Comscore Tracker

7 Game Multiplayer Online PS3 Ini Gak Bisa Dimainkan Lagi

Menyusul PS3 yang juga mulai "mati"

PS3 meluncur dengan cukup banyak masalah, salah satu yang terbesar adalah harga yang terlalu tinggi ketika pertama kali diluncurkan. Selain itu, PS3 juga kembali menemui masalah untuk dukungan online yang diusungnya, terutama ketika produksi sudah dihentikan.

PS3 sendiri saat ini sudah berusia kurang lebih 15 tahun dan banyak gamenya sudah tidak lagi bisa dimainkan. Mungkin bisa jadi kamu sudah menyadarinya.

Sebagian besar di antaranya merupakan game multiplayer online yang tak lagi bisa dinikmati oleh pemain, baik karena servernya ditutup maupun karena versi fisiknya sudah tidak dibuat sehingga sulit untuk didapatkan. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut game multiplayer PS3 yang kini tidak lagi bisa dimainkan.

1. MAG

https://www.youtube.com/embed/48RMUK9aXl4

MAG merupakan singkatan dari Massive Action Game. Sesuai namanya, game ini sangat masif di mana 256 pemain diberi kesempatan untuk saling berperang di satu map yang sama secara bersamaan. Konsep yang diusung MAG terbilang berhasil dan menarik sangat banyak gamer, namun sayangnya, keberhasilan itu tidak berlangsung lama.

Setelah dirilis pada 2010, MAG akhirnya ditutup empat tahun setelahnya atau pada 2014. Ditutupnya MAG tentu menimbulkan kesedihan bagi banyak gamer, terutama mereka yang menolak untuk upgrade ke PS4 dan masih ingin bertahan dengan PS3 kesayangan mereka.

2. Metal Gear Online

https://www.youtube.com/embed/phxBhf7-ZkM

Salah satu nilai jual utama seri Metal Gear Solid adalah cerita atau narasinya yang luar biasa, namun Metal Gear Solid 3: Subsistence memperkenalkan mode online yang tidak mengandung elemen cerita. Konsep multiplayer kompetitif itu kemudian diperluas ke PS3 lewat Metal Gear Online, yang hadir bersama dengan Metal Gear Solid 4 (tapi di beberapa negara dijual secara terpisah).

Sayangnya, server Metal Gear Online hanya mampu bertahan dari 2008 hingga 2012. Tapi tenang, gamer yang masih ingin merasakan mode kompetitif di semesta Metal Gear Solid, bisa menikmatinya lewat mode multiplayer pada Metal Gear Solid V: The Phantom Pain.

3. Grand Theft Auto Online

https://www.youtube.com/embed/olEGtoYs_8A

Selain karena mode single-player yang menakjubkan, Grand Theft Auto V juga sukses besar berkat mode multiplayer onlinenya yaitu Grand Theft Auto Online. Meski sempat mengalami masalah di awal peluncurannya, GTA Online perlahan tapi pasti mulai membaik, menggaet segudang pemain dan memberi banyak keuntungan bagi Rockstar Games selaku developer.

Setelah menghiasi PS3 untuk waktu yang cukup lama, Rockstar akhirnya memutuskan untuk menutup server GTA Online pada 16 Desember 2021 mendatang. Selain untuk versi PS3, GTA Online juga tidak akan bisa diakses per tanggal yang sama untuk versi Xbox 360.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Game Looter-Shooter, Tembak dan Ambil!

4. Dynasty Warriors Online

https://www.youtube.com/embed/7Y_tRlVK2Bo

Dynasty Warriors merupakan salah satu seri game luar biasa yang mendapat popularitas tinggi semenjak memulai debutnya di PS1. Game keduanya kemudian lahir dan makin menegaskan kualitas dari Dynasty Warriors itu sendiri.

Selain game single player offline, game garapan Koei Tecmo Games ini juga sempat mendapat game MMO-nya sendiri berjudul Dynasty Warriors Online yang dirilis pada 2010 silam di pasar Amerika untuk PC dan PS3. Sayangnya, Dynasty Warriors Online tidak berusia lama di pasar non-Asia di mana server untuk pasar Amerika dimatikan empat tahun setelahnya, tepatnya pada 10 Januari 2014.

5. Dust 514

https://www.youtube.com/embed/puaXly9SVQE

Konsep yang diusung Dust 514 terbilang ambisius pada masanya di mana game multiplayer online dengan genre FPS ini berlatar di semesta yang sama dengan EVE Online dan apa yang terjadi di satu game bisa berdampak terhadap game yang lain. Dust 514 juga free to play dan sesi beta-nya juga terbilang menjanjikan.

Namun sayang ketika dirilis secara penuh, Dust 514 tidak mendapat respon positif seperti yang diharapkan. Dust 514 meluncur pada Mei 2013 – hanya beberapa bulan sebelum PS4 dirilis – dan pada 2016, servernya resmi dimatikan. Meski masih aktif ketika PS4 sudah tiga tahun di pasaran, Dust 514 juga tidak mendapat versi PS4.

6. DC Universe Online

https://www.youtube.com/embed/83A6zONwAEg

DC Universe Online meluncur pada 2011 silam dan sejak saat itu terus tumbuh sebagai salah satu game multiplayer online dengan jumlah pemain yang konsisten. Segudang pembaruan dan konten baru juga dirilis agar gamer terus tertarik untuk memainkan.

Secara rating, DC Universe Online terbilang punya kualitas biasa namun fans DC yang masif membuat game ini masih terus hidup hingga kini, setidaknya untuk versi PC, Nintendo Switch, PS4, PS5 dan Xbox One. DC Universe Online dulu juga sempat tersedia untuk PS3 namun sayang, server-nya tidak lagi bisa diakses sejak 2018.

7. Final Fantasy 14

https://www.youtube.com/embed/2XbxPsWFyU8

Final Fantasy 14 punya kisah perjalanan awal yang tidak begitu baik. Ketika pertama kali dirilis menggunakan game engine yang berbeda dengan versi sekarang, game buatan Square Enix ini mendapat banyak respon negatif baik dari kritikus maupun gamer untuk beragam alasan.

Square Enix kemudian membangun ulang game ini dan lahirlah Final Fantasy 14: A Realm Reborn pada 2013.Game MMORPG ini juga sempat dirilis untuk PS3 namun hanya bertahan hingga 2017 ketika server-nya dimatikan bersamaan dengan perilisan ekspansi Stormblood. Namun, gamer PS3 yang punya game ini bisa mendapat upgrade gratis jika ingin memainkannya di PS4.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa game multiplayer online PS3 yang kini tidak lagi bisa dimainkan. Untuk kamu sendiri, apakah kamu sempat menjajal game-game multiplayer online keren di atas?

Baca Juga: Gak Kalah Sama PS4, Ini 10 Game PS3 Terbaik Sepanjang Masa

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya