengecek fungsi lampu Flash dengan menggunakan aplikasi kamera. Coba untuk mengambil gambar dengan Flash yang menyala. Jika Flash bisa menyala, maka masalah yang dialami bukan pada lampu LED Flash, melainkan kesalahan perangkat lunak. 

7. Menyetel ulang iPhone ke setelan pabrik

9 Cara Mudah Atasi Senter iPhone yang Tidak Berfungsiilustrasi setel ulang iPhone (support.apple.com)

Cara ini bisa menjadi solusi jika masalah terjadi secara terus menerus. Dengan menyetel ulang iPhone, ini akan membantu menyelesaikan masalah terkait dengan perangkat lunak.

  • iOS 15 atau versi lebih baru: Buka Setting -> General -> Transfer or Reset iPhone -> Reset -> Reset All iPhone.
  • iOS 14 atau versi lebih lama: Buka Setting -> General -> Reset -> Reset All Settings.

8. Perbarui perangkat lunak

9 Cara Mudah Atasi Senter iPhone yang Tidak Berfungsiilustrasi pembaharuan perangkat lunak iPhone (support.apple.com)

Jika senter tetap tidak bisa digunakan, coba perbarui perangkat lunak pada iPhone kamu. Jika masalah tersebut disebabkan karena gangguan perangkat lunak, cara ini bisa mengatasinya. 

Buka Settings -> General -> Software Update. Kemudian cek untuk pembaharuan perangkat lunak. Jika iPhone menunjukkan pembaharuan terbaru, unduh dan install seperti biasa. 

9. Pulihkan iPhone ke cadangan sebelumnya

9 Cara Mudah Atasi Senter iPhone yang Tidak Berfungsiilustrasi memulihkan iPhone (support.apple.com)

Cara ini telah lama menjadi solusi jitu untuk menyelesaikan berbagai masalah pada iPhone. Perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus semua data yang ada di perangkat kamu. jadi pastikan untuk mencadangkan semua data sebelum melakukan cara ini.

Semoga dengan cara-cara di atas, kamu bisa mengatasi masalah senter iPhone yang tidak berfungsi. Jika semua cara di atas tidak berhasil, ada baiknya untuk membawa iPhone kamu ke tempat service Apple agar mendapatkan penanganan yang tepat oleh para ahli. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengeluarkan Air dari iPhone, Dijamin Ampuh

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya