Comscore Tracker

Masih Ingat Game Harvest Moon? 8 Hal Ini Mungkin Sulit Kamu Lupakan!

#ANGPOIN Jadi kangen game seru di masa lalu

Sebagian besar bagi anak 90-an mungkin sudah tidak asing bila mendengar nama game ini. Harvest Moon merupakan permainan simulasi kehidupan yang dikeluarkan oleh Natsume. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam permainan ini, seperti berkebun, beternak hingga menikah layaknya kehidupan manusia nyata.

Namun, untuk melakukan semua itu tidaklah mudah, tentu saja kita harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan dalam game ini. Berikut adalah hal-hal yang sulit untuk dilupakan ketika kamu menjalani kehidupan dalam Harvest Moon.

1. Menanam benih hingga memanen di kebun

Masih Ingat Game Harvest Moon? 8 Hal Ini Mungkin Sulit Kamu Lupakan!shaunlgs.com

Mengurus kebun merupakan awal mula tugas yang harus dilakukan oleh karakter utama dalam Harvest Moon. Mulai dari membersihkan kebun, menanam benih, menyiramnya setiap hari hingga nanti tiba saatnya memanen. 

Hasil panennya dapat kamu jual untuk membeli keperluan lain atau bisa juga kamu berikan sebagai hadiah kepada tetanggamu. 

2. Memberi makan ternak setiap hari

Masih Ingat Game Harvest Moon? 8 Hal Ini Mungkin Sulit Kamu Lupakan!harvestmoon-btn-id.blogspot.com

Selain mengurus kebun, dalam game ini kamu juga dapat membeli hewan ternak. Hewan ternak yang dimaksud di antaranya ada ayam, sapi dan domba. Bila kamu telah membeli, kamu juga harus siap untuk memberinya makan setiap hari agar hewan ternakmu tidak sakit.

Hasil ternakmu seperti telur, susu dan bulu domba juga bisa kamu jual untuk tambahan uang. Dan bila nanti ada festival, kamu juga bisa mendaftarkan hewan ternakmu untuk mengikuti lomba. Kira-kira dulu hewan ternakmu menang lomba nggak nih?

3. Berendam hingga tertidur di hot spring

Masih Ingat Game Harvest Moon? 8 Hal Ini Mungkin Sulit Kamu Lupakan!archive.thegia.com

Selain tidur di rumah karakter utama dalam Harvest Moon, kamu juga bisa mengisi ulang energimu yang hampir habis di hot spring. Setelah selesai berendam, energimu akan bertambah.

Hal ini biasa dilakukan oleh karakter utama bila kelelahan saat berkebun atau mengurus ternak. Menyempatkan untuk berendam di hot spring merupakan solusi yang tepat agar kamu tidak sakit ketika terlalu giat bekerja.

4. Mengucapkan selamat ulang tahun dan memberi kado warga Harvest Moon

Masih Ingat Game Harvest Moon? 8 Hal Ini Mungkin Sulit Kamu Lupakan!hmfarm.com/playstation/backtonature

Jangan bilang kamu tidak pernah mengucapkan selamat ulang tahun kepada para warga di Harvest Moon, nih. Mengucapkan selamat dan memberi hadiah favorit kepada warga yang berulang tahun dapat membuat hubungan kita semakin baik, lho.

Mencatat tanggal dan memastikan untuk tidak melewatkan ulang tahun para warga merupakan salah satu hal yang sulit. Selain mengetahui hadiah kesukaan mereka, kamu juga harus mengetahui keberadaan mereka di hari itu.

Baca Juga: Nostalgia! 5 Hal Paling Bikin Kangen dari Harvest Moon: Back To Nature

5. Mencoba memasak melalui resep atau berinovasi sendiri

Masih Ingat Game Harvest Moon? 8 Hal Ini Mungkin Sulit Kamu Lupakan!harvestmoon.fandom.com

Setelah kamu berhasil meng-upgrade rumahmu menjadi lebih luas, nantinya kamu akan memiliki dapur. Area dapur bisa menjadi tempat memasak dan meletakkan barang-barang di kulkas. Jika ingin memasak, tentu saja kamu membutuhkan alat memasak dan bahan-bahan pendukung masakanmu.

Bila kamu bingung ingin memasak apa, kamu bisa mendapatkan resep masakan dari para warga lho. Siapa nih yang pernah mencoba memasak dengan berinovasi sendiri lalu gagal?

6. Memancing hingga larut malam dan kelelahan

Masih Ingat Game Harvest Moon? 8 Hal Ini Mungkin Sulit Kamu Lupakan!harvestmoon.fandom.com

Salah satu kegiatan yang mungkin sulit kamu lupakan saat bermain Harvest Moon adalah memancing. Memancing di dunia nyata maupun dalam game Harvest Moon sama-sama membutuhkan kesabaran. Tidak jarang karakter utama dalam game ini akan menghabiskan waktu hingga larut malam untuk memancing.

Saat kamu berhasil mendapatkan ikan, kamu akan benar-benar bangga dengan dirimu sendiri saat itu. Setuju?

7. Mengikuti festival setiap musimnya

Masih Ingat Game Harvest Moon? 8 Hal Ini Mungkin Sulit Kamu Lupakan!harvestmoonplay.blogspot.com

Selanjutnya, yang tidak kalah menarik saat memainkan game ini adalah mengikuti lomba. Ada berbagai jenis lomba yang bisa kamu ikuti selama bermain di Harvest Moon. Sebut saja lomba memasak, balap kuda, berenang hingga melempar tomat.

Bila kamu menang lomba, nantinya kamu akan diberikan hadiah. Kamu juga akan mendapatkan ucapan selamat dari para warga yang datang ke festival saat berbicara dengan mereka. Bagaimana, sudah cukup rindu?

8. Mencari pacar hingga menikah dan mempunyai anak

Masih Ingat Game Harvest Moon? 8 Hal Ini Mungkin Sulit Kamu Lupakan!sabakukyu.wordpress.com

Terakhir, yang paling berkesan saat memainkan game Harvest Moon adalah berkencan dengan karakter pujaanmu. Nama karakter wanita di game ini ada Popuri, Ann, Karen, Elli dan Mary.

Kamu dapat bebas memilih siapa yang akan kamu ajak menikah nanti. Tentu saja setiap wanita dalam game ini memiliki karakter pria yang akan menjadi rivalmu. Kamu juga harus rajin memberikan hadiah kepada wanita yang kamu sukai hingga tanda hatinya berubah.

Jika kamu berhasil menikahinya, kamu juga bisa memiliki anak. Wah, kalau dulu kamu menikah dengan siapa nih?

Nah itulah dia kedelapan hal yang mungkin akan sulit kamu lupakan bila dulu kerap bermain game Harvest Moon. Menurutmu, bagian mana yang paling berkesan dalam game ini?

Baca Juga: Mirip Harvest Moon, 6 Game Android Farming Ini Juga Wajib Kamu Coba

Yanti Mariastuti Photo Verified Writer Yanti Mariastuti

hi ☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya