Comscore Tracker

7 Trilogi Game Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Main

Tawarkan gameplay berdurasi ratusan jam

Bagi sebagian orang, 3 merupakan angka luar biasa dan nampaknya hal tersebut juga berlaku untuk sejumlah game di daftar ini. Beberapa di antaranya, tidak hanya membantu perkembangan industri gaming itu sendiri namun juga memberi ratusan jam gameplay penuh keseruan kepada para pemain.

Bahkan tidak sedikit yang terlepas dari usianya, masih bisa relevan dan layak dimainkan saat ini. Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut 7 trilogi game terbaik sepanjang masa.

1. Max Payne

7 Trilogi Game Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Maingamereactor.eu

Rockstar Games dianggap sebagai salah satu developer game terbaik sepanjang masa dan anggapan itu bukan tanpa alasan. Selain seri Grand Theft Auto yang hampir selalu menjadi hit, Rockstar juga punya Max Payne yang dilengkapi karakter fantastis, cerita sempurna dan salah satu mekanisme gunplay terbaik sepanjang sejarah game.

Tidak seperti trilogi Red Dead, trilogi May Payne menyatu dengan sempurna dan sarat akan kisah penuh rasa sakit dan tragedi. Dorongan karakter utama untuk membalaskan dendamnya sangat menarik dan di beberapa momen bahkan sanggup mengguncang emosi pemain.

2. Dark Souls

7 Trilogi Game Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Mainstore.steampowered.com

Video game yang dulunya di era akhir 80-an dan awal 90-an terasa sulit dan menantang, perlahan mulai mudah ketika memasuki abad ke-21. Namun semua berubah dan kembali sulit ketika FromSoftware merilis game yang hanya memberi pemain opsi untuk terus berjuang atau menyerah berjudul Dark Souls pada tahun 2011. Meski tingkat kesulitannya terlalu berlebihan bagi beberapa pemain, tidak sedikit yang merasa jika game yang berujung menjadi trilogi dan melahirkan genre khusus yang dikenal dengan Souls-like ini, fresh dan menakjubkan.

3. Bioshock

7 Trilogi Game Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Maintheglobeandmail.com

Bukan sesuatu yang aneh ketika video game berusaha untuk berkomentar atau menyampaikan pesan satir, namun jarang ada yang bisa melakukannya seefektif trilogi Bioshock. Dua kota dystopia utama pada seri ini yaitu Rapture dan Columbia tidak hanya punya caranya sendiri dalam berpandangan politik, namun juga pas sebagai latar dari adegan aksi yang ditawarkan. Meski game ketiganya yaitu Bioshock Infinite tidak sesempurna dua game pertamanya, namun jika berbicara mengenai trilogi secara keseluruhan, ini luar biasa.

Baca Juga: 10 Game Terbaik untuk Temani Waktu Isolasi Mandirimu

4. Tomb Raider

7 Trilogi Game Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Maingq.com

Game Tomb Raider sebenarnya sudah ada sejak lama, namun sayangnya setiap game barunya selalu gagal mengulang kesuksesan game sebelumnya. Untungnya, itu berubah ketika versi reboot dirilis pada tahun 2013 untuk memberi sesuatu yang baru pada franchise buatan Core Design itu.

Bersama dengan seri Uncharted yang eksklusif untuk PlayStation, Tomb Raider (2013) dan dua sekuelnya menjadi game aksi petualangan terbaik di abad ke-21. Pada trilogi reboot-nya, Lara Croft terasa lebih kuat dan matang seperti seharusnya.

5. The Witcher

7 Trilogi Game Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Maingocdkeys.com

Seri The Witcher garapan CD Projekt Red sejatinya selalu populer namun baru mencapai puncaknya ketika game ketiganya – The Witcher 3: Wild Hunt dirilis pada tahun 2015. Dalam banyak cara, Wild Hunt berhasil memikat penggemar baru yang kemudian penasaran dan mencoba untuk menjajal dua game pertamanya yang juga luar biasa. Terlebih lewat dukungan mod, texture pack dan enhanced edition yang lebih baik, The Witcher dan The Witcher 2: Assassins of Kings masih bisa relevan dan terasa tidak usang meski dirilis lebih dari satu dekade yang lalu.

6. Mass Effect

7 Trilogi Game Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Mainpcgamesn.com

Ada banyak seri game yang hadir dengan kisah yang dibentangkan hingga beberapa game, namun hanya sedikit yang bisa sebaik trilogi Mass Effect. Fitur memilih pertanyaan dan tindakan membuat pilihan pemain di sepanjang permainan terasa penting dan tidak hanya sekadar gimmick semata.

Selain itu, Mass Effect juga dikenal karena kemampuan untuk membawa progress dari game sebelumnya ke game yang lebih baru. Kisah Commander Shepard tidak hanya menarik, namun juga seru terlebih dengan hadirnya opsi memilih gender dan membuat romansa.

7. Metroid Prime

7 Trilogi Game Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Maindarkstation.com

Terlepas dari fakta bahwa banyak yang lebih suka dengan penampilan Samus dalam gaya visual 2D, tidak dapat dimungkiri jika trilogi 3D-nya yang dimulai pada tahun 2002 merupakan trilogi yang sempurna. Nintendo mengambil resiko besar ketika menyerahkan pekerjaan pengembangan Metroid Prime ke Retro Studios, namun untungnya, developer asal Amerika Serikat berhasil memberi kualitas gameplay sebaik sejumlah game Metroid sebelumnya. Trilogi Metroid Prime terlihat fantastis di tahun kehadirannya dan melakukan pekerjaan yang sangat baik ketika menciptakan inovasi tanpa melenceng dari identitas seri utamanya.

Demikian tadi ulasan mengenai trilogi game terbaik sepanjang masa yang wajib kamu mainkan. Dari semua game di atas, hanya Bioshock yang bakal tidak lagi menjadi trilogi di mana telah dikonfirmasi bahwa game keempatnya saat ini sedang dikembangkan.

Baca Juga: 7 Emulator Game Boy Terbaik, Nostalgia Game Retro!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya