Comscore Tracker

7 Game Terbaik yang Berlatar di Dunia Dystopia Futuristik

Hadir dunia masa depan dalam kondisi yang tidak ideal

Distopia merupakan istilah untuk sebuah kondisi komunitas atau masyarakat mengalami penderitaan dan ketidakadilan. Selain digunakan di beberapa film dan serial TV seperti The Lobster dan Black Mirror, distopia juga dipilih oleh beberapa game untuk menggambarkan kondisi dari dunia masa depan atau futuristik yang diusungnya.

Bagi kamu yang tertarik dengan penerapan tema distopia dalam sebuah video game, berikut beberapa di antaranya yang direkomendasikan untuk kamu mainkan.

1. Seri Deus Ex

https://www.youtube.com/embed/q2kd7F3YFz8

Berlatar tahun 2052, seri Deus Ex merupakan contoh klasik dari sebuah dunia distopia. Hampir semua ciri khas yang dimiliki tema distopia diusung oleh seri game ini. Mulai dari perbedaan perlakuan yang kontras antara kaya dengan miskin, pandemik yang merenggut banyak populasi, hingga organisasi teroris yang mencari kesempatan di tengah kekacauan, dunia yang dimiliki seri game ini selalu tampak menyedihkan.

Tidak hanya itu, beberapa konspirasi teori dari dunia nyata seperti Illuminati dan alien, juga disinggung oleh seri game ini.

2. Seri Fallout

https://www.youtube.com/embed/M9FGaan35s0

Salah satu tren yang sering diusung oleh tema distopia adalah penggambaran semi apokaliptik. Beberapa game mengadopsi tren tersebut, tetapi yang paling populer tidak lain tidak bukan adalah seri Fallout.

Dalam seri game garapan Bethesda ini, terdapat banyak permukiman yang terus berjuang setiap harinya untuk terus bertahan hidup, di samping organisasi, individu, maupun faksi yang saling berebut kekuasaan. Beberapa yang paling populer adalah The Institute, The Enclave, The Brotherhood of Steel, dan Caesar’s Legion.

3. Seri Red Faction

https://www.youtube.com/embed/L3b10POrNXw

Red Faction merupakan seri yang memiliki beberapa game dengan yang pertama berlatar Mars tahun 2075. Dalam game pertamanya, sang protagonis datang ke Mars untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik daripada di Bumi, tetapi menemukan fakta pahit bahwa perusahaan yang berdiri di sana menyiksa para pekerjanya.

Di samping itu, wabah juga menjangkit para penduduk Mars. Sementara untuk game kedua dan ketiganya, menampilkan bagaimana nanoteknologi di Bumi jatuh ke tangan yang salah.

Baca Juga: 7 Game Horor Paling Menyeramkan yang Tersedia di GeForce Now

4. Seri Metro

https://www.youtube.com/embed/fbbqlvuovQ0

Game pertama seri Metro didasarkan pada novel dengan judul yang sama, yaitu Metro 2033. Diceritakan bahwa perang nuklir di Moskow memaksa banyak orang untuk tinggal di terowongan bawah tanah, sembari bertahan hidup dari ancaman konstan dari para bandit dan monster yang bermutasi.

Tema distopia dari seri game ini dapat dilihat dari bagaimana banyak orang menderita hanya karena pemimpin mereka lebih memprioritaskan kekuatan militer ketimbang keselamatan dan kelangsungan hidup warganya.

5. Cyberpunk 2077

https://www.youtube.com/embed/8X2kIfS6fb8

Cyberpunk 2077 menjadi salah satu game memberikan gambaran sempurna dari bagaimana masa depan tidak selamanya baik dan penuh kemudahan. Dalam game ini, semuanya dikontrol oleh korporasi yang tidak dapat dihentikan karena tidak adanya undang-undang yang jelas. Alhasil, banyak orang yang berakhir sebagai gelandangan, dengan beberapa di antaranya bahkan terobsesi dengan modifikasi tubuh.

Tidak hanya itu, dengan kondisi dunia yang berantakan, hampir setiap orang dalam game Cyberpunk 2077 selalu memiliki senjata untuk bertahan hidup.

6. Homefront

https://www.youtube.com/embed/e3_XtcKF4dE

Berlatar tahun 2027, Homefront merupakan game yang menampilkan sejarah alternatif di mana dunia berubah menjadi mimpi buruk. Singkatnya, game ini menceritakan runtuhnya sistem finansial Amerika Serikat dan dalam perang mereka melawan Korea Utara, jutaan orang menjadi korban.

Selain itu, banyak infrastruktur Amerika Serikat juga dimatikan oleh Korea Utara melalui EMP. Karena cerita tersebut, game ini bahkan dihinggapi oleh banyak kontroversi dan beberapa bagian mendapatkan sensor di sejumlah negara.

7. Remember Me

https://www.youtube.com/embed/DcDokdOTaXo

Remember Me merupakan game yang berlatar masa depan, tepatnya di Paris tahun 2084. Apa yang membuat game ini masuk ke dalam salah satu game distopia adalah karena cerita mengenai teknologi implan otak yang dijual oleh korporasi di mana implan tersebut memungkinkan orang-orang untuk bisa mengunggah kenangan mereka atau menghapusnya jika mau. Teknologi itu tentu berujung salah, mengakibatkan sejumlah hal seperti pengawasan massal dari korporasi dan manusia yang kecanduan terhadap implan.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi game terbaik yang berlatar di dunia distopia futuristik. Ada game favorit kamu dalam daftar di atas?

Baca Juga: Eksklusif, 7 Game PC Terbaik Ini Tidak Tersedia di Konsol

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya